Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Pulau Sempu, Sekeping Surga Bahari Yang Tersembunyi Di Malang

Pulau Sempu, Sekeping Surga Bahari Yang Tersembunyi Di Malang

Sekeping Surga Kecil Nan Eksotis di Pulau Sempu Malang Yang Indah

Direktori Wisata.- Objek wisata bahari yang menyimpan sejuta keindahan di kawasan Pulau Sempu yang menarik perhatian para wisatawan untuk berlibur di Kabupaten Malang Selatan.

Pulau Sempu merupakan sebuah pulau yang tidak berpenduduk dan berlokasi tidak terlalu jauh dari Pantai Sendang Biru, Kabupaten Malang Selatan, Jawa Timur. Pulau yang dikenal sebagai cagar alam sejak tahun 1928 pada masa Hindia Belanda ini menyimpan beragam keindahan alam pesisir pantai yang eksotis.

Dalam perjalanan Direktori Wisata di daerah Malang, kami pun mencoba untuk mengunjungi Pulau Sempu yang cukup dikenal di kalangan wisatawan domestik dan mancanegara. Dan ini merupakan hari kedua perjalanan wisata di daerah Malang, yang sebelumnya kami mengunjungi tempat wisata Pantai Goa Cina Malang.Dan untuk hari kedua kami jadwalkan perjalanan kami menuju tempat wisata di Pulau Sempu Malang.

Perjalanan wisata menuju Pulau Sempu memakan jarak tempuh +/- 80 km harus kami lalui dari Kota Malang hingga sampai di tempat pelelangan ikan yang berada di Pantai Sendang Biru. Dan perjalanan dilanjutkan dengan menggunakaan kapal perahu nelayan yang kami sewa untuk meyeberang dan menghantarkan kami ke lokasi.

Hilir mudik rute perjalanan dari lokasi Pantai Sendang Biru hingga ke lokasi Pulau Sempu pun cukup ramai dan padat, tidak jarang kita juga menemukan sebuah kapal perahu nelayan yang berpapasan di jalan dalam perjalanan menuju dan pulang dari perjalanan wisata Pulau Sempu Malang.

Pulau Sempu, Sekeping Surga Bahari Yang Tersembunyi Di Malang

Suara motor perahu kayu nelayan dan germecik air laut yang terbelah oleh lajunya perahu kapal yang kami tumpangi dengan semilir angin laut menemani perjalanan wisata kami hingga sampai di Pulau Sempu yang menjadi tujuan perjalanan kali ini.

Sesampainya kami di lokasi tempat berlabuhnya perahu kapal di Pulau Sempu, perjalanan kami lanjutkan dengan menyusuri jalan setapak yang terdapat di kawasan hutan tropis yang berada di kawasan Pulau Sempu Malang. Batu-batu karang dan pasir putih yang terdapat di depan lokasi jalan setapak hutan tropis akan menyambut kedatanagn kita di sini.

Pulau Sempu, Sekeping Surga Bahari Yang Tersembunyi Di Malang

Jalan yang berliku, menanjak, dan curam serta lebatnya aneka tanaman pohon liar hutan tropis dan satwa liar menemani perjalanan wisata kami hingga sampai dititik tujuan akhir yaitu sebuah danau alami yang berada di tengah-tengah Pulau Sempu Malang.

Menyesuri jalan setapak di tengah hutan tropis Pulau Sempu, merupakan salah satu pengalaman yang mengasyikan, tidak jarang dalam perjalanan kita akan menemukan batang-batang pohon yang tumbang dan menghalangi perjalanan kita di dalam hutan ini. Adakalanya kita harus melompat atau pun menerobos dari setiap batang pohon yang berada di tengah jalan setapak ini.

Pulau Sempu, Sekeping Surga Bahari Yang Tersembunyi Di Malang

Sebagai tambahan informasi bagi kita yang akan melalui jalur ini, sebaiknya untuk tetap mengikuti dan berkordinasi dengan pemandu wisata yang diberi tugas untuk menghantar hingga sampai ditujuan. Dan usahakan tetap berada dalam pantauan satu rombongan untuk saling mengawasi dan menjaga.

Informasi tambahan yang Direktori Wisata terima, dalam keadaan musim hujan, lokasi ini sangat licin, dan untungnya pada saat kami menuju ke lokasi wisata Pulau Sempu Malang pada posisi cuaca cerah dan rute perjalanan kita lewati tidak terlalu licin. Namun, tetap harus hati-hati di lokasi.

Pulau Sempu, Sekeping Surga Bahari Yang Tersembunyi Di Malang

Rute perjalanan menuju ke lokasi Segaran Anakan Pulau Sempu yang kami lewati sangat curam. Jalan yang beralas tanah dengan dinding tanah berbukit dan limbah yang curam merupakan trek jalur yang asyik dan menantang.

Untuk di jalur ini, kita harus dapat mengatur kekuatan fisik dan stamina, bila kita dalam keadaan kelelahan, segeralah berkordinasi dengan petugas, agar bisa mencari tempat yang aman dan nyaman untuk beristrahat sejenak, bila sudah pulih kembali tenaga kita, barulah perjalanan dapat dilanjutkan menuju lokasi Segaran Anakan Pulau Sempu Malang.

Pulau Sempu, Sekeping Surga Bahari Yang Tersembunyi Di Malang

Hamparan pasir laut berwarna putih dengan keindahan air-nya berwarna hijau nan jernih yang dikelilingi tebing-tebing tinggi pulau karang berwrna hijau yang ditumbuhi lebatnya aneka tanaman sebagai pagar pembatas deras dan ganasnya ombak yang berasal dari Samudera Hindia yang berada di Selatan Pulau Jawa.

Pada titik spot ini kami pun dapat merasakan keindahan danau yang menghadap ke arah Seletan, tidak pernah terpikirkan bahwa lokasinya begitu indah bagaikan sekeping surga yang tercecer di balik keindahan Pulau Sempu yang ada di Malang Selatan, Jawa Timur.

Kunjungi 9 Tempat Desa Wisata Yang Unik Lagi Nge Hits di Indonesia

Rasa lelah dan letih selama perjalanan yang kami tempuh dari Kota Malang menuju lokasi ini seketika itu pula hilang terbawa oleh angin dan pemandangan indah yang berada di tempat wisata danau yang berada di tengah-tengah Pulau Sempu ini, banyak orang menyebut lokasi tempat ini merupakan Lagunan Anakan Pulau Sempu.

Pulau Sempu, Sekeping Surga Bahari Yang Tersembunyi Di Malang

Dari informasi yang Direktori Wisata terima dan menyaksikan sendiri dilokasi, danau atau Segaran Anakan Pulau Sempu yang berada di tengah-tengah Pulau Sempu Malang ini terbenuk dari ganasnya ombak air laut Selatan yang masuk melalui celah tebing pembatas pulau yang berlubang di salah satu sisi pulau.

Tempat inilah yang menjadi sebuah pantai berpasir putih sebagai tempat bertemunya air laut yang bersih dari Samudera Hindia dengan pasir putih yang menghampar luas di daerah Laguna Segaran Anankan.

Baca juga : Pesona Wisata Swiss di kota Batu Malang Jawa Timur

Birunya air laut di Laguna Segara Anakan Pualau Sempu ini, menjadi salah satu daya tarik wisatawan domestik dan mancanegara yang datang mengunjungi tempat wisata di Pulau Sempu Malang.

Di lokasi ini kita dapat santai atau pun berenang, bahkan kita dapat menginap dengan menggelar tenda di tepi danau dengan beralaskan pasir putih yang bersih.  Stelah membangun tenda kami pun pergi ke lokasi pulau karang yang terdapat di seberang Laguna Segara Anakan Pulau Sempu Malang.

Pulau Sempu, Sekeping Surga Bahari Yang Tersembunyi Di Malang

Di lokasi inilah kami menemukan sebuah pemandangan yang eksotis menghadap lautan lepas pantai ke arah Samudera Hindia Selatan Pulau Jawa. Terlihat kejauan sebuah pulau karang yang mengapung di atas laut dari arah tempat kami berdiri.

Suara debur ombak yang memecah menghantam dinding-dinding pulau karang di sekitaran kami pun terdengar cukup keras, dan angin laut pun terasa hingga keseluruh tubuh.

Singkat cerita dari pengalaman perjalanan wisata Pulau Sempu Malang yang dilakukan oleh Direktori Wisata bersama rekan-rekan kali ini, Setelah bermalam di lokasi dan melakukan segala aktifitas di lokasi pesisir pantai Laguna Segaran Anakan Pulau Sempu, keesokan harinya kmi kembali pulang melalui rute perjalan yang sama hingga tiba di dermaga kapal Pantai Sendang Biru, dan melanjutkan perjalan menuju Kota Malang.

Kunjungi Juga 9 Tempat Wisata Ngawi Yang Baru Trend di Jawa Timur

Sebuah catatan kecil yang dapat kami berikan kepada para rekan dan pembaca setia Direktori Wisata, bila kita akan melakukan perjalanan wisata ke Pulau Sempu Malang, ada baiknya kita melaporkan diri ke petugas yang berwenang dalam menjaga dan melestarikan hutan tropis di kawasan ini.

Untuk keperluan sarana dan logistik menuju Pulau Sempu kita dapat dengan mudah mendapatkannya di daerah Pantai Sendang Biru yang menjadi titik keberangtan menuju lokasi. Dari perbekalan air minum, makanan dan keperluan lainnya untuk tinggal selam di lokasi tempat wisata Pulau Sempu Malang.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

71 Comments

  1. baru tahu mas kalau di malang ada tempat yang bagus seperti ini πŸ˜€ , baru tahu soalnya nda pernah kesana ,,

    salam

    • Wah,,,, rugi loh mas kalau belum pernah ke Pulau Sempu. Tempatnya indah banget dan bisa menjadi salah satu pilihan destinasi wisata kalau ke Malang nanti ya… πŸ˜€

  2. pulau sempu ini memang eksotic…puas kalo kunjung kesana

    • Benar kang, kalau berwisata di Pulau Sempu Malang ini kita akan merasakan sensi nuansa yang berbeda ya… πŸ˜€

      • cukup menyediakan Rp. 50 ribu pp ya mas

        • Kalau perahunya patungan diurun bersama bisa mas, Karena satu perahu itu harganya Rp. 100 ribu kalau kita bisa menawar, dan kapasitasnya 20 orang. ;D

  3. Aaah…hati merasa tenang berada di pulau ini, Pak. Jadi kangen pulau sempu!
    Kapan nih saya diajak eksplore oleh Direkori Wisata. πŸ˜€

    • Nanti mba nunggu undangan trip selanjutnya dari sponsor kalau ada lagi perjalanan wisata ke pulau sempu Malang ini deh. Gak janji loh ya…. πŸ˜€

  4. wah biru benar air nya ya kak , waduhh jadi pengen kesana dan merasakan biru nya air disana.

    • Silahkan gan, bila hadir di Malang bisa mampir ke Pulau Sempu untuk berwisata alam di sana, air laut di pantinya pun masih bersih dan indah. πŸ˜€

  5. Subhanallah tempatnya indah bener kang πŸ™‚ apalagi pas di pulau nya jalannya exstreem πŸ™‚

    • Benar mas, tapi kalau kita berkunjung ke tempat wisata Pulau Sempu Malang dengan pemandu wisata dari petugas yang berwenang dan mengikuti aturan yang telah ditetapkan perjalanan jadi tenang dan santai ko mas. πŸ˜€

  6. terimakasih ceritanya siapa tahu bisa berkunjung ke sana

    • Silahkan mba, dan jangan lupa berkordinasi seta melapor ke kantor konservasi alam dengan petugas di sana, agar perjalanan wisata di Pulau Sempu malangnya bisa mendapat manfaat nantinya untuk pelestarian alam.

  7. Salam siang Mas Indra saya baru tau dengan blog Mas Indra ini juga ya Mas.? taunya blog enjawatah doang berarti di blog ini saya kunjungan Perdana dong. ya udah salam kenal di blog yang ini πŸ™‚

    • Selamat datang di Direktori Wisata Kang Saud…. πŸ˜€

  8. Kota Malang indah juga ya Mas Obyek wisatanya saya baru tau nih

    • Benar mas, saya sendiri juga baru tahu setelah menyaksikan sendiri ke Pualu Spu Malang ini. πŸ˜€

      • Gilirian sy kapan, coba?

        • Kapan ya ? nanti deh dilihat dulu…. he,, he, he,, πŸ˜€

  9. menarik sekali tempatnya ya mas, kelihatan masih perwan dan asri..
    trims infonya, semoga suatau saat saya bisa berkunjung kesana

    • Iya Kang tempatnya masih asri dan indah di Pulau Sempu Malang ini, silahkan bila ada waktu dan kesempatan bisa mampir ke sana. Tapi jangan lupa kordinasi dengan petugas yang berwenang dari kantor konservasi alam hutan tropis ini ya… πŸ˜€

  10. ga cukup satu hari tuk keliling dipulau ini kayaknya ya mas, 3 hari cukup. perlu pemandu yang bisa dipercaya, sepertinya sepi takut hewan buas..

    • tenang mbak ada saya πŸ˜€

  11. Indah sih mas tapi agak serem juga iya mhehehe

    • Nmanya hutan juga kita mealui hutan tropis Mba, tapi kalau kita ke Pulau Sempu Malang harus kordinasi dengan petugasnya dulu, biar kita dapat penjelasan dan dikawal jadinya tidak seram. πŸ˜€

      • Petugasnya perempuan ya mas πŸ™‚

        • Kalau perempuan sangat berbahaya kang, jadi saya pilih yang laki aja. πŸ˜€

        • Hehe.. Iya jg sih

  12. Luas Pulau Sempu berapa km ya

    • Bisa langsung check browsing lewat internet gan, kemarin lupa nanya di sana, apalagi bawa meteran πŸ˜€

      • yg jelas lebih besar pulau madura deh

        • Sip Kang Yanto….. πŸ˜€

        • koq nggak ada centang beritahu saya sih mas?
          jadinya saya nggak tau balasan komentar saya via email.mesti kesini lagi ngecek dah dibls apa belum

  13. Asik juga kalo bisa Ke Pulau Sempu…
    Pokonya Indonesia tuh banyak yang masih tersembunyi tempat yang menakjubkan ini πŸ™‚

    • Silahkan mang, bisa dilanjut datang ke Pulau Sempu Malang. πŸ˜€

  14. ternyata setelah melewati jalan yg begitu sulit, akhirnya menemui keindahan yg tak terkira ya kang πŸ™‚

    • Benar bang, ita harus melalui jalan setapak di hutan tropis untuk menuju lokasi sana, makanya bila mau berkunjung di kawasan wisata Pulau Sempu Malang ini sebaiknya kita melapor diri dulu oleh peugas yang berwenang agar kelestarian hutan topis beserta isinya dapat tetap erjaga dan tidak punah. πŸ˜€

      • agar tidak nyasar juga ya kang hehehe… πŸ˜€

  15. liat pemandangannya sungguh sangat indahhh,,jadi gax sabar nunggu waktu liburan hehehe

    • Kalau sudah datang waktu liburan, bisa coba berwisata ke Pulau Sempu Malang mas. he,, he, he,, πŸ˜€

  16. Kapan ya bisa plesiran keseluruh nusantara kaya mas Indra πŸ™‚

    • Mudah-mudah bisa mas Pur, saya saja as lagi ada mau gendong nih… jadi bisa lihat keindaha Pulau Sempu Malang. πŸ˜€

      • Markotop deh pokoknya πŸ™‚

  17. wah,,pengen kesana,,tapi masih belum berani πŸ™‚

    • Cari barengan mas, dan yang lebih utama kordinasikan dengan petugas konservasi hutan tropisnya mas, agar dapat petunjuk jalan dan pemandu yang benar-benar bisa mengarahkan di sana. πŸ˜€

  18. Pulau Sempu Malang, indah dan elok salah satu kekayaan dan potensi wisata yang wajib kita dukung.
    betewe, artikelnya kian hari kian berbobot euy…

    • Memang indah mang kalau kita wisata di Pulau Sempu Malang ini, yuk jalan-jalan ke Malang,,,,, πŸ˜€

  19. Akhmad Muhaimin Azzet berkata:

    Ooo Pulau Sempu ini masuk wilayah Malang ya, Pak. Indah banget. Tak rugi berwisata ke sana. Apalagi berlama-lama di sekitar Lagunan Anakan. Hmmm….

    • iya lah mas

  20. Pasti ramai pantainya seramai pengunjung artikel ini hehe…

    • Pantainya Pualua sempu hanya diramaiakn dengan wisatawan yang suka petualangan saja Kang he,,, he,, he,, πŸ˜€

  21. indah ya pantainya hehehe

    • Pantai Pualau Sempu Malang tempatnya memang indah Mba, seindah persahabatan di sini πŸ˜€

  22. wahhh jalannya ngerriiii tapi akhirnya bagus banget, saya juga pengen ke sana jadinya pak hehe

    • Silahkan mas Ari, memang perjalanan menuju Pulau Sempu Malang sangat mengasyikan, bagaiakan kita bertualang di sana….. he,, he,, he,, πŸ˜€

  23. pulangnya tidak lengkap kalau tidak membeli oleh-oleh ikan tuna ya mas

    • Betel tuh Mas Arief,, malah waktu itu kita sempat beli ikan dulu untuk perbelakan di Pulau Sempu Malang. he,, he, he,

  24. koq nggak mampir ketempat saya mas
    kan sempu dekat sama rumah.masih satu kabupaten.heheh

    • Duh, ini salah satu kelemahan saya Kang, kalau pergi sama rombongan teman-teman dalam pekerjaan, tidak bisa nyolong waktu,,,, padahal saya tidak ngeh loh kalau Kang Yanto di sana. Kalau tahu mah, diajak sekalian ke Pulau Sempu kemarin ya… πŸ˜€

      • banyak koq blogger asal malang selain saya mas.seperti wong crew child,thanjawa arif.
        kang dede juga kerja dekat malang

  25. Kalau ke sini Boku pernah mas, memang tempatnya sangat indah sekali..

    Salam Wisata..:)

    • Pasti seru ya Kang Boko kalau ke tampat wisata Pulau Sempu Malang, tempatnya memnag indah banget, apalagi kalau kita sambil belajar konservasi alam di sana dengan para petugasnya ya kang. πŸ˜€

  26. udah lama banget gak pernah kesini …
    skarg udah sibuk si, susah ngatur jadwal, teman jalan pun g ada hehehe

    asik kalo rame2 (y)

    • Benar Mba Anna, kalau mengunjungi tempat wisata Pulau Sempu Malang seru bila dilakukan bersama teman-teman sambil melakukan konservasi alam di hutan tropis pulau sempu Malang ini. πŸ˜€

  27. Siti Fatimah Ahmad berkata:

    Assalaamu’alaikum wr.wb, mas Indra… tempatnya bagus dan memberi tantangan tersendiri. Alamnya juga masih lestari, ya. Salam hormat dari Sarikei, Sarawak.

    • Walaikumsalam wr wb. Iya bunda Siti, tmpat wisata Pulau Sempu Malang ini sangat indah, dan ini merupakan salah satu tempat wisata konservasi alam di kawasan Malang Selatan. Namun, bila kita mau ke lokasi ini harus melapor ke petugas yang berwenang di lokasi inni. πŸ˜€

  28. Pulau yang indah nih mas.. 80 Km, lumayan jauh ya mas. kurang lebih 1 jam perjalanan, tergantung kondisi jalan.

    • Lumayan mas, kalau dari Kota Malang perjalanan menuju tempat wisata Pulau Sempu ini, harus sabar, dan harus berangkat dari pagi-pagi hari agar tidak kesoran di sana. πŸ˜€

  29. tempatnya bagus sekali, andai dibatam ada yang beginian saya pasti setiap minggu kesana terus

    • Bisa jadi refrensi perjalanan wisata nanti kalau ke Malang Sob. πŸ˜€

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate Β»
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :