Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Jawa Tengah / Pesona Wisata Pantai Menganti Kebumen

Pesona Wisata Pantai Menganti Kebumen

Surga Tersembunyi Di Balik Tebing Tinggi Pantai Kebumen Jawa Tengah

Direktori Wisata – Tempat wisata pantai Menganti terletak di Kabupaten Jawa Tengah yang memiliki pesona alam pantai dengan pasir putih dan juga kerang serta tebing yang menjulang tinggi.

Pantai Menganti Kebumen merupakan destnasi wisata yang memiliki julukan surga yang tersebunyi di balik perbukitan. Karena pantai ini memancarkan pesona alam yang mengindahkan mata. Di mana sinar mentari yang hadir di lokasi ini dapat mengahangatkan tubuh bagi siapa pun yang bersiap menyambut datangnya pagi di daerah pesisir pantai yang indah ini.

Pesona Wisata PantaiMenganti Kebumen

Tempat wisata Pantai Mengenti yang terletak di Desa Karang Duwur Kecamatan Ayah Kapubaten Kebumen Jawa Tengah dan berjarak +/- 35 km dari Kecamatan Gombong atau +/- 42 km dari Kota Kebumen.

Konon informasi yang Direktori Wisata terima , dahulu tempat wisata pantai di Kebumen ini hanya menjadi tempat mengadu nasib para nelayan lokal. Dengan kekayaan hasil laut yang melimpah ruah nama Menganti menjadi primadona kualitas hasil tangkapan laut yang tetap terjaga.

Berjalan menyusuri bibir pantai, dan membiarkan pandangan berlari sejauh mungkin hingga kita dapat merasakan suasana indahnya pantai Menganti Kebumen ini yang dapat menghipnotis bagi siapapun yang memandangnya.

Kita dapat melihat bentangan pantai yang maha luas dengan karang yang terhampar tegar membuat kita merasa takjub akan hasil karya lukisan Ilahi di setiap sisi rongga  pori alam selatan laut Pulau Jawa ini.

Dari kesederhanaan fasilitan yang ada di tempat wisata Pantai Menganti Kebumen, pantai ini menawarkan kemewahan dari pemandangan yang memukau. Debur ombak dengan bentangan pantai yang indah bisa kita lihat dari atas tebing tentunya akan menjadi pengalaman yang berkesan bagi setiap orang yang menyaksikannya.

Pesona Wisata Pantai Kebumen

Kini Menganti menjadi tempat surga wisata alam yang akan selalu di rindukan oleh para wisatawan yang pernah mengunjungi dan menikmati pesona wisata pantai di Kebumen baik lokal maupun mancanegara. Selain keindahan alamnya yang memikat, masyarakat di sekitar pantai  juga menjadi daya tarik tersendiri yang bisa kita nikmati.

Segala bentuk dan ragam kearifan lokal dan kesenia lokalnya yang masih kental dengan ciri khas tersendiri salah satunya adalah kesenian kuda lumping yang merupakan seni tari yang banyak di mainkan di Pulau Jawa. Kesenian tradisonal tersebut dapat kita temukan saat berlibur di kawasan Kebumen. Kesenian tradisional kuda lumping yang diiringi dengan alat musik gamelan para penari menari dengan begitu luwes diatas kuda tiruan menjadi suguhan pemandangan yang bisa kita peroleh di kawasan ini.

Baca juga : Wisata Pantai Watu Bale Desa Pasir Kebumen Jawa Tengah

Nuansa pantai nan eksotis tergambarkan di penghujung hari yang bisa kita nikmati di Pantai Manganti Kebumen ini yang disampaikan melalui senja yang menyampaikan salam perpisahan untuk segera kembali bagi kita yang menghabiskan waktu liburan untuk menikmati pesona wisata Pantai Menganti Kebumen yang menjadi sala satu destinasi wisata Jawa Tengah yang menarik dikunjungi.

Nah, bagi kita yang akan mengunjungi Kebumen kita bisa mengunjungi daerah ini dengan menggunakan jalan darat, dan bisa di tempuh dengan memakan waktu +/- 3 Jam dari Yogyakarta. Walau kedua kota ini letaknya berdekatan namun untuk dialek bahasanya yang digunakan sangat berbeda. Namun bila dari pusat Kota Kebumen tempat wisata Pantai Menganti dapat di tempuh sekitar +/- 1,5 jam perjalanan.

Untuk informasi tambahan, untuk dialek orang Kebumen menggunakan bahasa ngapak. Konon logat bahasa ngapak itu berasal dan aslnya Banyumasan, logatnya beda dan ini erat kaitannya dengan bahasa Jawa Kuno. Mereka menglafalkan kata sesuai dengan penulisannya dan sangat beda dengan bahasa Jawa dari daerah Jogja yang logat bahasanya banyak menggunakan “o”.

Namun bukan berati bila kita berlibur ke daerah Kebumen harus menggunakan bahasa ngapak lo ya…. Kita juga bisa menggunakan bahasa nasional ko, karena masyarakat di sana semuanya sudah mengerti bahasa nasinal Indonesia sebagai bahasa pengantar keseharian mereka di sana.

Sarana hotel dan penginapan terdekat dari tempat wisata Pantai Menganti Kebumen hanya bisa kita dapatkan di pusat Kota, yang tersebar di wilayah Kebumen. Sedangkan di dekat lokasinya belum ada penginapan, dan yang ada baru tempat untuk berteduh dan beristirahat saja.

Baca juga : Cara Mendapatkan Harga Kamar Penginapan Murah

Sedangkan untuk souvenir dan kuliner Kebumen memiliki keragaman hasil produk yang bisa kita beli dengan biaya yang relatif murah sebagai cendramata maupun oleh-oleh seperti kelanting, mendoan dan masih banyak lagi yang bisa kita temukan di Kebumen.

Pesona wisata Pantai Menganti Kebumen sebuah surga alam yang menjakjubkan di balik tebing tinggi yan menghadap ke laut lempas bentangan Samudra Hindia yang indah di Selatan Pulau Jawa. Selamat liburan di Kebumen.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

14 Comments

  1. mudiknya juga gak jadi Kang hikhikhik, wah saya malah baru tau kalo di Kebumen ada Tempat wisata Pantai yg indah sekali, klo mudik sering ngelewatin Kebumen, tapi kalau ke Pantai Menganti nya mah blm pernah kang …

    • la wong yg orang asal jawa tengah aja belum tau loh apalagi saya yg orang jawa timur coba?

      • Indra Kusuma Sejati berkata:

        Bukan belum tahu kali kang, karena masih banyak kawasan di tanah Jawa ini juga yang belum banyak treksplore a[alagi di kelola dengan baik. Padahal bila saja masing-masing daerah yang ada di Indonesia mampu mengelolanya dengan baik dan benar serta di dukung dengan masyarakatnya yang bisa memeliharanya bukan hanya memikirkan kantong, semata cukup lumayan negeri kita ini.

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      Nati bisa mapir kang kapan-kapan ke sana. Lumayan indah banget.

  2. eh ternyata kebumen juga memiliki pantai yg sangat indah ya kang.
    saya baru tau nih,maklum belum pernah kesana

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      Iya memang terkadang kita sungkan untuk ke Kota yang kecil ini, kalaupun ke sana hanya sekedar lewat. Ternyata di daerah Kebumen masih banyak surga yang tersembunyi di daerah tersebut.

      • peran pemerintah nih untuk turut serta mempopulerkan agar semakin banyak wisatawan yg hadir disana

        • Indra Kusuma Sejati berkata:

          Benar mas, namun peran masyarakat dan penduduk lokal juga sangat diperlukan untuk ikut melestarikan dan menjaga kawasan wisatanya terutama dengan membuat program yang positif untuk memajukan daerahnya untuk mendorong perekonomian daerahnya masing-masing.

  3. wah kayaknya pada kategori blog ini akan lebih bagus bila diisi kategori atas dasar provinsinya kang,biar lebih mudah nyari kategorinya,soalnya udah lengkap tuh posting seputar wisata di seluruh endonesa

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      Amin Kang, semoga bisa tercapai dan membantu sesuai dengan niat dan tujuan awal. pelan-pelan asal bisa memberikan informasi tambahan untuk memperkenalkan potensi wisata di Indonesia . Amiin…..

      • saya ikut mendoakan juga loh

        • Indra Kusuma Sejati berkata:

          Amiin……

  4. Maaf kang, itu kalimat yang terakhir, bukannya “Di sebelah selatan Pulau Jawa ” ya seharusnya..?bukan di sebelah utara..

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      Makasih atas koreksinya kang,

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :