Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Pesona Wisata Susur Perut Bumi Di Goa Gong Pacitan, Jawa Timur

Pesona Wisata Susur Perut Bumi Di Goa Gong Pacitan, Jawa Timur

Lempengan Surga Yang Indah Tercecer Dalam Bumi Di Goa Gong Pacitan, Jawa Timur

Direktori Wisata – Obyek wisata alam susur perut bumi goa gong yang memiliki keindahan alam menakjubkan yang terletak di Dusun Pule, Desa Bomo, Kecamatan Punung, Pacitan, Jawa Timur.

Dibalik pegunungan tandus dan gersang tersimpan sejuta pesona alam yang tidak akan pernah ditemukan ditempat lain, dan salah satunya adalah tempat wisata alam Goa Gong yaitu salah satu obyek wisata alam goa yang yang eksotis yang berada di daerah Kabupaten Pacitan.

Goa Gong Pacitan

Tempat Wisata Alam Goa Gong Pacitan merupakan salah satu destinasi wisata alam yang berada di Pacitan. Obyek wisata ini memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan, dan terletak erletak di Dusun Pule, Desa Bomo, Kecamatan Punung.  Bila dari Pusat Kota Pacitan, goa ini terletak persis di sebalah barat dengan jarak tempuh sekitar 40 Km.

Dinamakan Goa Gong karena di dalam tempat wisata alam Pacitan ini terdapat batu yang jika dipukul akan menimbulkan bunyi seperti gong. Untuk menikmati stalaktit dan stalakmit yang berada di dalam Goa Gong kita hanya cukup membayar tiket masuk Goa Gong sebesar Rp. 5.000,- / orang untuk anak-anak dan Rp. 10.000,- / orang untuk dewasa.

Begitu kaki kita menapakan langkah dilorong pertama Goa Gong Pacitan, kehadiran kita akan disambut dengan deretan ornamen yang menyerupai sedotan yang berjajar dan menggantung  seperti sedang berebut menuju langit-langit goa.

Semakin kita melangkahkan kaki ke dalam di tempat wisata alam Goa Gong Pacitan ini, maka kita akan semakin banyak menemukan stalaktit dan stalakmit yang akan menyabut kehadiran kita di dalam goa.

Bila kita akan mengunjungi tempat wisata alam Go Gong Pacitan ini, jangan pernah sekali-sekali kita membayangkan keadaan dan suasana goa yang gelap dan menakutkan di tempat wisata alam Pacitan yang satu ini, karena saat kita memasuki mulut Goa Gong +/- 300 meter ini, kita dapat menikmai Goa Gong dengan nyaman.

Kita dapat menyaksikan ornamen keindahan Goa Gong yang berusia rausan tahun yang terletak pada Staglatit dan Stalagmit yang begitu indah terbentuk secara alami di langit-langit dan dasar goa.

Goa Gong Pacitan Jawa Timur

Bahkan di beberapa tempat yang terdapat di dalam Goa Gong, stalaktit dan stalakmit bertemu hingga membentuk tiang yang menyerupai tiang pilar-pilar pembangunan gotik.

Kita juga dapat melihat dan menyaksikan stalan yang terlihat lebih cantik yang disebebabkan oleh pantulan lampu yang berwarna-warni yang menjadi sala satu pesona wisata Pacitan populer dan bayak digemari oelh wisatawan lokal maupun mancangera.

Tempat wisata alam Goa yang biasanya terkesan gelap dan angker, namun hal ini tidak berlaku di Goa Gong Pacitan. Hal ini dikarenakan di dalam goa tersebut terdapat beberapa alat pendukung seperti lampu hias, kipas angin dan tangga dengan pegangan yang terbuat dari besi yang akan memudahkan kita untuk menyusuri Goa Gong ini.

Goa Gong Pacitan

Lampu hias di fungsikan untuk alat penerangan sekaligus mempercantik warna Staglatit dan Stalagmit pada goa tersebut, Kipas angin untuk mensirkulasikan udara sehingga tidak terasa pengap saat di dalam Goa.

Di dalam goa ini terbagi menjadi beberapa ruangan yang menyajikan keaneragaman batuan alam, mulai dari batu marmer yang bisa tembus cahaya dan di klaim sebagai batu marmer terbesar dan terindah di Asia.

Di langit-langit goa tersebut juga masih terlihat tetesan air yang menandakan proses pembentukan stalagtit dan stalagmitnya masih berlangsung.

Dengan pesona alam yang terbentuk secara alami, kini Goa Gong Pacitan dikenal oleh para wisatawan baik dalam maupun luar sebagai salah satu goa terindah di kawasan Asia Tenggara. Goa Gong Pacitan memiliki keunikan tersendri yaitu terletak di salah satu batu yang ada di dalam goa, batu tersebut apabila di pukul maka akan mengeluarkan bunyi seperti alat musik tradisional yaitu Gong.

Baca juga : 13 Destinasi Wisata Pacitan Yang Lagi Trend di jawa Timur

Keunikan itulah yang menjadikan Goa ini di beri nama Goa Gong. Berdasarkan kisah masyarakat setempat, goa ini dinamai sebagai Goa Gong adalah karena zaman dahulu masyarakat sekitar sering mendengar adanya suara gema tabuhan seperti suara gong yang berasal dari dalam goa.

Konon Goa Gong tersebut di temukan awal mulanya oleh seorang warga sekitar yang hendak mencari sumber air. Dan tempat wisata alam Goa Gong Pacitan ini menjadi salah satu destinasi wisata alam yang ramai dikunjungi oleh wisatawan saat akan mengunjungi Pantai Klayar Pacitan dan Pantai Srau Pacitan.

Cara untuk menuju tempat wisata alam Goa Gong Pacitan sangat mudah dan hanya membutuhkan waktu yang tidak terlalu lama bila kita tempuh dari Kota Pacitan menuju lokasi. Dapat ditempuh dengan kendaraan roada dua maupun roda empat,

Bagi sahabat ataupun pembaca setia Direktori Wisata yang akan mengunjungi tempat wisata alam Goa Gong Pacitan bisa mengikuti rute jalan menuju lokasi dari Kota Pacitan yang kami buat di bawah ini.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

8 Comments

  1. Pemandangan Goanya sangat bagus banget… Harga tiketnya juga terjangkau sangat murah…bisa mampir kesana nih kalau pulang kampung, karena jaraknya ngga jauh dari wonogiri kampung halaman

  2. pernah juga diceritakan dan yang saya suka ketika melihat coloring dalam gua tersebut….
    tapi sampai sekarang masih belum kesampaian ke sana mas….ke gua gong.

    • oh ya…saya masih ingat. ada salah satu dosen saya dulu meneliti musik dari batu, termasuk eksplorasi ke gua gong ini….

  3. kebetulan bulan november kemarin saya mengunjungi tempat wisata ini kang.
    menarik banget tuh tempatnya

  4. tidak heran bila pacitan dikenal dengan sebutan kota 1001 goa karena banyaknya goa disana

  5. kalau ke goa gong sekalian kudu ke pantai klayar ya kang.
    soalnya punya jarak yg cukup deket

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :