Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2022 | All Right Reserved

Home / Nusa Tenggara Timur / Pulau Komodo, Salah Satu Tempat Rekreasi Terbaik yang Dianggap Dunia

Pulau Komodo, Salah Satu Tempat Rekreasi Terbaik yang Dianggap Dunia

Directory Rekreasi – Pulau Komodo sebagai salah satunya dari fenomena dunia yang mengagumkan. Pulau Komodo berada di Kepulauan Nusa Tenggara.

Pulau Komodo, Salah Satu Tempat Rekreasi Terbaik yang Dianggap Dunia

Pulau Komodo dikenali sebagai komunitas asli hewan komodo. Pulau ini sebagai teritori Taman Nasional Komodo.

Pulau Komodo ada di samping barat Pulau Sumbawa, yang dipisah oleh Selat Sape, terhitung daerah Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Propinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia.

Pulau Komodo sebagai ujung paling barat Propinsi Nusa Tenggara Timur, bersebelahan dengan Propinsi Nusa Tenggara Barat.

Selainnya komodo, pulau ini simpan eksotisme flora yang bermacam, pohon kayu sepang dipakai oleh masyarakat sekitaran sebagai obat dan pewarna baju, pohon nitak (sterculia oblongata) ini di yakin bermanfaat sebagai obat dan bijinya renyah dan nikmat seperti kacang polong.

Pulau Komodo benar-benar mengagumkan, mencari pulau yang eksotik, menyelami birunya laut, dan bermandikan sinar mentari sekalian menyaksikan jejak-jejak kehidupan masa lampau yang terawat dan bisa menjadi sisi dari macam keelokan Indonesia.

Mencakup Pulau Komodo, Rinca and Padar, ditambahkan beberapa pulau lain selebar 1.817 persegi ialah komunitas asli komodo.

Taman Nasional Komodo dibangun pada 1980 membuat perlindungan kelestarian komodo. Tidak cuma hewan sangat jarang itu,

Taman Nasional Komodo membuat perlindungan beragam jenis beberapa tumbuhan dan satwa, terhitung binatang-binatang laut.

Taman Nasional Komodo sebagai taman nasional yang memiliki 2 status internasional yang diputuskan oleh UNESCO yakni Cagar Biosfer (Biosphere Reserve) semenjak tahun 1977 dan Peninggalan Alam Dunia (Alami World Heritage Site) pada semenjak 1991.

Disamping itu di tahun 2012 Taman Nasional Komodo mendapatkan predikat sebagai 7 fenomena dunia (New 7 Wonder). Dengan memiliki beberapa status internasional itu, itu maknanya Taman Nasional Komodo tidak saja jadi punya

Baca juga : Ekotisme Kerarifan Lokal Desa Wisata Budaya Takpala Alor NTT

Pemerintahan Indonesia tetapi juga jadi punya dunia internasional.

Taman Nasional Komodo ialah komunitas satwa Komodo (Varanus komodoensis) yang disebut kadal paling besar di dunia dan epidemik di Indonesia.

Tempat Rekreasi Terbaik Yang Dianggap Dunia Komodo

Kehadiran satwa Komodo di teritori itu jadi daya magnet untuk pelancong nusantara dan luar negeri untuk bertandang ke Taman Nasional Komodo.

Merilis dari web Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, daerah dataran Taman Nasional Komodo mempunyai vegetasi berbentuk padang rumput dan rimba savana (70 %), rimba luruh terbuka (25%) dan bekasnya ialah rimba kuasi awan dan rimba mangrove.

Sementara daerah perairannya mempunyai ekosistem terumbu karang dan padang lamun yang disebut rumah untuk beragam tipe biota laut dan tempat pemijahan ikan. Pada teritori Taman Nasional Komodo ada tiga dusun dalam jumlah warga sekitaran 4.842 jiwa.

Pada Pulau Komodo ada 1 Dusun yakni Dusun Komodo (1.818 Jiwa) yang terhitung dalam Zone Khusus Permukiman selebar 17,6 Ha, berdasar SK Dirjen PHKA Nomor: SK.21/IV-SET/2012 Tanggal 24 Februari 2012, di mana sekitaran 68% penduduknya bermata pencarian pada sektor bisnis pariwisata dimulai dari tur guide, pengurus home stay, kapal rekreasi, perajin patung atau penjual souvenir.

Baca juga : 12 Tempat Wisata Di Indonesia yang Terkenal Dan Mendunia

Dan pada Pulau Rinca ada 2 Dusun yakni Dusun Papagarang (1.417 jiwa) dan Dusun Pasir Panjang (1.607 jiwa) yang warganya bermata pencarian khusus sebagai nelayan.

Bukti Mengenai Pulau Komodo

Pulau ini diketemukan pada 1910 dam menjadi komunitas hewan purba, Komodo. Hewan ini dipercayai lakukan migrasi dari Australia dan bertahan di dalam NTT sampai sekarang ini. Taman Nasional Komodo diputuskan oleh UNESCO sebagai Cagar Biosfer (Biosphere Reserve) semenjak tahun 1977 dan Peninggalan Alam Dunia (Alami World Heritage Site) pada semenjak 1991.

Bukti Mengenai Pulau Komodo

Keelokan alam dan satwanya, membuat pulau ini bukan hanya untuk tempat rekreasi, tetapi juga untuk penelitian ilmiah. Beberapa ilmuwan dari beragam seluruh dunia tertarik menyaksikan perubahan dan evolusi Komodo. Pada 2012,

Pulau Komodo diputuskan sebagai salah satunya tujuh fenomena dunia. Majalah National Geographice edisi Juli 2017 masukkan Pulau Komodo ke sepuluh besar tujuan terbaik duni. Pulau Komodo populer dengan garis pantainya yang Panjang yang cantik.

Salah satunya yang paling opuler yakni Pink Beach dengan pasir mudanya yang eksotik.

Pulau Komodo mempunyai perairan laut yang dingin dan panas.

Baca juga : Pesona Desa Wisata Liang Ndara Flores Nusa Tenggara Timur

Hal tersebut dikarenakan oleh berjumpanya air yang menganlir ke arah utara dan selatan.

Bagaimana Ke arah Pulau Komodo?

Bila kamu datang dari Jakarta, kamu harus transit di Bali lebih dulu. Dari Bali, perjalanan dilanjutkan ke arah Labuan Bajo, sebuah kota kecil di barat laut Flores yang disebut gerbang untuk ke arah Pulau Komodo.

Bagaimana Ke arah Pulau Komodo?

Ada banyak perusahan penerbangan yang layani jalur Denpasar-Labuan Bajo, sama waktu perjalanan sekitaran 1/2 jam.

Baca juga : Pesona Wisata Alam Gunung Inerie Bagai Piramida Besar Alam Flores

Panduan Bertandang ke Pulau Komodo

Temperatur pada tempat ini benar-benar panas dan lembab, oleh karenanya pastikanlah kamu bawa beberapa botol air minum agar tidak dehidrasi alias kehausan.

Panduan Bertandang ke Pulau Komodo

Tidak boleh pergi sendirian. Lebih bagus pergi bersama pemandu rekreasi atau petugas taman nasional.

Tidak boleh mengusik atau memberikan makan komodo. Walau pergerakannya lamban dan malas, hewan ini bisa mendadak jadi agresif dan bergerak secara cepat.

Saat lakukan trackking, bawa tongkat yang bercabang dua. Komodo umumnya takut bila dibentak dengan tongkat.

Pakai sepatu. Pulau Komodo, Rinca, dan Pidar mempunyai 12 tipe ular dan 3 salah satunya beracun, misalnya ular hijau yang hidup di pohon, Kobra, dan Russel’s Viper yang hidup di lubang tanah padang rumput savanna.

Wanita yang menstruasi harus melapor ke pemandu atau petugas pulau supaya lebih jadi perhatian. Komodo mempunyai indra penciuman yang tajam dan menjadi agresif bila menghirup bau darah.

Baca juga : Jelajah Wisata Flores Paling Eksostis Dan Menakjubkan

Bawa obat nyamuk atau pakai lotion anti nyamuk. Umumnya tempat di Pulau Komodo dan Rinca sebagai padang rumput savanna yang gampang terbakar di saat musim kemarau, jadi dilarang merokok dan menghidupkan api.

Demikianlah informasi mengenai Pulau Komodo, salah satunya lokasi yang mengagumkan yang dianggap dunia. Mudah-mudahan artikel ini berguna dan menambahkan wacana kamu ya.{}

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :