Pulau Runduma Wakatobi, Sekeping Surga Yang Tercecer di Indonesia Timur

posted in: Indonesia | 0

Surga Kecil di Atas Hamparan Pasir Putih Pulau Runduma Kawasan Wakatobi

Direktori Wisata – Pulau kecil yang memiliki hamparan pasir putih nan luas, pesona air berwarna biru, dan semilir angin yang disertai ombak kecil.

Indonesia memiliki ragam jenis pulau dan menjadi negara kepulauan yang menyimpan keindahan alam bahari nan cantik, sejak dahulu hingga sekarang menjadi salah satu ikon taman bermain yang besar bagi para pecinta dunia petualangan dan traveler. Baik dari barat hingga ke timur Indonesia, kita semua akan dibuat magnum akan keindahan negeri ini, seperti pesona yang ada di Pulau Runduma yang lokasinya berada dekat dengan kawasan wisata Wakatobi.

Pulau Runduma Wakatobi Indonesia Bagian Timur

Dari informasi yang Direktori Wisata terima dari pemandu wisata lokal, Pulau Runduma secara Geografis terletak jauh terpisah dengan pulau-pulau lain di Wakatobi. Pulau Runduma merupakan wilayah Administrasi kecamatan Tomia kabupaten Wakatobi dimana didalamya terdapat masyarakat Desa Runduma.

Sedangkan dari penglihatan Direktori Wisata Indonesia di lokasi, Pulau ini berpasir Putih di sepanjang garis pantainya, tebing-tebing menjorok ke laut, serta ayunan yang terpasang di sela sela pepohonan daun kelapa maupun nyanyian rindu bagi setiap orang yang pernah berkunjung ke Pulau ini terdengar hinge ke telinga sambut kehadiran rombongan di patati ini.

Terkenal dengan susana alam yang tenang dan pantainya yang indah. Namun, sebagian besar Pulau Runduma ini ditutupi pepohonan dan semak belukar. Pulau berpasir putih ini memiliki tekstur yang empuk. Lingkungannya juga bersih. Cocok bagi sahabat Direktori Wisata yang suka dengan konsep wisata jelajah pulau.

Pemandangan matahari yang terbenam di pulau ini menjadi keindahan tersendiri, dari bibir pantai kalian dapat memandangnya dengan jelas. Udara di sekitar pulau pun sahabat masih dapat rasakan kesegarannya karena bebas dari polusi. Apalagi bila kalian menikmati dengan keluara dan orang terdekat suasana pantainya terlihat Indah dan asri.

Pulau Runduma memiliki terumbu karang yang masih lestari. sahabat Direktori Wisata bisa berenang dan snorkeling di salah satu kawasan wisata bahari Indonesia di bagian timur ini. menikmati wisata jalan kaki di sepanjang pantai. Jika ingin wisata bawah laut alias diving, jangan lupa membawa peralatan dan lisensi menyelam. Di lokasi ini kalian akan menemukan spot penyelaman trump karang yang  indah dan biota laut yang melimpah.

Lanjut informasi…….
Pulau Runduma terkenal dengan satwa langka yang dilindungi, yaitu penyu. Di pulau ini kino terapat dua jenis penyu yang hidup di sini, penyu hijau (Honu) dan penyu sisik (Koila). Bila kalian beruntung, maka kalian dapat menemukan jenis penyu yang langka di pulau ini ya…..

Untuk jenis pasir pantainya yang masih putih dan bersih konon menjadi surga bagi para penyu untuk bertelur. Di pulau ini, penyu bebas beranak-pinak membentuk koloni tanpa gangguan manusia.Namun, harus diingat, tetap jaga lingkungan dan kelestarian habitat dari penou tersebut ya teman.

Kunjungi juga : Pulau Alor:: Surga Tersembunyi Di Timur Indonesia

Bergeser ke kawasan penduduk pulau…….
Dari informasi yang Direktori Wisata dapatkan di lokasi, di pulau ini terdapat sekitar ratusan kepala keluarga bermukim. Konon, mereka hidup berdampingan dengan penyu. Warga Desa Runduma, sangat menghargai kehidupan biota laut dan sangat menjaga terumbu karang di kawasan ini. Mereka menangkap ikan hanya dengan menggunakan alat konvensional, seperti pukat dan jala. Kegiatan seperti ini mengingatkan kami pada saat perjalanan kami ke kawasan suku Bajo.

Hal yang menarik bagi kami beerta rombongan, selain kegiatan dan aktivitas warga lokal dengan segala keunggulan dari produz kuliner dan hasil kerajinannya, kami pun mendapatkan informasi sebuah tempat yang menjadi pengembangbiakan para penyu yang dilindungi di kawasan pulau ini.

Di sebelah Pulau Runduma terdapat pulau kecil yang sama sekali tidak berpenghuni. Di pulau ini, warga Runduma membiarkan penyu-penyu itu bertelur. Untuk mengawasi pengembangbiakan penyu, pengawas dari Taman Nasional Wakatobi rutin melakukan kunjungan setiap bulan. Tujuannya untuk melihat, sekaligus menghitung pertambahan populasi penyu di sekitar pulau tersebut.

Kunjungi juga : 4 Objek Wisata Indonesia Yang Populer di Pulau Saparua Maluku Tengah

Jika sahabat Direktori Wisata Indonesia tertarik berkunjung ke Pulau Runduma, tujuan pertama yang harus kalian tuju adalah Bandara Matahora, yang terletak di Pulau Wangi-Wangi. Selanjutnya, kalian bisa menuju Pelabuhan Wakatobi dan naik perahu ke Pulau Tomia. Dari situ, tujuan terakhir adalah Pulau Runduma. Mudah bukan ?…. Slammat liburan dan menikmati keindahan kawasan wisata bahari Indonesia babian Timur ya……[]

Follow Direktori Wisata:

Direktori Pariwisata Dunia menyajikan keragaman tempat wisata dunia dengan keindahan alam, budaya dan kearifan lokal serta wisata kulinernya.