Oh Snap!

Please turnoff your ad blocking mode for viewing your site content

Pesona Wisata Muslim Masjid 7 Kubah di Jember, Jawa Timur

Menilik Keindahan Masjid 7 Kubah di Jember, Jawa Timur

Direktori Wisata – Pesona bangunan masjid yang terbilang unik dan agung ini memiliki filosofi dan dan makna pengambaran yang mendalam yang membuat hati tentram menikmati salah satu detinasi wisata Jember.

Kabupaten Jember, Jawa Timur selalu ramai menjadi destinasi untuk mengaji dan juga itikaf di dalam Masjid. Bukan hanya itu, masjid  7 Kubah di Jember ini pun juga menjadi target sejumlah orang untuk menikmati keindahan bangunan arsitekturnya yang terbilang unik.

Pesona Masjid 7 Kubah Kabupaten Jember, Jawa Timur

Masjid ini berjuluk sesuai bentuk bangunannya, Masjid Jami Al Baitul Amin  atau yang dikenal dengan nama Masjid 7 Kubah yang menjadi rumah ibadah dan kebanggan umat Muslim Jember, Jawa Timur.

Konon informasi yang Direktori Wisata Indonesia terima, masjid 7 Kubah di Jember ini merupakan peninggalan era Kolonial Belanda yang masih berdiri kokoh hingga kini yang bersanding dengan alun alun di pusat Kota Kabupaten Jember.

Masjid Jami Al baitul Amin menurut informasi yang Direktpri Wisata Indonesia terima dari pengurus setempat, masjid 7 Kubah di Jember ini di bangun pada awal abd ke-19 dan sudah kali di renovasi yakni pada tahun 1939 dan pada tahun 1973.

Bila sahabat Direktori Wisata menelisik bangunan masjidnya, maka kita akan melihat gaya arsitekturnya yang unik dan berbeda dengan gaya bangunan masjid yang lainnya yang berfungsi sebagai atap dan juga berfungsi sebagai atap utama.

Masjid 7 kubah hasil rancangan seorang arsitektur non muslim yng bernama Yaying Kasir yang merupakan sarjana lulusan California Amerika Serikat. Bila sahabat Direktori Wisata perhatikan di masjid ini terdapat 7 kubah raksasa dan gaya bangunan masjidnya mengadopsi gaya bangunan masjid yang ada di Timur Tengah.

Lanjut informasi…
7 Kubah raksasa masjid menjdi ornamen utama dengan sejumlah fungsi dan makna yang terkandung di dalamnya. Konon filosofi dari 7 kubah Masjid Jember tersebut memiliki makna jumlah hari ketika Alloh menciptakan semesta, juga melambangkan jumlah tingkatan langit. Melengkapi jumlah 7 kubahnya, menjulang juga dua menara yang jumlahnya juga merupakan 9 panutan dalam Islam

Bila kita masuk ke dalam area dalam masjid, maka sahabat Direktori Wisata Indonesia akan menyaksikan 17 tiang penyanggah yang menopang kumbah. Konon informasi yang Direktori Wisata Indonesia dapatkan jumlah ini merupakan simbol jumlah banyaknya rakaat di 5 waktu di setiap harinya.

Sedangkan bila kita perhatikan pada langit-langit kubah di dalam masjid tertoreh ayat ayat Al Qur’an yang berisikan tentang rukun Islam yaitu syahadat, sholat, puasa, zakat dan haji.

Bila sahabat Direktori Wisata Indonesia perhatikan dengan sesakma, di dalam masjid kita akan menemukan kaya akan desain Islami pada masjid yang juga terukir unsur unsur tradisi. Salah satunya dapat kita saksikan pada mimbar utama yang terdapat di dalam masjid.

Pada mimbar utama masjid terlihat berupa pahatan bermotif berlembar lembar daun dan pohon tembakau yang merupakan tanaman yang menjadi maskot kawasan Jember.

Arsitektur bangunan masjid 7 kubah Jember ini nampak terlihat jelas gaya arsitekturnya yang merupakan perpaduan tradisi, aritektur Islam dan arsitektur ke daerahan.

Konon karena bangunan masjidnya yang terbilang unik dan eksotis masjid ini sempat menyandang gelar sebagai salah satu masjid istimewah di kawasan Asia Tenggara yang juga merupakan bagian dari destinasi liburan yang merupakan salah satu pesona wisata Indonesia yang unik dan indah yang dapat kalian kunjungi saat akhir pekan dan hari hari libur santai lainnya.

Bila kita menelisik lebih jauh khasanah Islam Nusantara di Pulau Jawa ini, maka kita akan benyak menemukan keunikan keragaman bentuk tradisi dan budaya yang memberikan warna kehiduapan bagi masyarakat lokal Indonesia yang akan akan tradisi yang tergambarkan melalui seni bangunan seni gaya arsitektur masjidnya,

Kunjungi juga 10 Tempat Wisata di Masjid Menara Kudus dan Sekitarnya yang dapat mengajak kalian melihat sisi keindahan dan kebesaran arti tolerasi umat beragama.

Majid 7 Kubah Jember ini juga merupakan pusat kegiatan rohani, salah satunya tempat belajar Al Qur’an anak anak usia sekolah dasar. Apalagi pada saat bulan puasa Ramadhan. Bagi shabat Direktori Wisata Indonesia yang berkunjung ke Jember,Jawa Timur dapat mampir melihat dan mengenal lebih dekat masjid 7 Kubah yang terkenal di Jember yang satu ini. Cara mudah ko, kalian tinggal ke arah alun alun Kota Jember dan lokasinya tidak jauh dari sana.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
  • stumbleupon
This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks :Ad Views :