Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2022 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Jawa Timur / Lumajang / Ranu Kumbolo Surganya Gunung Semeru, Kamu Harus Tiba ke Sini

Ranu Kumbolo Surganya Gunung Semeru, Kamu Harus Tiba ke Sini

/

Directory Rekreasi – Ranu Kumbolo ialah sebuah danau yang berada di Pegunungan Tengger, kaki Gunung Semeru, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Propinsi Jawa Timur.

Ranu Kumbolo Surganya Gunung Semeru, Kamu Harus Tiba ke Sini

Danau ini sebagai sisi dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dan ada pada ketinggian 2.400 mtr. di permukaan laut (mdpl).

Danau ini cukup elok dengan panorama alamnya yang paling mempesona.

Untuk beberapa pencinta alam, dan beberapa backpacker, Ranu Kumbolo bukan lokasi yang asing. Hal itu karena danau ini berperan sebagai tempat transit, baik untuk beberapa pendaki yang ingin ke arah Mahameru, Pucuk Semeru atau untuk beberapa pendaki yang turun dari Mahameru.

Danau ini benar-benar pas sebagai tempat melepaskan capek sekalian menyaksikan cantiknya panorama matahari keluar atau matahari tenggelam dari pojok danau.

Dijumpai bila awalnya danau ini sebagai sisi dari teritori pelestarian Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) dan mempunyai kekayaan hayati yang lumayan besar baik flora atau fauna.

Baca juga : Wisata Alam Gunung B29 di Lumajang Jawa Timur

Hingga untuk jaga orisinalitasnya supaya tidak hancur, ada banyak ketentuan yang perlu ditaati oleh beberapa pendaki atau siapa saja yang bertandang ke danau ini.

Ranu Kumbolo Surganya Gunung Semeru

Ketentuan itu salah satunya ialah larangan berbentuk kegiatan yang berpotensi membuat kotor danau dan sekelilingnya, terhitung mandi atau berenang di danau ini.

Bahkan juga penyebaran ikan ke danau dilarang. Ini ditujukan untuk selalu jaga orisinalitas ekosistem di tempat.

Ada kekhasan tertentu dibalik cantiknya Ranu Kumbolo, yaitu saat matahari mulai keluar antara 2 buah bukit hijau yang terlihat pelan-pelan dan membuat perhatian mata kita tidak bisa menolak untuk menikmatinya.

Baca juga : Wisata Alam Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang

Belum juga keadaan danau saat kabut mulai turun ketika sore hari dipadankan sama air danau benar-benar pemandangan yang paling cantik dan mempersejuk.

Saat malam datang, kita akan disajikan dengan cantiknya bintang-bintang di langit yang belum tentu bisa kita tonton di saat kita berada di beberapa kota besar karena silaunya cahaya lampu kota yang begitu terang.

Bukit Cinta

Dari sisi Ranu Kumbolo ada satu bukit yang diberi nama “Bukit Cinta” yang kabarnya bila kita mendaki ke bukit ini dengan pikirkan orang yang kita sayangi dengan tidak melihat kebelakang karena itu kita bisa berbahagia dengannya.

Ranu Kumbolo Bukit Cinta

Tapi semakin tinggi kita mendaki jadi semakin luar biasa bujukannya. Karena semakin tinggi, jadi pemandangan Ranu Kumbolo dari bukit akan terlihat semakin cantik.

Baca juga : 13 Destinasi Wisata Pacitan Yang Lagi Trend di Jawa Timur

Daya tarik Ranu Kumbolo

Danau Ranu Kumbolo sebagai “Surga Gunung Semeru”. Hal itu karena keelokan daya tarik alam yang dijajakan benar-benar memesona.

Daya tarik Ranu Kumbolo

Air danau yang kebiruan mengundang siapa saja untuk selekasnya turun dan nikmati tenangnya suasanya disitu. Udara yang dingin sebagai sajian harus dihidangkan Ranu Kumbolo.

Sunrise ialah peristiwa special untuk dinanti di Ranu Kumbolo. Saat cahaya jingga matahari menyingkirkan kabut tebal yang menyelimutinya permukaan Ranu Kumbolo, kabut yang mulai tipis, itu tanda untuk pendaki untuk meneruskan perjalanan.

Baca juga : Objek Wisata Kawah Ijen Yang Lagi Nge Hits di Banyuwangi

Dengan luas sekitaran 14 ha, danau Ranu Kumbolo sebagai sumber air yang berlimpah. Melimpahnya air ini berpengaruh pada keperluan beberapa pendaki. Air ialah suatu hal yang penting dalam aktivitas pendakian.

Jalur Ke arah Ranu Kumbolo

Kabarnya, pendakian ke gunung Semeru sebagai pucuk dari pulau Jawa sebuah perjalanan yang religius. Maka dari itu di Ranu Kumbolo sebagai lajur pendakian dijumpai prasasti yang menyebutkan jika air dari danau itu sebagai air suci.

Jalur Ke arah Ranu Kumbolo

Ranu Kumbolo sendiri sekarang ini dipandang seperti salah satunya surganya gunung Semeru. Panorama danaunya yang cantik membuat beberapa orang menghampirinya baik untuk sekedar kemping di situ atau sebagai tempat beristirahat sementara saat sebelum meneruskan perjalanan ke arah pucuk gunung Semeru.

Untuk ke arah Ranu Kumbolo, diperlukan perjalanan kaki dalam jarak menempuh sekitaran 10 km. Perjalanan diawali dari dusun Ranu Pani yang disebut pos paling akhir saat sebelum pergi mendaki ke gunung Semeru.

Jika dari kota Malang, perjalanan ke arah Ranu Pani bisa dilaksanakan dengan sewa kendaraan langsung dari kota atau ke arah Tumpang dahulu saat sebelum ganti dengan Jip.

Lajur perjalanan dari Ranu Pani ke Ranu Kumbolo sendiri dapat dilaksanakan dengan ikuti lajur yang telah disiapkan.

Baca juga : Objek Wisata Unik Batu Susun Solor di Bodowoso, Indonesia

Jalanannya sendiri tidak begitu susah cuma pada beberapa titik saja cukup curam dan tinggi, karena itu harus berhati-hati. Pasti ini diperlukan persiapan fisik untuk ke arah daerah itu.

Saat sebelum mendaki ke arah Ranu Kumbolo, selainnya penyiapan fisik dan bekal, satu perihal yang jangan dilewati ialah mengurusi perizinan.

Pada sekarang ini, untuk mengurusi perizinan mendaki Ranu Kumbolo ini bisa dilaksanakan secara online (online) lewat web yang disiapkan oleh Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

Fakta-Fakta Mengenai Ranu Kumbolo

Ranu Kumbolo sebagai danau yang terhitung ke teritori Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Jawa Timur.

Fakta-Fakta Mengenai Ranu Kumbolo

Ranu Kumbolo ada di lereng Gunung Semeru di ketinggian 2.400 mtr. di permukaan laut.

Temperatur paling rendahnya capai 5 derajat Celcius. Ranu Kumbolo mempunyai luas sekitaran 15 hektar dengan sarana berbentuk tempat kemping, toilet, dan tempat beribadah.

Ranu Kumbolo mendapatkan panggilan sebagai Surganya Gunung Semeru. Hal tersebut karena pemandangan alam disekitaran danau yang demikian cantik.

Ranu Kumbolo ialah sisi dari jalur pendakian Gunung Semeru lewat Ranu Pane.

Pelancong diwajibkan lakukan reservasi online dan lengkapi syarat lebih dahulu di website sah TNBTS saat sebelum ke Ranu Kumbolo.

Beberapa pengunjung dilarang untuk melakukan aktivitas berenang. Ini untuk jaga kebersihan dan kelestarian air danau dan ekosistem didalamnya.

Beberapa pelancong yang ingin membangun tenda minimum harus memiliki jarak 15 mtr. dari bibir air danau.

Peristiwa yang paling ditunggu-tunggu saat ada di Ranu Kumbolo yakni melihat sunrise yang hebat cantik. Kemilau jingganya benar-benar panorama hebat.

Ranu Kumbolo sempat jadi tempat shooting film 5 cm pada 2012.

Baca juga : Rekreasi Rancabango, Nikmati Keelokan Garut Dari Ketinggian

Begitu pembahasan mengenai Ranu Kumbolo? Apa kamu tidak pernah ke sana? Apabila sudah, kemungkinan berminat untuk bertandang kembali lagi ke Ranu Kumbolo.{}

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :