Oh Snap!

Please turnoff your ad blocking mode for viewing your site content

Pesona Wisata Situ Cibeureum Tambun Selatan

Eksotisme Wisata Alam Danau Cibeureum di Tambun Selatan Kabupaten Bekasi

Direktori Wisata – Nuansa eksotisme wisata alam di Kawasan Perumahan Grand Wisata Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi yang menjadi destinasi wisata dan rekreasi favorit warga dan masyarakat.

Kabupaten Bekasi tidak hanya dikenal sebagai kawasan industri terbesar di Asia Tenggara, bahkan kawasan ini memiliki destinasi wisata alam yang memiliki tempat wisata yang menyimpan keindahan alam yang luar biasa. Salah satunya adalah Situ Cibeureum yang terletak di Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Pesona Wisata Alam di Tambun Timur Kabupaten Bekasi

Sepintas kawasan wisata alam Situ Cibeureum di Tambun Selatan ini terlihat seperti danau yang tenang dengan panorama alam yang eksotis di kala senja. Namun, dibalik keindahan alam yang dimiliki di tempat wisata yang berlokasi di kawasan perumahan Grand Wisata ini menyimpan kisah cerita legenda masyarakat yang menarik.

Namun, bukan kisah legendanya yang menarik perhatian Direktori Wisata Indonesia berkunjung ke Situ Cibeureum ini tapi sisi keindahan alam yang disajikan di setiap sisi sudut wilayah yang bisa dinikmati dari balik lensa kamera. Bahkan bagi para pecinta komunitas photographer, kawasan ini menjadi obyek photo yang sempurna untuk melakukan kegiatan hunting foto di alam terbuka yang menjanjikan pemandangan unik dan indah.

Dari informasi yang Direktori Wisata terima, beberapa komunitas remaja sering menjadikan kawasan ini sebagai tempat ajang santai dan bersilturahmi. Bahkan beberapa komunitas yang kami temukan di lokasi yang diprakarsai oleh pemuda-pemuda kreatif di sekitar Tambun, Bekasi sengaja singgah untuk mempromosikan kawasan ini untuk memperkenalkan obyek wisata alam di Kabupaten Bekasi yang satu ini ke dunia melalui aktivitas komunitas mereka di internet.

Lanjut……
Informasi yang Direktori Wisata Indonesia terima di lokasi, Situ Cibeureum merupakan danau yang terbentuk secara alami dan berada di atas tanah dengan kontur cekung. Bentuk tersebut menyebabkan survis retation yaitu keadaan dimana air tertahan di permukaan karena adanya lekukan. Lekukan tersebut terjadi akibat kikisan air hujan di atas tanah berkarakter liat namun menyerap sekaligus menahan air.

Mulanya luas Danau Cibeureum di kawasan Tambun Selatan ini mencapai 38 hektar. Dan menjadi salah satu penopang kehidupan masyarakat sekitar. Banyak warga menggantungkan hidup dengan mencari ikan atau kangkung di sekitar kawasan danau.

Selain itu Situ Cibeureum juga merupakan sumber irigasi pertanian warga. Memasuki tahun 1990, luas area Danau Cibeureum tersebut menyusut akibat pembangunan Perumahan Grand Wisata. Sekarang ini luas danau hanya tersisa 2 hektar.

Sedangkan untuk kedalaman danuanya sendiri menurut informasi yang Direktori Wisata Indoensia terima juga semakin berkurang. Hal ini menyebabkan Danau atau Situ Cibeureum terkadang terlihat kering kerontang saat kemarau panjang.

Di bagian tengah danau terdapat gundukan tanah kecil yang ditumbuhi rumput. Bagian tersebut juga ditumbuhi sebatang pohon sehingga tampak seperti pulau yang dikelilingi hamparan air tawar.

Meski luasnya semakin menyempit, Danau Cibeureum tetap menjadi salah satu lokasi pemancingan favorit bagi warga dan masyarakat sekitar. Di dalam danau memang banyak terdapat ikan air tawar seperti ikan mujair, ikan gabus, ikan tawes, ikan keting, dan sebagainya.

Salah satu daya tarik obyek wisata alam Situ Cibeureum di Kabupaten Bekasi tersebut banyak dikunjungi adalah pemandangannya yang indah dengan kisah legenda masyarakat Tambun-Bekasi tentang siluman buaya putih.

Baca juga : Wisata Heritage Saung Ranggon Kabupaten Bekasi

Konon, menurut cerita warga setempat kepada Direktori Wisata Indonesia, siluman tersebut menghuni kerajaan makhluk halus yang ada di dasar danau. Beberapa pekerja yang membangun perumahan di sekitar danau menuturkan bahwa mereka pernah melihat buaya putih. Bahkan, dari keterangan warga sekitar juga mengatakan hal serupa. Kisah-kisah inilah yang membuat banyak orang penasaran sehingga datang berkunjung.

Baca juga : Pesona Wisata Pantai Muara Beting Bekasi

Terlepas dari kebenaran dari kisah cerita legenda masyarakat Tambun di Kabupaten Bekasi tentang buaya putih yang ada di Situ Cibeureum. Kini tempat ini menjadi salah satu obyek wisata yang menarik dikunjungi di kawasan Tambun Selatan.

Tempat wisata alam di Tambun Bekasi Situs Cibereum Djuga telah dilengkapi berbagai fasilitas wisata seperti saung bambu sebagai tempat peristirahatan para pengunjung, warung makan dan kios souvenir, tempat parkir kendaraan, serta toilet umum.

Untuk menuju obyek wisata Situ Cibeureum sahabat Direktori Wisata bisa mengunjungi dengan kendaraan mobil atau motor. Bila kita akan menggunakan kendaraan umum, sahabat Direktori Wisata Indonesia bisa menggunakan angkot Koasi 39 dari Bekasi Trade Center dan turun di Jembatan Legenda. Dari sana kita dapat naik ojek untuk menuju obyek wisata Situ Cibeureum. Agar lebih jelasnya dapat lihat di dalam peta petunjuk.

Semoga informasi salah satu tempat wisata alam di Tambun Selatan Kabupaten Bekasi ini menjadi salah satu destinasi liburan akhir pekan yang dapat memberikan alternatif pilihan. Terutama bagi sahabat Direktori Wisata Indonesia yang ingin mencari nuansa liburan yang berbeda di kawasan sekitaran Tambun, Bekasi. Selamat liburan.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
  • stumbleupon
This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks :Ad Views :