Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2022 | All Right Reserved

Home / Nusa Tenggara Timur / Rumah Tradisi Prai Ijing Sumba, Berbalut Pembelajaran Budaya

Rumah Tradisi Prai Ijing Sumba, Berbalut Pembelajaran Budaya

Directory Rekreasi – Rumah Tradisi Prai Ijing Sumba ialah satu diantara beberapa lokasi rekreasi yang berbalut nilai budaya lokal, yang telah ada dari zaman dulu, dan adat lokalnya tetap terlindungi baik.

Rumah Tradisi Prai Ijing Sumba, Berbalut Pembelajaran Budaya

Rumah Tradisi Prai Ijing Sumba berada di Kabupaten Sumba Barat, Propinsi Nusa Tenggara Timur jadi sebuah teritori yang diprediksikan jadi sebuah tujuan rekreasi oleh Pemerintahan Kabupaten Sumba Barat.

Secara individu, penulis sama pendapat dengan usaha itu. Karena sebuah negara, bangsa jangan lupa dengan khazanah budaya lokal yang dipunyainya. Sekalinya di tengah-tengah cepatnya perkembangan zaman.

Perkembangan zaman, terutamanya internet atau sosial media menjadi sebuah media untukterus mengkampanyeukan konservasi sebuah peninggalan budaya yang dipunyai oleh satu wilayah.

Baca juga : Kampung Kebiasaan Ratenggaro, Kecantikan Alam Dibalut Histori Sumba

Lantas apa saja daya tarik yang dipunyai oleh Rumah Tradisi Prai Ijing Sumba? Karena itu berikut ulasan Rumah Tradisi Prai Ijing Sumba yang telah sukses kami kumpulkan buat anda.

Daya Ambil Rumah Tradisi Prai Ijing Sumba

Daya tarik keelokan teritori Rumah Tradisi Prai Ijing Sumba berada pada dua topik besar yang dihidangkan ke pengunjung. Yakni :

1. Hidangan Rekreasi Pembelajaran

Hidangan khusus Rumah Tradisi Prai Ijing Sumba ialah hidangan rekreasi budaya. Saat pengunjung tiba, maka disongsong dengan tarian ciri khas Sumba.

Tarian khasa Sumba, salah satunya Tari Woleka, Tari Pajura, dan Tari Kataga. Kemudian, pengunjung akan rasakan keramahan warga di tempat.

Teritori Rumah Tradisi Prai Ijing Sumba ditempati oleh 7 kabisu, atau marga orang Sumba. Salah satunya:

* Wola Membawa

* Wola Deta

* Katoda Doungu

* We’e Yewa

* Tanabi

* We’e Lewa

* Wola

Nilai pembelajaran yang dapat dilihat ialah kerukunan antara marga. Begitu juga sikap ramah untuk tamu atau pengunjung yang tiba.

Adapun pimpinan atau tetua, Ratu Tradisi Daerah Rumah Tradisi Prai Ijing Sumba disebutkan dengan Katoda Watu. Dan di lokasi itu cuman ada beberapa puluh rumah tradisi saja.

Wujud Rumah Tradisi Prai Ijing Sumba ialah daya magnet yang paling menarik untuk beberapa pengunjung yang tiba. Memiliki bentuk seragam, walau ketinggiannya ada yang lain.

Baca juga : Air Terjun Tanggedu, Alam Sumba Yang Serupa Grand Canyon Amerika

Sudah pasti benar-benar berbeda jauh dengan wujud bangunan tempat tinggal yang umum kita jumpai. Ini jadikan sebuah view yang tidak biasa, dan sanggup membuat rasa ingin tahu pelancong untuk tiba ke Rumah Tradisi Prai Ijing Sumba.

2. Hidangan Rekreasi Alam

Daya magnet yang ke dua dari Rumah Tradisi Prai Ijing Sumba berada dari view alam sekitaran yang asri. Harus dipahami jika teritori Rumah Tradisi Prai Ijing Sumba ada di Bukit Praijing.

Di atas bukit itu, kelihatan panorama Ibu Kota Sumba Barat. Dan teritori Rumah Tradisi Prai Ijing Sumba dikuasai dengan tempat sawah.

Filosofi Rumah Tradisi Prai Ijing Sumba

Dimana saja lokasinya, jika tiap rumah tradisi mempunyai nilai filosofi berbentuk, atau bahan bangunannya.

Terhitung Rumah Tradisi Prai Ijing Sumba. Sudah pasti filofi pembangunan dimulai oleh beberapa nenek moyang, selanjutnya nilai itu dirawat dari angkatan ke angkatan.

Garis besar wujud Rumah Tradisi Prai Ijing Sumba terdiri jadi 3 sisi. Yakni :

1. Uma Daluku

Yakni sisi yang teratas, atau disebutkan dengan menara. Perannya untuk tempat menerpan bahan makanan, dan beberapa alat pusaka.

Baca juga : Tenun Khas Ikat Desa Watublapi Nusa Tenggara Timur

Tinggi Rumah Tradisi Prai Ijing Sumba dapat capai 30 mtr.. Wujud ciri khas nya sanggup jadi view eksotik untuk siapa saja yang menyaksikan.

2. Rongu Uma

Romgu Uma ialah sisi tengah dari Rumah Tradisi Prai Ijing Sumba. Perannya sebagai rumah, dan bahan bangunannya dikuasai oleh kayu dan rumbai.

3. Lei Bangun

Lei Bangun ialah sisi bawah atau kolong dari Rumah Tradisi Prai Ijing Sumba. Perannya sebagai tempat hewan ternak.

Disamping itu, di teritori Rumah Tradisi Prai Ijing Sumba ada pusara batu yang diperhitungkan telah ada sejak dari zaman megalitikum.

Adat penghormatan ke nenek moyang, ialah adat yang tetap terlindungi baik. Disamping itu, ada tulang kepala kerbau yang berada di muka rumah tradisi.

Baca juga : Destinasi Wisata Bawah Laut Pulau Alor, Indonesia Timur

Tengkorak kerbau itu memiliki nilai filosofis sebagai media pengingat akan kematian yang jelas akan tiba ke siapa saja.

Lokasi Rumah Tradisi Prai Ijing Sumba

Lokasi rekreasi budaya Rumah Tradisi Prai Ijing, di Dusun Tebara, Kecamatan Kota Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur. Sebuah daerah tradisi dengan rumah tradisi Sumba yang asli.

Jalur Ke arah Rumah Tradisi Prai Ijing Sumba

Lokasinya benar-benar vital, jalur ke arah Rumah Tradisi Prai Ijing Sumba cuman memiliki jarak 2,6 km dari Waikabubak, ibu-kota Sumba Barat atau sekitaran 43 km dari Bandar Udara Tambolaka.

Jam Membuka Rumah Tradisi Prai Ijing Sumba

Waktu terbaik untuk bertandang ialah pada pagi hari saat masyarakat mulai bekerja atau pada sore hari saat mereka datang dari aktivitasnya.

Ticket Rumah Tradisi Prai Ijing Sumba

Pengendalian pada pengunjung yang tiba telah terorganisir secara baik, tiap pengunjung harus bayar retribusi sejumlah Rp 10.000.

Sarana Rumah Tradisi Prai Ijing Sumba

Sarana rekreasi di perkampungan rumah tradisi prai ijing ini telah lumayan memadai. Parkir, toilet, dan penjual makanan atau suvenir, dapat dijangkau secara mudah oleh pengunjung.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :