Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Sumatera / Bangka Belitung / Pulau Lengkuas:: Tempat Wisata Heritage di Belitung

Pulau Lengkuas:: Tempat Wisata Heritage di Belitung

Menikmati Keindahan Pulau Lengkuas Dari Puncak Menara Mercusuar Peninggalan Belanda

Direktori Wisata – Tempat wisata Belitung nan eksotis dengan hamparan keindahan batu-batu granit di antara kokohnya menara mercusuar.

Pulau Lengkuas merupakan pulau kecil yang ada di tempat wisata Baka Belitung menjadi salah satu destinasi wisata heritage Belitung yang menarik dikunjungi. Sebuah menara mercusuar yang berdiri tegak buatan 1880 masih berfungsi baik sebagai nafigasi kapal dan nelayan sebagai penuntun lalu lintas kapal laut yang lewat maupun keluar masuk Pulau Belitung.

Tempat Wisata Pulau Lengkuas Belitung

Konstrusi bangunan menara mercusuar yang terbuat dari besi yang membuat menara in berdiri tokoh. Namun bila kita ingin masuk ke dalam di sarankan pada saat tidak hujan, hal ini mencegah para wisatawan yang berkunjung ke tampat wisata heritage di menara mercusuar Pulau Lengkuas ini agar tidak tersambar petir.

Menurut informasi yang Direktori Wisata Indonesia dapatkan, menara mercusuar ini memiliki ketinggian 65 meter. Bagi kita yang akan sampai kepuncak menara ini butuh ekstra tenaga untuk melalui setiap anak tangga yang akan mengantarkan kita untuk melalui 18 lantai hingga puncak.

Puncak menara Mercusuar Belitung

Namun, saat kita sampai di puncak manara mercusuar ini segala rasa lelah akan terobati disaat kita memandang keluar. Berada di atas menara kita akan merasakan sayang untuk memejampakn mata walau sesaat. Karena dari pemandangan puncak menara mercusuar ini kita akan menyaksikan keindahan temmpat wisata Pulau Lengkuas yang sering mendapatkan julukan “surga batu Belitung”. Pemandangan indah yang berasal dari batu-batu granit raksasa bertumpuk berserakan yang menciptakan sebuah susunan formasi indah.

Wista Belitung

Bagi kita yang tidak sanggup untuk mencapai puncak menara mercusuar tidak perlu khawatir, karena kita masih bisa menikmati pesona alam yang indah untuk bermain di kawasan sekitar pantai dengan menyambangi batu-batu besar yang ada di sekitar pantai. Di lokasi ini kita dapat merasakan tubuh kita serasa kerdil namun lokasi ini bisa menjadi obyek yang baik saat kita menyalurkan bakat untuk photography bersama keluarga dan teman-teman.

Secaara geologi kepulauan Bangka dan Belitung duduk di atas batuan geranit. Konon batu-batu granit ini  berasal dari pembekuan magma dimana dari granit akan bisa menghasilkan biji timah. Maka tdaklah heran jika Bangka dan Belitung menjadi penghasil utama timah.di Indonesia.

Di tempat wisata Pulau Lengkuas Belitung inilah dimana keindahan hamparan laut biru jernih bertabur batuan granit nan eksotik dapat kita saksikan. Lokasinya berada di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung, pulau ini terbilang kecil dengan luas kurang dari 1 hektar.

Meski kecil, nuansa eksotis sebuah pantai berpasir putih yang menghadap birunya laut di Pulau Lengkuas ini dihiasi batuan granit raksasa aneka bentuk. keindahan pantai di Pulau Lengkuas tak perlu diragukan lagi. Cukup memiliki alasan kuat apabila pulau yang dahulunya sepi pengunjung,  kini berhasil mengundang banyak wisatawan untuk menyempatkan diri mampir ke tempat Pullau Lengkuas yang menjadi salah satu ikon detinasi wisata heritage dan bahari di tempat wisata Bangka Belitung.

Untuk informasi tambahan di Pulau Lengkuas terdapat toilet untuk umum, namun untuk ketersedian air bersihnya sangat terbatas. Sedangkan untuk mendaptakan air bersih atau air tawar yang bisa digunakan di pulau ini yang didatangkan dari pulau lain. Dan untuk penginapan kita dapat menumkannya di daerah sekitar Tanjung Kelayang yang jarak tempahnya sekitar +/- 20 menit dengan menggunakan perahu.

Waktu yang tepat untuk mengisi liburan di Pulau Lengkuas bisa dilakukan pada bulan Maret sampai November, dikarenakan saat waktu tersebut cuaca lebih bersahabat, dan kita bisa melakukan liburan sambil berenang dan snorkling di pantai dengan tenang dan nyaman dengan menyaksikan keindahan panorama dasar laut yang indah. Sebaiknya hindari waktu liburan di daerah ini saat musim hujan saat Desember dan Januari. krena ombak dan arus tidak bersahabat an dapat membahayakan saat kita melakukan liburan di Pulau Lengkuas.

Bila kita akan menghabiskan waktu liburan di tempat wisata Pulau Lengkuas Belitung, ada baiknya kita membawa makanan dan minuman yang cukup, karena di pulau ini tidak terdapat warung atau supermarket. Dan yang terpenting kita harus dapat menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan atau meninggalkan jejak aksi coret-coret di dinding batu-batu granit yang bertebaran di tempat wisata Pulau Lengkuas Belitung.

Untuk menuju tempat wisata heritage di Pulau Lengkuas ini kita dapat menyewa peahu nelayan dari beberapa lokasi seperti Tanjung Kelayang yang dapat di tempuh +/- 20 menit waktu perjalanan, sedangkan bila kita dari Tanjung Binga atau Tanjung Tinggi bia di tempuh dalam waktu +/- 30 sampai dengan 45 menit.

Cari tahu Manfaat dan Pentingnya Asuransi Perjalanan Bagi Wisatawan Mengisi Liburan

Sedangkan bila dari Pulau Batam, kita bisa menggunakan pesawat terbang atau pun fery menuju Pangkal Pinang yang dapat di akses dengan cepat dan mudah, dan kita bisa menikmati pesona indahnya alam kepulauan Bangka Belitung untuk mengisi liburan yang tidak pernah kia jumpai di tempat lainnya.

Pulau Lengkuas bukan hanya menyimpan pesona keindahan wisata alam dan bahari saja. namun, kawasan ini juga menjadi tempat wisata yang indah dan mudah di jangkau dengan waktu kunjungan liburan yang tepat yang menjadi salah satu tempat wisata tervaforit wisatawan untuk mengisi liburan di bangka Belitung.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

5 Comments

  1. sangat eksostis sekali…

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      Betul. betul, betul,

  2. Pulau Belitung memang kaya akan keindahan alamnya ya mas. Ngomong-ngomong mercusuarnya tua sekali usianya. Hebat, bisa bertahan sampai sekarang. Kalau naik tapi takut bisa menggigil juga ya hehe

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      Iya Mas, Belitung memang eksotis banget. he,, he, he,,

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      iya kang itu mungkin karena terbuat dari besi baja yang kokoh.

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate ยป
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :