Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2022 | All Right Reserved

Home / Wakatobi / Selainnya Nikmati Pantai, Ini 5 Aktivitas Hebat di Wakatobi

Selainnya Nikmati Pantai, Ini 5 Aktivitas Hebat di Wakatobi

/

Directory Rekreasi – Wakatobi sebagai kabupaten yang berada di propinsi Sulawesi Tenggara. Nama Wakatobi sendiri sebagai akronim dari 4 pulau yang berada di tenggara Sulawesi yaitu Pulau Harum-wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko.

Selainnya Nikmati Pantai, Ini 5 Aktivitas Hebat di Wakatobi

Wilayah ini populer dengan Taman Nasional Kepulauan Wakatobi yang berisi keberagaman hayati laut. Dengan kehadiran taman nasional yang ada di laut, tidaklah aneh banyak pantai di sini yang mempunyai air biru dan panorama cantik

Wakatobi menjadi satu diantara tujuan mimpi untuk beberapa pelancong yang suka diving dan snorkeling. Bahkan juga almarhum Jacques Cousteau, seorang oseanografer dari Prancis mengeklaim jika Wakatobi adalah situs menyelam terbaik di dunia.

Baca juga : Pulau Runduma Wakatobi, Sekeping Surga Yang Tercecer di Indonesia Timur

Tetapi ada banyak kegiatan yang bisa dilaksanakan di Wakatobi selainnya rekreasi bahari. Dimulai dari berkunjung rumah suku asli Sulawesi sampai melihat tarian tradisionil. Digabungkan Directory Rekreasi dari beragam sumber, ini 5 aktivitas hebat yang dapat dicoba saat bertandang ke Wakatobi.

Berkunjung Tempat Tinggal Suku Bajo

Suku Bajo tempati rumah pentas terapung di Dusun Mola, Pulau Harum-wangi. Warga dusun ini dipandang unik karena memercayai jika mereka ialah turunan langsung dari laut.

Berkunjung Tempat Tinggal Suku Bajo

Mereka memiliki kekuatan luar biasa seperti berjalan pada dasar laut dan menyelam sampai 50 mtr. tanpa perlengkapan selam.

Baca juga : Pulau Maratua Derawan:: Tempat Wisata Menakjubkan

Saat berkunjung Dusun Mola dengan kontribusi pemandu lokal, wisatawan dapat menyaksikan rumah Suku Bajo dan rasakan langsung langkah hidup mereka.

Nikmati Panorama Pucuk Tomia

Ingin melihat sunrise atau cantiknya langit malam penuh bintang? Kamu bisa berkunjung Pucuk Tomia, sebuah bukit yang diraih lebih kurang 30 menit dari Usuku, ibukota Tomia Timur.

Nikmati Panorama Pucuk Tomia

Luasnya bentangan padang rumput benar-benar pas untuk melihat sunrise, sunset, atau langit malam yang dipenuhi dengan bintang bersinar.

Benteng ini yang berada di Dusun Palahidu, Kecamatan Binongko dahulu dibuat untuk hadapi gempuran Buton di tahun 1300. Konstruksi benteng dibuat dari batu yang berwujud segi-empat.

Baca juga : Taman Nasional Wakatobi:: Surga Indah Bawah Laut di Sulawesi

Warga di tempat sering berkunjung benteng ini karena ada pusara tua yang dipandang sakral.

Nikmati Kulineran Ciri khas Wakatobi

Wakatobi mempunyai makanan ciri khas yang pantas dicoba seperti kasuami, parende, dan luluta. Kasuami ialah makanan yang dari parutan singkong dan dibuat jadi tumpeng. Umumnya kasuami disajikan bersama bawang goreng, ikan bakar, dan cabe colo-colo.

Nikmati Kulineran Ciri khas Wakatobi

Selanjutnya parende sebagai sup ikan laut yang diolah dengan oseng bawang bombay, sereh, kunyit, dan cabe. Sementara luluta dibuat dari ketan yang dibakar dan dibuntel memakai daun pisang.

Melihat Tarian Tradisionil Wakatobi

Jika tiba ke Wakatobi ketika berada perayaan lokal, kamu kemungkinan dapat melihat tarian dari Wakatobi yaitu Tari Lariangi.

Melihat Tarian Tradisionil Wakatobi

Tarian ini ditampilkan oleh beberapa gadis, berisi saran dan narasi yang dinyanyikan dengan bahasa tradisionil Kaledupa.

Tari Lariangi awalannya dilaksanakan di istana kerajaan untuk menyongsong tamu, tetapi sekarang dilaksanakan oleh warga di tempat saat ada acara khusus.

Baca juga : Pesona Wisata Pantai Ngurbloat Maluku

Nach, berikut aktivitas hebat di Wakatobi salah satunya yang bisa kamu alami jika bertandang ke situ. Mudah-mudahan berguna ya! {}

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :