Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2022 | All Right Reserved

Home / Bali / Pura Teratai Bang, Pura Cantik di Tabanan Bali

Pura Teratai Bang, Pura Cantik di Tabanan Bali

/

Directory Rekreasi – Salah satunya tempat rekreasi Tabanan yang mempunyai alam yang perawan di Pulau Bali ialah Pura Teratai Bang yang berada di Dusun Candikuning. Di lokasi rekreasi menarik ini anda bisa melihat bagaimana cantiknya sebuah bangunan yang dipakai sebagai tempat melaksanakan ibadah untuk umat Hindu.

Pura Teratai Bang, Pura Cantik di Tabanan Bali

Walau sebagai tempat berdoa untuk umat Hindu, tetapi pura elok ini dibuka untuk warga umum sebagai salah satunya tujuan rekreasi di Pulau Bali. Sekitaran tempat rekreasi rohani ini ada alam yang masih terbangun, hal itu karena pura hits ini masih masuk ke teritori Kebun Raya Eka Kreasi Bedugul.

Oleh karena itu tidaklah aneh bila sepanjang perjalanan anda akan menyaksikan banyak tumbuhan yang hidup di lokasi Pura Teratai Bang yang cantik ini. Bahkan juga tumbuhan itu tidak didiamkan tumbuh demikian saja, tetapi akan dirawat dan diatur secara baik. Berikut ialah sedikit ulasan berkenaan tempat rekreasi dengan keunikan berbau belerang asal Dusun Candikuning itu.

Baca juga : 7 Rekreasi Anak dan Keluarga di Bali, Dapat buat Bermain dan Belajar

Daya Ambil yang Dipunyai Pura Teratai Bang Tabanan

1. Bagunan Pura

Daya magnet paling penting dari Pura Teratai Bang terang ialah bangunan pura tersebut. Ada 4 bagunan khusus yang berada di tempat rekreasi rohani ini, pertama yakni Pelinggih Gedong yang sebuah tempat untuk menyembah Si Hyang Brahma, Bale Penegtegan, Padmasana, dan Piyasan.

Daya Ambil yang Dipunyai Pura Teratai Bang Tabanan

Selainnya ke 4 bangunan itu ada pula beberapa tempat disekitaran dalaman (zone paling suci dari sebuah pura) yakni di bagian Barat dalaman ada Pelinggih Siwa, Genah Toya Panca Maha Merta, dan Pelinggih Saka Pat Sari. Selanjutnya di samping Barat Laut dalaman ada Beji dan Air Belerang atau Maha Mertha Mancawarna.

Berpindah ke samping Timur dalaman ada Pelinggih Biji dan beberapa pelinggih yang lain, selanjutnya disebelah Timur Laut dalaman ada Air Suci yang dapat diambil memakai Beji. Pura elok ini mempunyai warna merah yang disebut lambang untuk menyembah Dewa Brahma atau Agni.

2. Alam Sekitaran

Berpindah ke daya magnet selanjutnya yakni alam sekitaran tempat rekreasi rohani ini yang masih alami. Hal ini karena lokasi Pura Teratai Bang yang ada dalam teritori Kebun Raya Eka Kreasi Bedugul, hingga semua tumbuhan disekitaran tujuan rekreasi elok ini benar-benar dijaga.

Karena ada banyak tumbuhan seperti pohon-pohonan disekitaran pura mengagumkan ini membuat udara udara sekelilingnya jadi sejuk dan fresh. Maka dari itu, selainnya dapat nikmati semua keelokan pura dan alam, anda bisa juga lakukan refreshing di lokasi rekreasi terkenal asal Bali ini.

Baca juga : Daya tarik Danau Tamblingan di Bali yang Menarik Hati

3. Kulineran

Daya magnet paling akhir dari tempat rekreasi menarik asal Dusun Candikuning ini ialah kulinerannya. Tempat rekreasi keagamaan untuk umat Hindu ini mempunyai beberapa warung makan yang jual beberapa makanan ciri khas wilayah sekitaran, hingga anda bisa juga sekalian lakukan rekreasi kulineran.

Alamat dan Jalur Ke arah Lokasi Pura Teratai Bang Tabanan

Pura Teratai Bang ada di Jl. Raya Baturiti, Kecamatan Baturiti, Dusun Candikuning, Kabupaten Tabanan, Propinsi Bali. Bila anda ingin ke lokasi itu dari Kota Denpasar, Bali karena itu memakai Taman Lumintang Denpasar di Denpasar Utara sebagai dasar.

Silakan mengambil lajur ke arah pertigaan Jl. Ahmad Yani selanjutnya belok ke kanan lalu terus lempeng sampai mendapati pertigaan Jl. Ken Arok dan belok ke kiri dan melalui Jl. Warmadewa. Sesudah datang di pertigaan Jl. Ken Dedes anda harus belok ke kiri selanjutnya belok ke kanan di pertigaan Jl. Cokroaminoto.

Lanjut di Jl. Cokroaminoto sampai masuk Jl. Raya Denpasar – Gilimanuk dan masih tetap di lajur khusus melalui Jl. I. Gusti Ngurah Rai dan datang di pertigaan dekat SMA Negeri 1 Mengwi. Di sini anda harus belok ke kiri untuk masuk ke Jl. Gandamayu lalu belok ke kanan di pertigaan Jl. I. Gusti Ketut Jelantik dan terus lempeng untuk melalui Jl. Raya Denpasar – Singaraja.

Terus turuti Jl. Raya Denpasar – Singaraja sampai anda masuk Jl. Raya Baturiti dan datang di pintu masuk Kebun Raya Bali. Silakan turuti Jl. Kebun Raya Eka Kreasi sampai mendapati bundaran Patung Kumbakarna Pertandingan dan terus lempeng lalu datang pertigaan pertama anda harus belok ke kiri.

Kemudian anda akan datang kembali di pertigaan dekat Taman Kaktus Kebun Raya Bali, di sini silakan belok ke kiri dan datang di pertigaan saat sebelum masuk Pusara Habib Umar Bin Maulana Yusuf Al-Maghribi lalu belok ke kanan. Kemudian anda akan datang di Pura Teratai Bang yang ada pas di ujung jalan.

Baca juga : Danau Beratan di Bali, Danau Populer Dengan Panorama Cantiknya

Panjang Jalur perjalanan ini lebih kurang sekitaran 49 km sama waktu menempuh memakai kendaraan individu ialah sepanjang 1 jam 25 menit. Sejauh perjalanan anda akan menyaksikan banyak tumbuhan dan rasakan udara sejuk dan fresh.

Harga Ticket Masuk Rekreasi Religius Pura Teratai Bang Tabanan

Untuk ticket masuk Pura Teratai Bang ialah Rp. 10.000 per-orang untuk orang dewasa dan Rp. 5.000 per-orang untuk anak-anak.

Harga Ticket Masuk Rekreasi Religius Pura Teratai Bang Tabanan

Harus dipahami jika tempat rekreasi rohani ini membuka tiap hari dengan perincian Senin sampai Jumat dimulai dari jam 08.00 sampai 16.00 WITA, dan untuk Sabtu dan Minggu membuka start pukul 08.00 sampai 17.00 WITA.

Kegiatan yang Menarik Dilaksanakan di Pura Teratai Bang

1. Berdoa di Pura Teratai Bang

Karena tempat rekreasi menarik ini sebuah tempat melaksanakan ibadah karena itu aktivitas berdoa ialah aktivitas menarik paling pertama kali yang dapat dilakukan. Terang aktivitas ini cuma berlaku untuk umat beragama Hindu, tetapi bila sekedar hanya menyaksikan umat Hindu melaksanakan ibadah tidak bakal menjadi permasalahan (asal tidak mengusik).

2. Berfoto-Foto

Aktivitas menarik selanjutnya yang dapat dilakukan di Pura Teratai Bang ialah berpose. Aktivitas ini benar-benar dianjurkan karena ada banyak spot photo menarik seperti bangunan pura tersebut dan alam sekitaran. Anda bisa juga coba baju tradisionil warga di tempat dan mendokumentasikannya dengan camera kecintaan anda.

Baca juga : Rumah Pohon Batu Dawa Karangasem Bali Yang Penuh Daya tarik

3. Nikmati Cantiknya Alam Sekitaran

Berpindah ke aktivitas menarik seterusnya yakni nikmati alam sekitaran yang masih alami. Banyak tumbuhan seperti pohon-pohonan yang dapat anda temui di Pura Teratai Bang yang elok ini, di mana hal itu akan membuat hati jadi lebih tenang ditambah dengan kondisi sekitaran tempat rekreasi asal Dusun Candikuning ini yang paling nyaman.

Kegiatan yang Menarik Dilaksanakan di Pura Teratai Bang

Oleh karena itu, anda bisa juga lakukan refreshing sesaat di tempat rekreasi rohani ini. Dengan udara yang sejuk, suara alam yang tenang, dan berbau belerang yang unik membuat hati tidak nyaman akan lenyap sendirinya demikian anda mulai menjadikan satu diri dengan alam sekitaran.

4. Menelusuri Teritori Kebun Raya Eka Kreasi Bedugul atau Kebun Raya Bali

Aktivitas menarik seterusnya yang dapat dilakukan saat sampai ke lokasi rekreasi yang elok ini ialah menelusuri teritori Kebun Raya Eka Kreasi Bedugul. Sama seperti yang telah dijumpai jika Pura Teratai Bang ada dalam teritori Kebun Raya Bali hingga banyak lokasi yang dapat anda didatangi.

Yang terdekat ialah Pusara Habib Umar Bin Maulana Yusuf Al-Maghribi yang terletak cuma diperbedakan oleh pertigaan saja. Disamping itu ada pula Taman Kaktus yang terletak cuma sekitaran 200 mtr. dari lokasi rekreasi rohani umat Hindu ini.

Baca juga : 9 Pesona Desa Wisata Di Bali Terpopuler Kunjungan Dan Mendunia

5. Rekreasi Kulineran

Paling akhir anda dapat lakukan rekreasi kulineran di pura elok ini. Aktivitas ini telah disokong karena ada beberapa warung makan yang diatur oleh warga sekitaran, di mana ada banyak makanan ciri khas wilayah di tempat yang dimasukkan di dalam menu warung makan itu hingga aktivitas rekreasi kulineran dapat dilaksanakan.

Sarana yang Ada di Teritori Pura Teratai Bang

Tempat rekreasi mengagumkan asal Dusun Candikuning ini mempunyai beberapa sarana umum yang bisa dipakai oleh pelancong. Sarana-fasilitas itu termasuk sangat baik, dan berikut sarana apa yang berada di Pura Teratai Bang.

Sarana yang Ada di Teritori Pura Teratai Bang

Sarana pertama kali yang dapat anda temui di tempat rekreasi yang sebagai tempat berdoa untuk umat beragama Hindu ini ialah warung makan. Sarana ini benar-benar menolong untuk pelancong yang tiba liburan tanpa bawa perbekalan dari rumah karena di warung makan itu ada beberapa menu minuman dan makanan yang dipasarkan.

Berpindah ke sarana seterusnya yakni toilet umum yang bisa anda pakai untuk buang air kecil atau besar. Sarana ini juga dibagi jadi toilet umum pria dan toilet umum wanita sehingga anda tak perlu cemas masalah permasalahan privacy. Untuk kebersihannya juga terjaga karena ada petugas pembersihnya.

Baca juga : Tips Mudah Untuk Pemula Liburan Ke Bali

Begitu sedikit ulasan berkenaan sebuah tempat rekreasi asal Kecamatan Baturiti, Bali yang namanya Pura Teratai Bang. Tidak boleh terkejut saat anda menghirup bau belerang disekitaran lokasi rekreasi mengagumkan ini karenanya sebagai salah satunya ciri-ciri uniknya yang terjadi karena ada sumber air yang keluarkan asap dan bau belerang.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :