Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Info / Suasana Liburan Ramadhan Sambil Buka Puasa Bersama

Suasana Liburan Ramadhan Sambil Buka Puasa Bersama

Menelisik Kegiatan Suasana Buka Puasa Bersama Di Bulan Puasa Ramadhan

Direktori Wisata – Liburan dengan pesona sejuta suasana dan rasa aroma kuliner untuk berbuka di bulan Ramadhan yang nikmat.

Mengisi liburan di bulan Ramadhan tidak hanya dihabiskan dengan waktu mengunjungi obyek wisata yang jauh dari rumah, bahkan untuk beberapa kegiatan lingkungan di masyrakat Indonesia kegiatan yang dapat diisi bersama untuk mengisi liburan d bulan Ramadhan.

Buka Puasa Bersama di Bulan Ramadhan

Di beberapa daerah Indonesia kegiatan liburan Ramadhan juga banyak masyarakat yang menghabiskan waktu bersama untuk bersilaturahmi dengan menikmati ragam kuliner Nusantara  untuk berbuka yang menjadi tradisi di lingkungannya.

Disamping kegiatan yang menjadi sebuah tradisi dan kebiasaan di lingkungan, kegiatan ini memiliki kesan tersendiri bagi kita yang selama ini memiliki aktivitas kerja yang agak sulit menyisihkan waktu untuk bersilaturahmi sesama tetangga. Bahkan kegiatan seperti ini sudah jarang sekali terlihat di kehidupan masyarakat kota.

Apalagi bila kegiatan buka puasa bersama di ulan Ramdahan ini samil menikmati hidangan khas kuliner Indonesia, dari kolak pisang, bubur sumsum, dan hidangan cemilan pembuka lainnya yang lezat dan nikmat

Adapun kegiatan buka puasa bersama tetangga di lingkungan sekarang ini sudah menjadi tradisi langka dikehidupan perkotaan. Namun, walau terlihat jarang dilakukan dilingkungan rumah. Kegiatan buka puasa di Bulan Ramadhan selalu menjadi agenda rutin yang diadakan di beberapa tempat oleh masyarakat, seprti di masjid, restaurant, hotel dan tempat lainnya.

Mulai dari buka bersama keluarga besar, kawan, kolega atau pun grup komunitas tertentu yang kita ikuti. Acara seperti ini tidak mesti berlangsung di restoran atau mall namun, acara ini juga dapat lebih khidmat dan hemat jika dilaksanakan dirumah.

Namun, untuk merencanakan acara buka puasa bersama sebetulnya mudah, asalkan jangan terlalu banyak orang. Karena kalau terlalu banyak orang yang jadi panitia malah tidak fokus untuk membuat kegiatan acara seperti ini.

Biasanya bila perencanaan sudah tersusun dengan matang agar acara berlangsung lancar dan menjadi bermafaat, ada saja ujian bagi mereka yang akan berbuat kebaikan. Hal yang paling sulit untuk membaut acara buka puasa bersama di Bulan Ramadhan dan pemberian santunan kepada anak Yatim, terkadang sulit. Disamping yang menjadi panitia harus jeli melihat dan menentukan bagi si penerima, kita juga harus fokus dengan tujuan awal dari pembuatan kegiatan seperti ini.

Yang ditakutkan, acara kegiatan yang diselenggarakan lari dari tema dan tujuan dari kesepekatan yang telah dimusyawarahkan dari awal. Walau terkadang masih banyak yang menganggap hal ini sudah biasa dan menjadi penerapan kata lumrah dan biasa.

Sebagai informasi catatan bagi kita semua, bila ingin membuat kegiatan buka puasa bersama pada bulan Ramadhan, kita bisa hanya mengundang untuk acara bukanya saja. Namun kalau sudah digandengan dengan acara pemberian santuanan anak atim dan Dhuafa, acara tersebut jangan melenceng ya temans,,,,

Ada pun  tujuan dan hikmah serta manfaat dari buka puasa bersama di bulan suci Ramadhan adalah bukan sekedar temu kangen dan bersorak sorai bersama kolega. Namun, kegiatan seperti ini dapat dilihat sebagai momen untuk menyambung tali silaturahmi yang telah lama terputus dari kawan lama atau saudara jauh.

Adapun perkara menjalin silaturahmi ini sangat penting bagi kehidupan, baik sesama muslim maupun non muslim. Jika kita cermati tenyata tradisi ini juga memiliki manfaat bukan hanya bagi peserta buka puasa bersama namun juga bermanfaat bagi orang lain.

Adanya ajang kumpul-kumpul ini mestinya dimanfaatkan pula untuk membuka jalan dalam berlomba-lomba dalam kebaikan dengan kegiatan ibadah secara kolektif, seperti mengumpulkan zakat dan shodaqoh yang bisa disalurkan ke tempat yang membutuhkan misalnya dengan mengadakan buka puasa bersama dengan 100 anak yatim.

Dengan demikian, kegiatan ini sangatlah bermanfaat dan diharapkan untuk bisa terus terlaksana di setiap bulan Ramadhan. Alangkah lebih baiknya apabila buka puasa bersama di bulan suci Ramadhan ini juga ditingkatkan kwalitasnya dan bisa dinikmati jamaah dalam skala yang lebih luas seperti untuk kegiatan dan pembangunan Rumah Yatim dan Dhuafa di Bogor yang pernah Direktori Wisata singgahi.

Baca juga : Wisata Kuliner Buka 24 Jam Jakarta

Mengisi kegiatan dengan menikmati suasana liburan Ramadhan sambil buka puasa bersama akan menjadi nikmat bila bisa dirasakan bersama keluarga, kerabat, dan juga kolega terdekat. Apalagi kegiatan ini dapat dinikmati dengan hidangan berbuka puasa dengan menu kuliner Nusantara yang pas dan mantap.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

1 Comments

  1. Wah… enang ya Kang… kalau masih bisa menyempatkan waktu berbuka bersama…
    Bisa saling tukar pengalaman dan bersenda gurau juga mengambil hikmahnya…
    Salam,

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :