Oh Snap!

Please turnoff your ad blocking mode for viewing your site content

Rumah Produksi Gamelan Di Sukoharjo

Mengunjungi Rumah Produksi Gamelan Di Desa Wirun, Mojolaban, Sukoharjo

Direktori Wisata – Desa Wirun merupakan salah satu desa wisata yang berlokasi +/= 1 km dari Kota Solo yang dihuni oleh para pengrajin gamelan secara turun temurun.

rumah-produksi-gamelan

Indonesia merupakan negeri yang kaya akan etnik, budaya, dan bahasa. Masing-masing daerah pun memiliki alat musik yang khas dan salah satunya dalah gamelan. Alat musik gamelan digunakan di daerah Jawa, Bali, dan Sunda Dan alat musik gamelan merupakan alat musik yang paling dikenal bahkan dikagumi oleh dunia intrenasional.

Beberpa pengrajin gamelan bermunculan sejak popularitas alat kesenian tradisional gamelan pada tahun 80′-an semakin melonjak. Dan di Desa Wirun, Mojolaban inilah kita masih bisa menjumpai pengrajin gamelan yang memproduksi gamelan sebelum era keemasan gamelan dan salah satunya adalah rumah produksi gamelan di Sukoharjo yang Direktori Wisata kunjungi ini.

rumah-produksi-gamelan

Sejak lama Desa Wirun, Mjolaban, Sukoharjo  telah menjadi daerah pegrajin gamelan. Sudah menjadi turun-temurun masyarakat di desa ini menjadi pengrajin gamelan. Kawasan industri gamelan inilah yang telah memnghidupkan dan melestarikan tradisi dan budaya gamelan di nusantara bahkan di mancanegara.

rumah-produksi-gamelan

Kawasan Desa Wisata Wirun, Mojolaban, Sukoharjo ini, selain kita bisa memesan gamelan, kita bisa melihat langsung proses pembuatan gamelan mulai dari awal hingga akhir. Tidaklah heran bila paa pelanggan gamelan di desa wisata Wirun, Mojolaban, Sukoharjo ini bukan haya dari daerah Indonesia, bahkan sampai ke luar negerai seperi Belanda, Autralia, Jepang, Amerika dan negara-eropa lainnya.

Dari pengamatan Direktori Wisata dilokasi, proses awal pembuatan gamelan dimulai dari peleburan bahan dasar berupa timah dan tembaga, terkadang beberapa central industri yang berada di kawasan ini juga menerima penambahan bahan emas yang dicampur untuk proses pembuatan gamelan, dan itupun tergantung pemesanan.

rumah-produksi-gamelan

Proses selanjutnya adalah pembakaran lempengan. Proses pembakaran ini dilakukan secara berulang-ulang sehingga terbentuk menjadi bentuk-bentuk gamelan sesuai yang diinginkan seperti; gong, bonang, kenong, ketipung dan lainnya.

Setelah proses pembakaran dan pembentukan selesai, proses selanjutnya masuk dalam tahap pengikiran. Melalui proses pengikiran ini, gamelan dikikir sehingga berubah warna menjadi warna kuning keemasan. Setelah selesai di kikir, baru gamelan tersebut di tempa atau disesuaikan dengan nadanya. Butuh keakhlian khusus untuk menempa gamelan, sebab ketepatan nada menjadi salah satu faktor penting dalam pembuatan gamelan. Dan proses terkhir dari pembuatan gamelan adalah penyempurnaan.

Untuk menuju lokasi rumah produksi gamelan di desa Wirun, Mojolaban, Sukoharjo kita bisa menggunakan kendaraan roda emapt atau dua dari arah Kota Solo atau Kota Yogyakarta. atau kita bisa mengikuti arah petunjuk dalam peta di bawah ini.

Dengan menyaksikan proses pembuatan gamelan di desa wisata Wirun, Mojolaban, Sukoharjo memberikan kesan dan pengamalan yang tidak terlupakan. Kita akan mendapatkan wawasan kepada kebudayaan tradisional Indonesia khususnya budaya Jawa. Happy travelling. []

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
  • stumbleupon
This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks :Ad Views :