Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2022 | All Right Reserved

Home / Karangasem / Pura Candidasa Karangasem, Pura dengan View Alam Memikat

Pura Candidasa Karangasem, Pura dengan View Alam Memikat

/

Pura Candidasa Karangasem, Pura dengan view alam memikat. Perbincangan masalah Pulau Bali tidak habis-habisnya bila mengulas masalah tempat rekreasi, di mana Pura Candidasa adalah arah wisata elok yang berada di pulau yang dikenal juga bernama Pulau Dewata itu.

Pura Candidasa Karangasem, Pura dengan View Alam Memikat

Pura menarik ini sebagai salah satunya tempat berdoa yang kerap didatangi oleh pasangan suami istri. Hal itu karena ada sebuah patung yang merengkuh 10 orang anak.

Patung ini dipercayai bisa menolong pasangan suami istri yang telah menikah lama tetapi belum memiliki seorang anak. Selainnya kehadiran patung itu lokasi wisata menarik ini mempunyai alam yang paling cantik.

Di mana tempat wisata asal Kabupaten Karangasem ini bertemu langsung dengan lautan dan sebuah danau bikinan yang namanya Lotus Lagoon. Hal itu membuat pelancong dapat lakukan wisata religius juga sekaligus lakukan rekreasi alam. Supaya bisa ketahui lebih jauh masalah tempat rekreasi mengagumkan itu karena itu baca keterangan ini.

Daya Ambil Wisata Pura Candidasa Karangasem

Daya Ambil Wisata Pura Candidasa Karangasem

1. Pura

Sebagai salah satunya tempat wisata religius terkenal di Pulau Bali membuat arah khusus pelancong tiba ke sini ialah karena kehadiran Pura Candidasa tersebut. Anda akan mendapati beberapa bangunan dan patung yang semua mempunyai kekhasan mereka masing-masing.

2. Alam

Daya magnet yang lain dari Pura Candidasa ialah alamnya yang bisa disebut benar-benar elok. Pasalnya di depannya ada sebuah bentangan laut biru yang paling luas dan di sebelahnya ada Lotus Lagoon, sebuah danau bikinan terkenal yang dikenal juga sebagai salah satunya tujuan wisata hits asal Pulau Bali.

Tidak itu saja ada pula sebuah rimba kecil yang kaya tumbuhan seperti pohon-pohonan. Karena ada beberapa pohon itu membuat anda bisa mendapati beberapa hewan liar yang hidup di dalamnya, bahkan juga udara sekitaran pura terkenal ini jadi lebih sejuk dan nyaman.

3. Riwayat

Saat bicara masalah sebuah tempat wisata religius karena itu kita akan mengulas riwayat dari bangunan itu, di mana ini kali kita akan mengulas riwayat Pura Candidasa. Awalannya nama dari arah wisata asal Kabupaten Karangasem ini ialah Teluk Kehen tetapi karena beberapa argumen selanjutnya diganti jadi Candidasa.

Untuk saat dibuatnya pura mengagumkan ini sendiri diprediksi terjadi di tahun 1112 atau 1190 masehi saat Raja Jayapangus Arkajalancana kuasai Bali. Pembangunan pura elok ini mempunyai arah untuk menjadikan satu memahami Budha dan Siwa yang berada di semua dataran Pulau Bali, oleh karena itu tidaklah aneh bila di dalamnya ada 2 pelinggih.

Pelinggih pertama ialah punya Budha yakni Hariti atau sebuah patung yang menggendong 10 orang anak. Patung berikut jadi pusat tujuan untuk pelancong suami istri yang belum dianugerahkan anak walau telah menikah dalam waktu lama. Selanjutnya pelinggih satunya kembali ialah punya Siwa dengan wujud Lingga Yoni.

Walau mempunyai umur yang sangat tua tetapi Pura Candidasa ini tetap berdiri dengan megahnya. Ini karena sepanjang perjalanan itu tempat wisata asal Kabupaten Karangasem ini telah memperoleh seringkali pembaruan dan peralihan dengan arah untuk jaga nilai religius dan statusnya supaya tetap sama dari periode ke periode.

Baca juga : Rumah Gemuk Bedugul Bali, Tujuan Wisata Modern Memiliki nuansa Romantis

Alamat dan Langkah Ke arah Lokasi Pura Candidasa Karangasem

Alamat dan Langkah Ke arah Lokasi Pura Candidasa Karangasem

Alamat dari Pura Candidasa ada di Kabupaten Karangasem, Sengkidu, Propinsi Bali, Kecamatan Manggis, Jl. Raya Candidasa. Untuk capai lokasi itu dari Kota Denpasar karena itu anda akan tempuh jalan sejauh 53 km dan memerlukan waktu perjalanan lebih kurang sepanjang 1 jam 20 menit.

Perjalanan dapat diawali dari Jl. Diponegoro ke arah Jl. Hasanuddin selanjutnya datang di perempatan Bank Berdikari Udayana. Dari perempatan ini silakan belok ke kiri melalui Jl. Udayana dan mendapati Bundaran Patung Catur Muka lalu tentukan lajur ke arah Jl. Veteran.

Terus turuti Jl. Veteran sampai anda datang di simpang lima Banjar Tainsiat selanjutnya belok ke kanan melalui Jl. Pattimura dan terus lempeng sampai masuk Jl. WR Supratman. Silakan turuti Jl. WR Supratman sampai anda mendapati perempatan Jl. Bypass Ngurah Rai selanjutnya belok ke kanan untuk masuk ke Jl. Bypass Ngurah Rai.

Dari jalan itu anda akan mendapati jalan keluar ke arah Jl. Prof. DR. Ida Bagus sesudah melalui Duta Orchid Garden. Silakan terus meluncur sampai nanti Anda menemui jalan Raya Goa Lawah selanjutnya tentukan jalan raya Padang Bai sampai hingga di jalan Raya Ulakan – Karangasem.

Terus turuti Jl. Raya Ulakan – Karangasem sampai melalui Jl. Manggis Jl. Raya Sengkidu dan paling akhir melalui Jl. Raya Candidasa. Sesudah masuk jalan itu karena itu sebentar lagi Anda akan tiba di tujuan. Lihat google maps.

Anda tak perlu bayar ticket masuk saat berkunjung Pura Candidasa karena tiap pelancong tidak diambil ongkos atau cuma-cuma. Tempat rekreasi yang dipakai sebagai tempat penyembahan ke Ida Si Hyang Widhi Wasa ini dibuka untuk umum dimulai dari jam 07.00 sampai 22.00 WITA tiap hari.

Baca juga : 9 Pesona Desa Wisata Di Bali Terpopuler Kunjungan Dan Mendunia

Macam Kegiatan yang Menarik Dilaksanakan di Pura Candidasa Karangasem

Macam Kegiatan yang Menarik Dilaksanakan di Pura Candidasa Karangasem

1. Berdoa

Karena tempat wisata asal Kabupaten Karangasem ini sebuah arah wisata religius karena itu aktivitas berdoa ialah aktivitas paling penting yang bisa dilaksanakan oleh pelancong saat tiba bertandang. Antiknya ada 2 tuntunan agama yang dapat berdoa di teritori pura elok ini yakni Budha dan Siwa.

Hal ini diperkokoh karena ada 2 biji pelinggih yakni Hariti untuk umat Budha dan Lingga Yoni untuk umat Siwa. Walau demikian umat beragama lain masih tetap dapat berekreasi ke Pura Candidasa tetapi berharap tidak boleh mengusik aktivitas berdoa yang sudah dilakukan oleh pelancong lain.

2. Melihat-lihat Keelokan Pura

Aktivitas menarik seterusnya yang bisa dilaksanakan disekitaran teritori wisata hits ini ialah melihat-lihat bangunan pura. Ada banyak ukir-pahatan atau pahatan unik yang berada di tiap segi bangunan, hal itu membuat keelokan dari bangunan monumental itu makin kelihatan prima.

3. Melihat Cantiknya Alam Sekitaran

Awalnya telah sedikit disebut jika alam yang berada di lokasi wisata menarik ini benar-benar cantik. Di mana anda bisa menyaksikan bentangan laut biru yang paling luas ada di muka arah wisata religius itu. Disamping itu ada pula sebuah danau bikinan yang ada dekat sama Pura Candidasa hingga panoramanya semakin lebih menarik.

Bukan hanya melihat keelokan alam dari terlalu jauh saja tetapi anda bisa juga nikmati cantiknya alam sekitaran pura hits ini yang kaya pohon-pohonan hijau. Beberapa pohon ini selanjutnya jadi tempat berlindung untuk pelancong saat siang hari dan jadikan udara sangat terasa sejuk dan nyaman.

4. Berpose

Berlibur tanpa lakukan aktivitas berpose akan kedengar benar-benar aneh untuk pelancong modern sekarang ini. Oleh karena itu, anda harus juga lakukan aktivitas menarik itu apabila sudah menjejakkan kaki di bangunan monumental yang dibuat di tahun 1190 masehi itu.

Sebagai lokasi wisata yang elok, pasti di sini ada banyak sekali spot cantik yang dapat dipakai untuk berfoto di muka camera. Beberapa foto itu selanjutnya dapat diunggah ke account sosial media individu untuk simpan peristiwa berlibur di Pulau Bali ini kali.

Baca juga : Wisata Petualangan Buleleng Bali

Sarana Pendukung di Pura Candidasa Karangasem
Sarana Pendukung di Pura Candidasa Karangasem

Sebagai salah satunya tempat wisata terkenal di Kabupaten Karangasem membuat Pura Candidasa mempunyai beberapa sarana umum yang lumayan komplet. Sarana-fasilitas itu dimulai dari tempat parkir kendaraan yang lumayan luas untuk pelancong yang bawa kendaraan individu saat tiba liburan.

Selanjutnya ada tempat melaksanakan ibadah untuk pelancong yang tiba dengan arah untuk berdoa. Disamping itu ada pula kamar mandi dan toilet umum untuk pelancong buang air kecil atau besar. Masih dalam teritori wisata elok ini ada tempat duduk atau tempat istirahat untuk pelancong.

Paling akhir ada banyak warung makan yang jual beberapa menu minuman dan makanan. Karena ada sarana ini membuat anda tak perlu repot bawa perbekalan dari rumah, cukup persiapkan uang lebih buat beli minuman dan makanan di warung makan yang telah disiapkan.

Baca juga : Panorama Wisata Pantai Suraberata Tabanan, Bali

Panduan yang penting anda lihat saat sebelum lakukan wisata ke Pura Candidasa Karangasem ialah persiapkan keadaan badan sebagus mungkin. Ini karena anda akan lakukan perjalanan yang lumayan jauh dan naiki anak-anak tangga yang lumayan banyak. Disamping itu selalu buang sampah pada tempatnya untuk jaga kebersihan dari pura elok ini.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :