Stasiun Kereta Api Bandung Di Balik Lensa Kamera Travel Blogger

posted in: Bandung | 31

Stasiun Kereta Api Bandung Di Balik Lensa

Direktori Wisata. – Stasiun Kereta Api Bandung dengan beragam keunikan bangunan yang dimilikinya, menjadi tempat wisata kreative bagi para penggemar dunia fotografi.

stasiun-bandung

Sosok Bangunan Stasiun Kereta Api Bandung yang merupakan bangunan peninggalan jaman Kolonial Belanda. Konon informasi yang di terima Direktori Wisata Stasiun Kereta Api Bandung didirikan sekitar 17 Mei 1884. pada jaman perjuangan hingga sekarang ini bangunan ini menjadi salah satu saksi bisu peristiwa sejarah perjalanan bangsa Indonesia.

stasiun-kereta-api-bandung

Di halaman depan pintu selatan Stasiun Bandung kita akan menemukan sebuah ikon kereta api yang di kelilingi pagar hitam. Sebuah lomotif kereta api kuno yang dipajang dan menjadi simbol penanda bagi para pengunjung yang hadir di lokasi ini. Bila diperhatikan bangunan Stasiun Kereta Api Bandung sekarang ini dikelilingi dengan bangunan pertokoan, hotel, dan toko. Namun, menurut informasi, dulunya lokasi skitar stasiun Bandung merupakan lahan yang tidak pernah terurus.

stasiun-bandung

Dengan perjalanan waktu berkembag kini, stasiun Bandung dapat bebenah diri dan difungsikan sebagai salah satu sarana untuk membantu aktivitas kegiatan alat transportasi untuk lalu-lalang penumpang yang masuk atau pun keluar ke dan dari Kota Bandung. Bila kita masuk ke dalam stasiun kereta api Bandung, kita akan melihat sebuah papan yang menempel dengan nama “Bandung”, nama tersebut merupakan penanda letak lokasi daerah stasiun untuk para penumpang kereta api yang masuk di stasiun ini.

stasiun-bandung

Bergeser sedikit dari lokasi pintu gerbang sebelah selatan Stasiun Kereta Api Bandung, kita akan menemukan sebuah ruangan crew dari para petugas stasiun Bandung yang memberikan segala informasi tentang keberangkatan atau pun kedatangan kereta di stasiun Bandung. Kalau bahasa pergaulannya ruangan ini difungsikan sebagai ruang informasi.

stasiun-bandung

Tidak jauh dari lokasi pintu gerbang sebelah selatan, kia dapat melihat sebuah pemandangan jalur kereta api dari arah timur yang melalui tikungan yang disebabkan pembbagian lajur rel pada jalur kereta untuk masuk ke dalam Stasiun Kereta Api Bandung. Warna merah berkombinasi kuning dari pot kembang yang tertata rapih dengan paduan warna marka lintas kereta api yang terdapat di lokasi ini, menjadi pemandangan indah yang tenggelam dengan warna hijau dari tanaman yang tumbuh dan terawat di sekitaran stasiun kereta api Bandung.

stasiun-bandung

Bila kita mengarah ke lokasi jalur kereta api yang agak menjorok ke dalam, kita dapat melihat tiang-tiang peyanggah yang terbuat dari batu beton sebagai atap penghalang hujan dan teriknya matahari agar tidak langsung mengenai penumpang yang akan turun dari kereta api atau pun naik ke kertea api dari stasiun Bandung.

stasiun-kereta-api-bandung

Lantai stasiun kereta api yang terawat dengan baik dan bersih, membuat keadaan stasiun menjadi lebih nyaman dipandang oleh mata. Apalagi sekarang ini jam pengaturan orang yang dapat masuk ke dalam stasiun kereta api di atur dan diperketat, agar tidak terjadi penumpukan penumpang di dalam area Stasiun Bandung.

Stasiun Bandung Di Balik Lensa yang Direktori Wisata buat ini merupakan pemandangan dan keadaan situasi stasiun Bandung pada saat kami melakukan perjalanan wisata ke Kota Bandung. Semoga dapat memberikan sebuah gambaran kepada para sahabat dan pembaca setai Direktori Wisata Indonesia dalam megikuti perkembangan keadaan stasiun Bandung sekarang ini.[]

  • tak terbayang mas keindahannya padahal saya lihat cuma dipoto mas tapi sudah terkesima, moga aja suatu hari nanti ane ama keluarga dapt mengunjunginya. maksih infonya.

    • Amiiin… mas, semiga bisa cepat terlaksana bersama keluarga dapat berkunjung ke Bandung dengan menggunakan kereta api, dan nantinya bisa menyaksikan sendiri pemandangan yang indah di Stasiun Bandung ini ya… 😀

  • perubahannya dari tahun 1884 sangat jelas ya walau menurut saya agak lambat pembangunanya, tepat disebrang jalan terminal itu sekolahanku, dan saat ini bandung merasa bangga punya stasiun kereta yang luas dan megah..

    • Walau terlambat kini Bandung bisa memiliki stasiun yang besar dan indah, semoga saja ini dapat mengurangi kepadatan jalan raya yang disebabkan oleh banyaknya kendaraan di sana, dan banyak orang untuk menggunakan transportas kereta api bila ke bandung ya Mba. 😀

  • hmm, kliatannya rapih dan bersih ya mas?

  • Penelusuranartikel

    tempatnya kayanya di jaga dan dipelihara sangat baik ya kang, terjaga sekali akan kebersihannya, kayanya jika ke bandung, harus menginjakan kaki saya ke tempat ini deh 😀 .trims infonya

    • Kalau menginjakan kaki dilantai stasiun Bandung kayanya harus tetap pakai alas akaki Kang, nanti di sangka aneh loh… 😀

      • kalau soal menjaga dari kebersihan dan kerusakan itu wajib dilaksanakan oleh seluruh dinas atau instansi pemerintah, tapi mau gak masyarakat kita sadar untuk melaksanakan itu gan? iya gak admin? heee

        • Benar sekali mba, kalau masyarakatnya juga tidak bisa menjaga kebersihan dan cuman bisanya protes saja, sama juga bohong, ini murpakan tugas semuanya.

  • Sayangnya kereta ekonomi jurusan jakarta ke tujuan jawa tengah nggak berenti di Bandung, padahal pingin juga singgah dan foto2 sebentar di sana 🙂

    • Kalau mampir lewat Bandung kereta ekonominya jadi muter-muter dulu ya Mba ? he,, he, he,, 😀

  • Udah lama banget gak pernah ke stasiun ini, makin keliat bagus dan bersih ya mas 🙂

    • Iya Mas, saya juga baru menginjaka kaki ke stasiun bandung lagi. Ga tahunya sudah banyak yangberubah. 😀

      • hehe iya mas, padahal beberapa bulan lalu sy sempet main ke tiara condong.. cuman ga sempet main ke kota bandungnya 🙂

        • Ini saja saya kaget melihat kemajuannya cepat banget bandung menata kotanya… 😀

  • melihat gambar stasiun bandung sangat bersih dan rapi jadi pengen kesana mas,,, jalan jalan ke solo dan jogja mas disana juga keren2 stasiun kotanya

    • Iya Mas, sekarang masalahnya kalau mau masuk stasiun kereta api dan ambil gambar harus jadi calon penumpang kereta dulu. 😀

      • yup solo juga menarik dan banyak juga sih stasiun yang lain yang gak kalah menarik dan mempunyai sejarah sendiri…

        • Banr Mbah, banyak stasiun kereta api di daerah Indonesia yang juga memiliki kawasan yang indah juga ya….

  • Edi

    Setasiunya terlihat nyaman sekali bersih rapih dan teratur. Jadi pengen jalan-jalan.

    • Benar mas, stasiun Bandung erlihat lebih nayaman dan indah sekarang ini.

  • buwahahaa….gambar no 2 depan monumen kereta api di stasiun Bandung itu mirip dengan posenya anak-anak saya Geo dan Troy banget itu teh kang, udah gituh diposting pulak…miripin ajah deh ih.

  • kalau dilihat lokomotip kuno di pintu masuk selatan kayaknya menarik dan emmang cocok dijadikan ikon stasiun kereta api bandung….yang memang sejarah berikut banda dan artefaknya lebih baik dijadikan monumen untuk pembelajaran bagi generasi muda untuk leih mendintai indonesia kang…ok menarik releasenya dan bisa membangkitkan kenangan lama juga….jadi kangen bandung.

  • Kalau aku cuma berhenti di Stasiun Kiaracondong

  • Informasi yang bagus, di jogja jg ada monumen kereta api kuno seperti itu, dipajang di depan stasiun tugu jogja

    • Makasih mas, semoga bermanfaat untuk kemajuan dan samangat masyarakat kota Bandung dan pemerintah daerahnya lebih bisa berkomitmen mempertahankan dan menjadi lebih baik lagi untuk kemajuan Kota Nya. he,, he,, he,,,

  • Jadi ingat, waktu masih kerja di Jakarta dan keluarga di Bandung, setiap Minggu sore nongkrong disini, menunggu kereta Parahyangan terakhir menuju Jakarta … 🙂