Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Sumatera / Sumatera Utara / Nias / Rumah Adat Tradisional Nias, Omohada

Rumah Adat Tradisional Nias, Omohada

Menikmati Keindahan Rumah Adat Tradisional Nias, Omohada Di Desa Bawomataluo

Direktori Wisata. – Rumah adat tradisional Nias disebut Omohada, bentuknya unik dan bernilai seni tinggi, serta menjadi sebuah simbol kemegahan dari masyarakat lokal Nias pada jaman dulu.

Habiskan waktu liburan di Nias, kita tidak hanya dapat menikmati keindahan alam dan pantainya. Salah satu destinasi yang unik dan menarik kita saksikan di Nias salah satunya adalah mengenal rumah adat tradisional Omahada yang berada di Desa Bawomataluo.

Untuk informasi sahabat Direktori Wisata Indonesia, rumah adat tradisional Nias di desa tersebut sudah berumur ratusan tahun, dan keberadaannya masih terpelihara dengan baik hingga sekarang ini.

Rumah Adat Nias Omahada

Rumah adat tradisional Nias Omohada di bangun tanpa menggunakan elemen besi untuk menghubungkan bagian-bagian rumah adat tersebut.

Bila kita menyaksikan bangunannya, maka akan terlihat bangunan berbentuk empat persegi panjang dibangun dengan pilar-pilar yang bertumpu pada bongkahan batu yang miring,

Hal ini menciptakan sebuah struktur 3 dimensi yang kuat, berbentuk rumah desa seperti kapal kayu. Walau hanya di buat dari pasak kayu, rumah adat Nias terbukti tahan gempa.

Konon, bangunan rumah Omohada ini terinspirasi dari kapal-kapal Belanda yang membawa rempah-rempah pada jaman dulu.

Informasi yang saya dapatkan, di Nias pengetahuan membangun rumah diajarkan dari satu generasi ke generasi berikutnya. Ada semangat dari masyarakat untuk melestarikan kebudayaan dan kearifan masyarakat lokal nenek moyang mereka.

Sebuah pembelajaran yang tersirat tentang rumah adat tradisional Nias Omohade yang menggambarkan sebuah cerminan kehidupan. Di mana batu merupakan dasar sebagai pijakan hidup. Itulah salah satu alasan mengapa rumah adat tradisional Nias Omohada di bangun di atas bongkahan batu.

Bila kita mengunjungi Desa Bawomataluo Nias, kita akan di ajak memasuki sebuah ruang dimensi yang unik dan menarik di kawasan ini.

Nuansa kearifan masyarakat lokal yang bersahabat, akan menghantarkan sahabat Direktori Wisata untuk mengenal lebih jauh sebuah nilai tradisi budaya lokal yang telah mengakar sejak lama di kawasan ini.

Baca : Wisata Budaya Lompat Batu Dan Tari Perang

Kita juga dapat menemukan sajian pertunjukan tradisi Lompat batu dan tari perang yang unik dan menarik untuk di persembahkan bagi para wisatawan yang berkunjung di Desa Bawomataluo.

Untuk mengunjungi kawasan Desa Wisata Bawomataluo sahabat Direktori Wisata dapat mengikuti akses perjalanan

Dengan melakukan perjalanan wisata budaya di daerah Nias, kita akan menemukan banyak sumber pengetahuan yang akan membuka cakrawala pengetahuan kita tentang keberagaman suku dan budaya dengan warna-warni catatan cerita sejarah dalam kehidupan mereka. Seperti salah satunya adalah cerita tentang Rumah Adat Tradisional Nias, Omahada.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

2 Comments

  1. Rumah adatnya unik ya Pak Indra.Kayu-kayunya tampak kokoh, dan penuh seni pahat yang anggun

  2. Banyak juga ya Kekayaan Budaya Masyarakat Nias, seperti Rumah Adat Tradisional Omohada ini ya kang …

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :