Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Jawa Timur / Malang / Pesona Wisata Museum Tempo Doeloe Malang

Pesona Wisata Museum Tempo Doeloe Malang

Menelisik Tempat Wisata Heritage Kota Malang di Museum Tempo Doeloe Malang

Direktori Wisata – Mengenal sejarah Kota malang tempo dulu dari sebuah Museum Tempo Doeloe di Kota Malang dari beragam koleksi jaman Kerajaan Majapahit hingga jaman kemerdekaan.

Tempat wisata Malang kian berkembang pesat, dan bila kita mengisi liburan di Kota Malang maka kita akan menemukan tempat wisata heritage yang baru saja dibangun yaitu Museum Tempo Doeloe. Di tempat wisata heritage Malang ini kita bisa bisa menikmati berbagai benda seni masa lalu yang menjadi saksi bisu terbentuknya Kota Malang.

Museum Tempo Doeloe Malang

Kota Malang yang terletak di ketinggian 400 – 600 mdl memeiliki sejarah panjang dengan beragam bentuk kisah dan cerita, mulai dari sistem pemerintahan hingga terbentuk menjadi sebuah kota di tahun 1914 sejarah panjang perjalanan terentuknya Kota malang ini bisa kita temukan di tempat wisata heritage Musum Tempo Doeloe yang terletak di jl. Gajah Mada, Kota Malang, Jawa Timur.

Memasuki obyek wisata heritage Museum Tempo Doeloe kita kan menyaksikan keloksi aneka benda purbakala hingga blue print tata wilayah kota semasa jaman kolonial Belanda bisa kitemukan dalam ruang pamer di museum ini. Di awal bagian museum kita bisa menemukan aneka peralatan permainan tradisional yang biasa ditemukan di masa Kerajaan Majapahit seperti tembikar, peralatan seni pukul tradisional, aneka gerabah, hingga alat pemecah jagung.

Museum Tempo Doeloe Malang

Selesai kita menikmati koleksi benda di ruangan yang dapat membawa kita pada jaman prasejarah, kita akan menemukan  tempat koleksi benda-benda yang akan mengajak kita untuk mengenal jauh Kota Malang dari sudut gambaran lainnya dari koleksi beberapa dokumen serta kotak penggambaran bagian dokumen yang berasal dari tulisan tangan dengan gambar blue prin yang berasal dari tulisan tanganyang saat ini menjadi Kabupaten Malang.

Mengisi liburan di tempat wisata heritage Museum Tempo Doeloe di kota Malang ini pengetahuan kita akan bertambah dengan menyaksikan koleksi ratusan foto-foto Malang tempo dulu dari jaman kolonial, serta puluhan koleksi foto-foto walikota pertama hingga saat ini.

Setelah Kota malang terbentuk, di area in kita bisa menyaksikan koleksi dokumen-dokumen koran, jeruji besi, radio, dan peralatan komunikasi di era penjajahan Jepang mulai tahun 1943.  Selanjutnya di masa kemerdekaan sejumah peralatan serdadu perang dipajang di langit-langit museum, mulai dari pakaian, celana, ikat pinggang, topi baja, hingga sepeda angin.

Banyak koleksi sejarah yang dapat kita temukan di tempat wisata heritage Museum Tempo Doeloe Malang ini, menjadikan museum ini banyak di datangi oleh para wisatawan lokal maupun mancangera untuk belajar mengetahui lebh jauh koleksi-koleksi benda bersejarah yang bisa mereka temukan untuk menambah literatur pengetahuan mereka. teruma bagi wisatawan asal Belanda yang banyak hadir di museum ini untuk melihat Kota kecil yang dibangun oleh nenek moyang mereka tempo dulu.

Pada akhir kunjungan, kita akan diajak mengenal kembali permainan tradisional yang dipamerkan di sana seperti bola bekel, layang-layang, hingga congklak. Nilai koleksi benda yang terdapat di Museum Tempo Doeloe di Malang ini tidak sedikit, bahkan nilai dari barang-barang koleksi yang ada di museum tididak terhingga.

Untuk tiket masuk Museum Tempo Doeloe di bandrol dengan harga Rp. 10.000,- / orang untuk pelajar sedangkan untuk pengunjung biasa dikenakan biaya Rp. 15.000,- / orang. sedangakn untuk jam operasional museum di buka mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB

Cara menuju ke Museum Tempo Doeloe Malang sangatlah mudah, kita bisa baik kendaraan pribadi mupun kendaraan umu Kota Malang dengn menggunakan bus dari terminal Arjasari. Bila kita dari luar kota Malang kita dapat menggunakan jalur akses udara melalui Bandar Udara Abdur Rachman Saleh Malang atau melalui jalur darat dengan menggunakan kendaraan mobil, motor aau bus dan kereta api yang melalui Stasiun Kereta Api Malang yang lokasi tidak jauh dari Museum Tempo Doeloe Kota malang.

Menikmati pesona wisata heritage Museum Tempo Doeloe Malang kita bukan hanya dapat menambah wawasan sejarah tentang sejarah berdirinya Kota Malang. dan untuk berlibur di Kota ini kita bisa menikmati keindahan sisi lain Malang dengan bergama destinasi yang berbeda, dengan aneka kuliner Malang hingga tempat penginapan yang mudah di dapatkan di Kota Malang ini sendiri, Selamat liburan di Kota Malang.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :