Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Nusa Tenggara Timur / Rahasia Dibalik Tradisi Masyarakat Lokal Kampung Warloka Flores

Rahasia Dibalik Tradisi Masyarakat Lokal Kampung Warloka Flores

/
/

Menyibak Rahasia Ibu di Kampung Warloka Flores Untuk Anaknya Yang Akan Merantau

Direktori Wisata – Kampung kecil yang membentuk sebuah kehidupan baru yang melahirkan tradisi dan rasa lewat makanan khas Kampung Warloka Flores.

Kampung Warloka Flores Nusa Tenggara Timur

Warloka yang merupakan sebuah Kampung kecil dan terpencil bagai kampung yang terisolasi, sebenarnya kampung ini menyimpan sejarah masa lalu Flores yang panjang. Konon informasi yang Direktori Wisata Indonesia dapatkan dari pemandu wisatawa lokal setempat, Warloka diperkirakan merupakan tempat awal masuknya orang luar ke pulau Flores sebelum akhirnya menyebar.

Makanya di kampung inilah banyak ditemukan peninggalan megalitik. Sebagai orang Flores, saya berikhtiar, dalam waktu dekat saya harus menjejakkan kaki saya di situs yang amat berharga ini untuk menelusuri kembali asal-usul saya sebagai orang Flores hingga beberapa milenium ke belakang.

Konon informasi yang Direktori Wisata Indonesia terima dari pemandu wisata lokal, Warloka memberi pesan ilmiah dan moral yang kuat kepada seluruh orang Flores, apapun suku, agama dan budayanya, bahwa mereka adalah satu darah dari satu keturunan nenek moyang yang sama.

Lanjut informasi…..
Realitas perbedaan yang sekarang ada lebih disebabkan karena isolasi geografis yang menyebabkan putusnya interaksi antar saudara dalam waktu yang lama. Dalam rentang waktu itu mereka mengembangkan budayanya masing-masing, suatu mekanisme khas manusia untuk mengadaptasikan diri dengan lingkungan fisik di mana tempat mereka tinggal.

Bagi kebanyakan orang, bahkan orang Flores sendiri, Warloka merupakan sebuah desa nelayan yang berada di tenggara Labuan Bajo itu, mungkin kurang dikenal. Namun tempat ini memiliki misteri yang hingga kini belum terpecahkan dan menjadi objek studi antropologis sejak 70 tahun yang lalu.

Namun, bagi Direktori Wisata Indonesia beserta rombongan yang hadir di kampung ini yang membuat menarik dari keterangan dan pengalaman dari tradisi di masyarakat lokal inilah yang menarik untuk di telusuri.

Dimana di tanah ini beragam suku menyatu serta membentuk sebuah kehidupan baru yang melahirkan tradisi dan rasa lewat tradisi dan makanan khasnya yaitu “rebok” yang menjadi salah satu makanan khas masyarakat lokal Kampung Warloka.

Baca juga : Tradisi Barter Yang Masih Berlaku di Pasar Warloka Flores

Karena semua bahan untuk pembuatan makanannya di tanaman dan mudah ditemukan di kampung ini, biasanya para ibu-ibu atau orang tua yang ada di sini selalu membuatkan makanan tradisional “rabok” untuk anaknya yang akan pergi merantau.

Kunjungi Kawasan : Pesona Wisata Bahari Larantuka Flores Nusa Tenggara Timur

Sebagai tambahan informasi bagi sahabat Direktori Wisata Indonesia, makan khas rebok ini terbuat dari tepung beras, parutan kelapa dan juga gula merah. Setelah di campur kemudian disangrai sampai kering dan warnanya kecoklatan maka jadilah rebok. Dan makanan khas tradisional rebok ini bisa bertahan hingga berbulan-bulan lamanya untuk bisa dikonsumsi.

Baca juga : Pesona Desa Wisata Wae Rebo Flores

Dibalik kisah dan catatan perjalanan panjang negeri Flores yang bisa kita jumpai dalam perjalanan kali ini, tidak lupa kami pun beserta rombongan mencoba mengnali sebuah cita rasa khas di balik kelembutan hari kaum ibu yang selalu dapat menciptakan kuliner Indonesia yang menjadi bekal anak-anaknya untuk merantau.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :