Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2022 | All Right Reserved

Home / Bali / Puri Anom Tabanan, Tujuan Rekreasi yang Kaya Nilai Riwayat

Puri Anom Tabanan, Tujuan Rekreasi yang Kaya Nilai Riwayat

/

Directory Rekreasi – Puri Anom Tabanan sebagai salah satunya tempat wisata di Bali yang simpan banyak riwayat dan kebudayaan bangsa. Karenanya, tempat ini bisa menjadi tujuan rekreasi khusus untuk pencinta kebudayaan. Puri sendiri sebuah bangunan yang menyengaja dibikin sebagai benteng pertahanan dan sekalian rumah raja dan beberapa bangsawan.

Puri Anom Tabanan, Tujuan Rekreasi yang Kaya Nilai Riwayat

Ada puri ini sekalian lengkapi tempat wisata yang berada di Bali . Maka tidak harus terus-terusan ke pantai, ada banyak lain tempat yang pantas didatangi untuk isi waktu berlibur. Lokasinya ada di tengah kota, lumayan strategis dan tidak susah tentu saja untuk bertandang. Meskipun begitu, situasinya masih tetap asri terkena banyak pohon yang melingkari.

Riwayat Puri Anom erat dengan Kerajaan Majapahit yang saat itu dipegang oleh I Gusti Ngurah Agung. Kemauan untuk menjadikan satu nusantara sukses direalisasikan dengan penguasaan Bali untuk pertamanya kali. Sesudah Bali terkuasai, beliau selanjutnya mengutus putra mahkota yang paling muda atau dikenali dengan istilah Anom untuk membangun kerajaan sendiri.

Daya Ambil yang Dipunyai Puri Anom

Tempat wisata riwayat di Bali yang dikenali dengan Puri Anom sama dengan bangunan didalamnya. Bangunan ini juga sebagai daya magnet intinya hingga pengunjung banyak yang datang. Tidak cuma dari pelancong lokal, wisatawan asing jug makin menambah ramai.

Daya Ambil yang Dipunyai Puri Anom

1. Pakraman

Bangunan pertama atau yang dikenal juga sebagai ruang yaitu Pakraman. Ruang ini berperan sebagai rumah keluarga raja, terhitung beraktivitas didalamnya. Pakraman di sini terdiri jadi tiga, yakni Saren Kangin yang disebut sisi pokok, Saren tengah, dan Saren Kauh. Dalam ruangan ini ada rumah I Gusti Ngurah Putu Wijaya.

2. Ancak Sajian

Sisi Puri Anom Tabanan selanjutnya ialah Ancak Sajian yang mempunyai peranan serupa penerima tamu. Bila ada rakyat yang melapor ke raja, karena itu harus lewat penjaga ruang ini. Ancak Sajian mempunyai pintu gerbang membubung tinggi yang disebutkan Candi nanti. Pada bagian dinding nya ada ukir-pahatan yang unik dan lubang sebagai sesajen.

Baca juga : Danau Beratan di Bali, Danau Populer Dengan Panorama Cantiknya

Ada dua Candi nanti yang dijumpai di sini, satunya menghadap teritori kompleks, satunya kembali ada di segi kanannya. Untuk gerbang intinya sendiri multi-fungsi, maknanya dapat dipakai sebagai jalan masuk dan keluar. Tapi untuk gerbang satunya cuma dipakai sebagai jalan keluar yang bergantung dengan maksudnya.

3. Pekandelan

Bangunan Puri Anom sebagai daya magnet selanjutnya ialah Pekandelan. Ruang ini dihuni oleh abdi dalam atau ajudan raja. Sama seperti dengan Pakraman, ada beberapa sisi yang berada di ruang ini. Memiliki bentuk yang unik dan berkesan artistik menambahkan nilai seni yang cantik dan pantas didokumentasikan.

4. Tandekan

Luas sebuah puri dapat dipakai untuk membuat banyak ruang dengan peranan tertentu. Karena terhitung rumah raja, tentunya ada beberapa tamu yang bertandang. Tandekan sebagai bangunan yang berperan untuk terima tamu dan sekalian jadi tempat bermalam untuk mereka.

5. Suci Ageng

Suci Ageng sebagai daya magnet selanjutnya dari Puri Anom. Sama sesuai namanya, bangunan ini sebagai tempat suci yang dipakai sebagai tempat pemujaan keluarga kerajaan. Bangunan yang mempunyai peranan sama ialah Suci Saren Kangin, Suci Saren tengah, dan Suci Saren Kawuh.

6. Bencingah Puri

Saat masuk teritori paling depan, pelancong akan disongsong dengan tempat yang diberi nama Bencingah Puri. Tempat ini berbentuk tanah lega yang disekelilingnya ada beragam bangunan. Cukup banyak pohon teduh sebagai peneduh, bahkan juga ada pohon beringin yang umurnya capai beberapa ratus tahun terhitung sekarang ini.

7. Bale Kembar

Puri Anom Tabanan mempunyai Bale Kembar yang dipakai untuk tempat mengadakan upacara besar. Untuk masuk tempat ini, pelancong harus melalui Kori, yaitu bangunan serupa gapura yang diperlengkapi tangga berundak. Pada bagian kanan dan kirinya ada arca atau patung penjaga yang bawa senjata.

Baca juga : 7 Rekreasi Anak dan Keluarga di Bali, Dapat buat Bermain dan Belajar

8. Bale Bengong

Selanjutnya ada Bale Bengong yang tidak kalah unik bila disaksikan dari perannya. Tempat ini benar-benar simpel, berbentuk bangunan yang tidak mempunyai jendela atau pintu. Dalam kata lain, Bale Bengong sebagai tempat terbuka yang terletak di muka pasar. Sama sesuai namanya, peranan intinya sebagai tempat santai raja sekalian menyaksikan kegiatan pasar.

Alamat dan Jalur Ke arah Lokasi

Di atas sempat disentil jika Puri Anom berada di lokasi yang vital. Silakan ke arah Jalan Gunung Agung No.5, Dajan Peken, Tabanan, Bali, jika anda tertarik. Jarak dari pusat Denpasar sekitaran 24 km, perlu waktu yang lama tentu saja untuk capai lokasi. Dengan kecepatan rerata, anda akan datang lebih kurang 50 menit.

Alamat dan Jalur Ke arah Lokasi

Jalur terbaik untuk berkunjung tempat rekreasi ini bila tiba dari Denpasar yakni ke arah Jalan Arjuna. Dari titik ini, teruskan perjalanan ke arah Jalan Ahmad Yani dan dilanjutkan ke Jalan Cokroaminoto. Cek point selanjutnya arahkan kendaraan ke arah Pasar Sempidi yang ada di Jalan Raya Denpasar.

Pakai Polres Badung sebagai dasar selanjutnya, lalu ke Jalan Ngurah Rai. Sesudah mendapati perempatan, belok ke kiri ke Jalan Gatot Subroto dan melalui Jalan Pahlawan. Dijalan ini bakal ada bundaran jalan, mengambil arah kanan sesudah mendapatinya. Lokasi Puri Anom tidak jauh dari Taman Kota Tabanan, persisnya di samping Barat.

Baca juga : Campuhan Ridge Walk, Tujuan Bukit Bali Tempat Healing

Sesudah datang di lokasi, silakan mencari tempat parkir yang nyaman. Tempat wisata riwayat dan budaya di Bali ini tidak diambil ongkos apa saja. Ini karena peranan intinya sebagai tempat peribadatan dan melangsungkan upacara besar. Salah satu ongkos harus yang dikeluarkan ialah ticket parkir yang harga disamakan dengan kendaraan.

Kegiatan yang Menarik Dilaksanakan di Puri Anom

Apakah yang anda kerjakan saat berkunjung tempat wisata yang disebut warisan riwayat? Tentu saja tidak dapat bermain, karena yang didapat di Puri Anom cuma sekitar pengajaran. Tetapi tidak boleh cemas, karena evaluasi ditanggung menarik dan tidak menjemukan.

Kegiatan yang Menarik Dilaksanakan di Puri Anom

1. Berkeliling-keliling Puri Anom

Lokasinya yang luas dengan beragam bangunan didalamnya memungkinkan untuk kegiatan berkeliling-keliling. Ada beberapa puluh bangunan dengan keunikan masing-masing sama sesuai perannya. Beberapa berbentuk ruang terbuka, jadi silakan istirahat bila perlu. Benar-benar sayang jika anda berkeliling-keliling tanpa mendokumentasikan semua bangunan yang ada.

2. Belajar Riwayat dan Budaya

Puri Anom Tabanan yang mempunyai riwayat panjang dan peninggalan budaya benar-benar pas jadi media belajar. Ada beberapa hal yang kemungkinan tidak anda kenali. Tetapi tidak boleh cemas, semua pelancong didampingi pemandu yang hendak menjawab semua pertanyaan yang anda sampaikan. Tidak boleh malu, karena mereka dikenali ramah dan berpengetahuan luas.

3. Menyaksikan Arsitektur Unik

Tidak boleh bingung jika anda tiba selanjutnya merasakan banyak lambang yang terukir pada dinding bangunan. Semua lambang yang terukir bermakna tertentu, begitu halnya arsitektur Puri Anom yang unik. Satu diantaranya ialah Surya Sangkala yang disebut gambar atau simbol yang dipakai untuk membaca angka tahun.

Baca juga : Pantai Nusa Dua, Surga Pulau Bali yang Fenomenal

4. Melihat Upacara Tradisi

Kegiatan selanjutnya yaitu melihat upacara tradisi. Anda bisa menyaksikan upacara besar yang dikerjakan pada tempat tempat tinggal raja jaman dahulu ini. Sayang, beberapa upacara tidak dikerjakan tiap hari. Kira saja anda benar-benar untung jika tiba ke lokasi bersamaan dengan diselenggarakannya upacara tradisi.

Sarana yang Ada di Teritori Rekreasi

Walau cuma sebuah tempat rekreasi budaya, Puri Anom diperlengkapi dengan sarana yang cukup ideal. Misalnya tempat parkir, tempat nya luas dan mayoritas terlindungi pohon perdu. Untuk yang ingin buang air, silakan ke arah toilet yang terhitung sarana umum. Sarana lain ialah kursi dan ruang yang bisa menjadi tempat beristirahat.

Sarana yang Ada di Teritori Rekreasi

Sedikit panduan untuk anda yang ingin bertandang, yakinkan bawa camera terbaik untuk mendokumentasikan peristiwa. Ada beberapa kekhasan yang didapat di sini, panoramanya juga cukup cantik. Puri Anom Tabanan dipandang seperti tempat suci, jadi yakinkan anda patuhi semua ketentuan dan peraturan yang berjalan.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :