Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

 
Home / Indonesia / Sumatera / Aceh / Pulau Weh: Di Balik Pesona Alam Ujung Barat Indonesia

Pulau Weh: Di Balik Pesona Alam Ujung Barat Indonesia

 

Intip Keindahan Bahari Pulau Weh Di Ujung Barat Indonesia

Direktori Wisata. – Pulau Weh memiliki pesona wisata bahari yang memukau wisatawan lokal maupun mancanegara di ujung kepulauan barat Indonesia.

Pulau Weh merupakan bagian dari Provinsi Aceh, dan dihuni oleh sekitar 25.000 jiwa. Mayoritas dari populasi tersebut berasal dari suku Aceh, dan sisanya terdiri dari suku Minangkabau, Jawa, Batak, dan Tionghoa. Memiliki dua kota utama, yaitu Sabang dan Balohan.

Pulau Weh

Sejarah Pulau Weh

Beradasarkan sejarah penuturan dari warga di Gampong Pie Ulee Lheueh, Pulau Weh sebelumnya merupakan pulau yang menyambung dengan Ulee Lheuse di banda Aceh yaitu pulau yang terlepas.

Namun, di sisi lain, beredar kabar juga bahwa terpisahnya kedua pulau ini merupakan akibat dampak dari sebuah letusan gunung berapi, seperti halnya Pualau Jawa dan Sumatera dulu, yang terpisah akibat letusan Gunung Krakatau.

Menurut versi cerita yang lain, Pulau Weh terkenal dengan Pulau We tanpa huruf “H”; ada yang beragapan bahwa Pulau Weh diberi nama Pulau We karena bentuknya seperti huruf “W”. Itulah sekilas catatan sejarah tentang Pulau Weh.

 

Pulau Weh Sebagai Tempat Terapi Bagi Orang Kurang Waras

Pulau Weh memilki cerita sejarah panjang terkait tentang keberadaannya, dari cerita sebagai pulau yang dijadikan tempat terapi bagi orang gila atau bagi para orang kurang waras pada jaman penjajahan Belanda. Konon menurut cerita Belanda mengumpulkan orang yang kurang waras Indonesia dan dikirimkan di pulau ini. Hal ini terbukti ada sebuah rumah sakit untuk orang gila yang berdiri sejak tahun 1909.

Pulau Weh Sebagai Tempat Transit Calon Jamaah Haji Indonesia

Pada jaman dahulu, menurut cerita Pulau Weh merupakan tempat transit bagi para ulama yang ingin melakukan perjalanan haji menuju ke tanah suci Mekkah. Satu-satunya alat transportasi pada masa itu adalah dengan menggunakan kepal laut, dan Pulau Weh merupakan check point pertama bagi para ulama tersebut yang akan menjadi jemaah haji Indonesia untuk melakukan perjalanan ibadah ke tanah suci.

Konon, suatu ketika salah satu rombongan ulama calon jemaah haji yang akan berangkat ke tanah suci Mekkah dan kapalnya mengalami kerusakan tidak dapat melanjutkan perjalanan, dan pada akhirnya para ulama calon jemaah haji yang berjumlah 44 orang  tersebut tinggal di Pulau Weh ini.

Mengenai sejarah Pulau Weh pernah dijadikan tempat tingal para ulama, ditunjukkan dengan beberapa temuan di tempat ini terdapat makam dari para ulama yang tersebar di beberapa penjuru pulau, dan sekarang keberadaan Pulau Weh sangat di sakralkan oleh penduduk dan masyarakat sekitarnya.

Kunjungi 15 Objek Wisata Yang Menarik Dikunjungi di Indonesia

Pulau Weh Eksotisme Keindahan Alam Indonesia.

Pulau weh memiliki kontur alam yang berbukit, serta hutan yang terdapat hampir di seluruh kawasan pulau, hal inilah yang membuat pulau ini memiliki pesona alam yang sangat indah dan menarik, dengan udara yang sejuk dan segar. Tidaklah heran bila banyak wisatawan domestik maupun mancanegara yang mengunjungi pulau ini.

Pulau Weh Sabang

Sisi sebelah timur laut Pulau Weh terdapat sebuah danau air tawar yang dikenal dengan sebutan nama Danua Aneuk Laot, menurut informasi danau ini merupakan salah satu sumber air yang terdapat di Pulau Weh.

Daerahnya berbukit, dan membuat pemandangan yang tersedia di pulau menjadi tempat yang tepat untuk memandangi pantai serta danau ataupun daratan yang berada di bawahnya, dan hal ini menjadi sesuatu yang sangat sulit bagi kita lupakan setelah menyaksikan pesona keindahan alam yang eksotis tersebut.

Pada beberapa bukit yang menghadap ke pantai di Pulau Weh, terdapat benteng-benteng pertahanan peninggalan tentara Jepang. Dan salah satu yang terbaik terdapat di Gampong Anoi Itam, di mana daerah tersebut juga memilki sebuah coral garden yang terbentang sepanjang sisi timur pantai. Karena daerah tersebut merupakan salah satu kawasan konservasi yang dibangun oleh pemerintah daerah setempat.

Berwisata di kawasan Pulau Weh, tentu kita akan mendapatkan segala bentuk informasi tentang sebuah catatan yang berasal dari beberapa sumber yang bisa kita temukan di sana. Namun, terlepas dari kebenaran cerita yang saya dapatkan, Pulau Weh, memiliki sebuah catatan perjalanan yang panjang, dan tempat yang indah dan sejuk udaranya. Dan melakukan perjalanan wisata di kawasan daerah pulau ini, merupakan sebuah perjalanan wisata yang tidak akan  pernah kita lupakan.[]

 
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
 
 
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :