Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Banten / Pesona Wisata Tangerang di Masjid Raya Al A’zhom

Pesona Wisata Tangerang di Masjid Raya Al A’zhom

/
/

Menyusuri Tempat Wisata Religi Bulan Ramahdan di Masjid Raya Al-A’zhom, Banten

Direktori Wisata – Wisata religi di Masjid Raya Al-A’zahom Kota Tangerang Banten yang menjadi salah satu masjid dengan kubah terbesar di dunia.

Obyek bangunan Masjid Raya Al-A’zahom Tangerang Banten merupakan salah satu pesona Islami yang terdapat di Indonesia. Selain syarat dengan seni Islam atau Arabes bagunan Masjid ini menjadi salah satu simbol perkembangan nilai-nilai Islam di Kota Tangerang.

Masjid Al'Azhom Kota Tangerang

Sosok bangunan masjid Raya Al-A’zhom Tangerang Banten berdiri indah dan megah serta bercirikan arsitektur Romawi dan Yunani yang berpadu dengan unsur orental khas Asia yang menjadi salah satu ikon destinasi wisata Kota Tangerang yang bersifat religi.

Menurut informasi yang Direktori Wisata Indonesia terima di lokasi, tahun 2003 rumah ibadah Masjid Raya Al-A’zhom berdiri. Bagunan ini dibagun oleh seorang arsitek bernama Ir. H. Slamet Wirasonjaya dari ITB Bandung. Kemegahan masjidnya terinspirasi dari sebuah bangunan Aya Sophia Museum Istanbul di Turki. Sementara menara masjidnya diadopsi Masjid Sultan Salahuddin di Kuala Lumpur Malaysia.

Menyusurui tempat wisata religi di Masjid Al-A’zhom Tangerang, kita akan menemukan pilar-pilar menara masjid yang menjulang tinggi di setiap sudutnya dengan menyimbolkan empat ajaran Islam yaitu akidah, akhlak, syariah dan ibadah. Sedangkan ke khasan dari sisi bangunan masjid ini terlihat juga dari kubah masjid yang terlihat cantik dan menjulang setinggi 27 meter dengan panjang 63 meter. Kubah akbar masjid inilah yang menjadi landasan nama Al-A’zhom yang berarti yang paling megah.

Lanjut……
Memasuki ruangan dalam masjid kita akan disambut dengan pemadangan lima kubah megah. Satu diantaranya merupakan kubah induk, dan empat lainnya yang merupakan anak kubah yang berperan sebagai pengganti tiang penopang. Kono, kubah-kubah masjid tersebut mencerminkan 5 (lima) rukun Islam dan kewajiban sholat 5 waktu bagi setiap muslim.

Kubah masjid terlihat makin menawan dengan ukiran-ukiran kaligrafi ayat suc Al-Qur’an dan Asmaul Husna dari berbagai arah. Konon informasi yang Direktori Wisata Indonesia terima, ornamen-ornamen kaligrafi tersebut merupakan karya dari anak-anak Indonesia para juara kompetisi kaligrafi tingkat nasional dan dunia.

Masjid Raya Al'Azhom Tangerang Banten

Diterangkan kepada Direktori Wisata, kaligrafi dari 13 ayat surat Al-Qur’an terkandung dalam tiga 13 baris atas kubah. Sementara itu Asmaul Husna atau nama-nama baik Alooh SWT terdapat pada baris terbawah.  Potongan ayat surat lain Al-Qur’an juga menghiasi relung lain di bagian masjid. Seperti surah Al-Imran yang terdapat pada lengkungan mihrab. Juga surah An Nahl di sisi kanan dan kiri mimbar Masjid Al-A’zhom Kota Tangerang, Banten.

Sebagai informasi tambahan, pembanguan Masjid Al-A’zhom ini merupakan sebagai bentuk penghargaan pemerintah kepada keluarga besar masyarakat Tangerang dalam melawah penjajahan di Indonesia. Dan kini masjid ini menjadi centra kegiatan Islami Kota Tangerang salah satu kegiatan yang sering dilakukan di masjid ini adalah sholat berjamaah 5 waktu, sholat Jum’at, buka puasa bersama di bulan Ramadhan, sholat Tarawih serta kegiatan majelis ta’lim dan kegiatan agama lainnya.

Dengan menyaksikan kemegahan serta keindahan ruangan dalam Masjid Al-A’zhom kita akan merasa bahwa diri kita adalah kecil. Seaya kita pun dapatmenyelami sebuah filosofi masjid yang mengandung arti “Bahwa siapapun harus bersikap rendah hati ketika kita berada di dalam Rumah Alloh SWT. Karena kita semua manusia tidak ada artinya dihadapan Sang Pencipta yaitu Alloh SWT.”

Untuk menuju lokasi Masjid Raya Al-A’zhom sangatlah mudah, kita bisa menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi seperti mobil maupun motor.  Sahabat  Direktori Wisata dapat mengikuti arah melalui jalur akses yang terdapat di dalam peta.

Semoga pengalaman perjalanan wisat religi di bulan Ramadhan ini dapat memberikan sebuah gambaran bagi kita yang akan atau sedang mencari tempat liburan unik dan menarik serta murah meriah di salah satu tempat wisata Tangerang yang bisa dinikmati bersama keluarga atau pun kerabat.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

17 Comments

  1. wow masjidnya kelihatan megah banget kang.
    moga yg menempati juga banyak nggak cuman rame waktu puasa doang

    • amin ya robbal alamin ๐Ÿ˜€

    • biar gak hanya suka bangun masjid saja, tapi juga di isi tiap 5 waktu

  2. la wong pembuat kaligrafinya para juara pantesan hasilnya bagus

    • sayangnya jauh banget dari tempat saya

      • apalagi saya mas

  3. Wah artikel ini lengkap banget beserta maps nya mas jadi tidak khawatir lagi untuk mencarinya ๐Ÿ™‚ Semacam tidaki berandai-andai gtu mas ๐Ÿ™‚

  4. mengis hari dalam masjid selama bulan ramadhan sangat bagus ya kang dan diperbanyak zikir sambil jalan berwisata ke masjid masjid dan sorenya sampai berbuaka puasa barengan ๐Ÿ˜€

    • pahalanya mudah2an dobel ya mang… ๐Ÿ™‚

  5. Kelebihan Tanggerang selain memiliki Bandara Soekarno- Hatta sebagai direktori wisata bandara penerbangan internasional memang Tanggerang teh punya Mesjid Raya Al-Azhom itu teh geh

    • kalau main ke Tangerang bisa mampir ke rumah saya mang, deket lho…

  6. Tangerang punya Mesjid Raya Al A’zom yang bagus banget dengan bentuk kubah yang unik, Subhanallah…
    Tangerang mah deket kalo dari kampung saya mang, bisa lewat jalan tembus via parung panjang..

  7. ci mamang kemana yah?

  8. Wah… saya pernah mampir dan sholat di Masjid Raya Al A’zhom Kang…
    Beneran dah gak boong hehe ๐Ÿ˜€
    Salam,

  9. masjid bagus itu penting, tapi orangnya yang bagus itu jauh lebih penting. Sekarang kan ada tuh masjid megah tapi gak ada yang shalat berjamaah,

    • ini nasehat juga penting, ngena banget…

  10. Dulu saya ke Tangerang masjid ini baru dibangun proyek. Kemarin bulan Februari Saya ke Tangerang, Masjid ini sudah berdiri gagah. Kebetulan rumah saudara saya di gang seberang jalan Masjid AlAzhom.

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate ยป
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :