Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Heritage / Pesona Wisata Masjid Laweyan Solo

Pesona Wisata Masjid Laweyan Solo

Pesona Wisata Masjid Laweyan Solo Yang Bersejarah

Direktori Wisata.- Masjid Laweyan Solo dulunya merupakan pura milik seorang yang beragama Hindu. Berlokasi di Desa Pajang Kampung Belukan Rt: 04/04, Kelurahan Pajang, Kecamatan Laweyan, Kota Solo, Jawa Tengah.
Masjid Laweyan Solo
Dari informasi yang Direktori Wisata temukan di lokasi, Masjid Laweyan Solo didirikan pada tahun 1546 pada saat Jaka Tingkir berkuasa di Kerajaan Pajang, dan ini merupakan masjid pertama di wilayah Kerajaan Pajang dan juga sebagai salah satu situs cagar budaya yang menjadi penanda berdirinya Kota Solo, Jawa Tengah.

[the_ad id=”13728″]

Masjid Laweyan Solo sudah melalui empat masa kerajaan yaitu Kerajaan Pajang, Kerajaan Mataram Islam, Kerajaan Kartasuro, dan Kerajaan Kasunanan Surakarta Hadiningrat.Pengaruh Hindu – Jawa sangat kental melekat dalam desain seni arsitektur masjid hasil akulturasi dari pura yang di miliki oleh Ki Ageng Belukan atau Ki Ageng Beluk ini setelah beliau masuk Islam.
masjid-laweyan-solo
Dari penataan ruang dan sisa ornamen yang terdapat pada Masjid Laweyan Solo yang beradad di atas bahu jalan Desa Panjang ini terlihat jelas, bahwa bangunan masjid merupakan salah satu ciri dari pura Hindu. Bila kita mendakati dan perhatikan dengan teliti, pintu pada masjid ini berdaun ganda, dan ada 5 buah pintu yang menghubungkan serambi dengan ruang utama.

Ukuran pintu Masjid Laweyan Solo yang ada pun beragam bentuk mulai 100, 103, 123 dan 200 cm. Seperti halnya pintu, jendela-jendela pada masjid ini yang berdaun ganda dan berjumlah 5 buah yang ukurannya beragam ada 100, 137, dan 177 cm.

Bila kita perhatikan lebih lanjut, Masjid Laweyan Solo ini memiliki ventilasi yang berbentuk kisi-kisi bulatan, yaitu yang berada di atas pintu dan di dinding-dingding, serambi ke pawestren dan serambi keluar dan semuanya berjumlah 10 buah. Sedangkan ruangan masjid yang ada terbagi 3, yaitu ruang utama, serambi kanan (pawestren dan kantor TPA) dan serambi depan.

Masjid Laweyan Solo juga memiliki ciri arsitektur Jawa, hal ini dapat kita temukan pada bentuk atap masjid. Bentuk atapnya pun menggunakan tajuk bersusun. Dinding masjid yang terbuat dari susunan batu bata dan semen. Dan infromasi yang kami dapatkan, bahwa pengunaan batu bata sebagai bahan pembuatan dinding masjid ini baru digunakan masyarkat sekitar tahun 1800.
masjid-lweyan-solo
Tiang utama Masjid Laweyan Solo ini terbuat dari kayu jati yang berbentuk segi empat dengan keliling setiap tiangnya adalah 75 cm, dan tidak memiliki motif hias. Jumlah tiang masjid ini ada 4 (empat) buah dan berada di ruang utama dan 8 buah di ruang serambi.

[the_ad id=”13728″]

Baca juga : 10 Destinasi Wisata Jawa Tengah Yang menarik Saat Liburan

Sedangkan untuk mimbar Masjid Laweyan Solo terbuat dari kayu dan dipenuhi ukiran-ukiran ang bermotif floral yang di cat dan berwarna hijau dan coklat keemasan, berbentuk persegi empat panjang dan diatasnya dibuat setengah lingkaran. Untuk mihrabnya sendiri tidak menjorok keluar dari masjid, namun lokasi tetap berada di dalam ruang utama masjid.
tempat- wudhu-masjid-laweyan-solo
Masjid Laweyan Solo memiliki dua halaman yaitu halaman depan, dan halaman kiri yang menghubungkan tempat wudhu da ruang penyimpanan barang-barang milik masjid. Setelah selesai menelusiri lokasi masjid sambil melaksanakan ritual ibadah, kita dapat mengunjungi sebuah situs yang menjadi tempat wisata ziarah di Makam Kyai Ageng Henis yang lokasi berada di sebelah kiri dari Masjid Laweyan Solo.

Untuk menuju lokasi Masjid Laweyan, Solo dapat lihat di dalam peta.

[arve url=”https://www.google.com/maps/embed?pb=!1m14!1m8!1m3!1d3955.188843860454!2d110.789734!3d-7.554376999999999!3m2!1i1024!2i768!4f13.1!3m3!1m2!1s0x2e7a143c0001b5b1%3A0x5254a927dff26ac2!2sMasjid+Laweyan!5e0!3m2!1sid!2sid!4v1423926501825″ mode=”normal” align=”center” promote_link=”yes” /]

Pesona Wisata Masjid Laweyan Solo yang menghiasi kawasan kerajinan batik di daerah Laweyan ini bukan hanya memiliki sebuah nilai seni keindahan dalam disain arsitekturnya. Namun, lebih dari itu masjid yang menjadi rumah ibadah bagi umat Islam khususnyaย  warga masyarakat setempat ini dapat menjadi destinasi wisata edukasi penggalian ilmu agama yang dapat menyinari hati dan memberikan kesejukan bagi setiap pengunjung yang berkunjung di lokasi tempat wisata batik Laweyan Solo.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

32 Comments

  1. Suasana masjidnya hijau-hijau. Kayaknya tempat wudhunya ini di dalam ruangan yah

    • Tempat wudhu di masjid laweyan Solo tepatnya di halaman samping, namun ruangannya agak menjorok ke dalam mas. Adem banget kalau ke masjid ini. ๐Ÿ˜€

  2. Selama ini kalau ke Laweyan, mata hati hanya tertuju pada wisata batik, ternyata masjid Laweyan juga dokumentasi akulturasi sendi Hindu dan Jawa pada bangunan ibadah.
    Salam

    • Benar Mba, karena posisi masjidnya ada di lokasi belakang, jadi kalau hanya muter-muer di depan Laweyan tidak terlihat, ini saja pas blusukan ke sana baru bisa nemu. ๐Ÿ˜€

  3. Adem banget ya liatnya, MashaAllah……

    • Iya Mba Nova, masjidnya adem

  4. masjidnya bener-bener indah dan mempesona nih..

    • Apalagi kalau kita masuk di dalam masjid ini Mas, hm,,,,, adem deh. ๐Ÿ˜€

      • Valentino Febrian Saputra | Official Website berkata:

        Lagi bayangin masuk kesana mas,, betapa indahnya

        • Adem banget mas, apalagi kalau bis menyempatkan diri sholat atau tafakur di dalam masjid Laweyan ini, ademnya di sini mas…. ๐Ÿ˜€

        • semoga suatu saat nanti saya bisa melakukannya disana mas

  5. Valentino Febrian Saputra | Official Website berkata:

    Masjidnya keren mas, suasananya juga indah warna hijau yang sangat menarik membuat masjid ini sangat disukai. Sangat bersih lagi..

    • Kalau kita masuk dalam masjid Laweyan ini, berasa betah mas, karena bersih sekali. Asal buat ibadah saja masjid ini ya…. ๐Ÿ˜€

  6. jadi hari ini dan seminggu kedepan akang akan berada di Solo ya kang, terbukti dengan artikel yang membahas tentang Masjid Laweyan yang luar biasa klasik

    • Kebetulan saja Kang labi main di daerah Solo dan sekitarnya, jadi mampir ke lokasi Laweyan sambil lihat-lihat dan ketemu sama obyek masjid yang indah dan unik ini. ๐Ÿ˜€

  7. mantap infonya,,,ane juga pernah tinggal disolo gan 3 tahun lho hihih pamer

    • Tinggal di Solo 3 tahun ya Kang ? Pasti sudah main ke masjid Laweyan ini dong ya ? ๐Ÿ˜€

  8. Waktu ke Solo nggak kesini ๐Ÿ™

    • saya malah belum pernah kesolo

      • Kalau ada waktu bisa mampir ke Solo bisa main di Laweyan, tapi nanti blusukan agak ke dalam dan ketemu deh masjid Laweyan ini Kang. ๐Ÿ˜€

  9. Desi Isna Hernayanti berkata:

    masjidnya unik ya sob, serba hijau

    • Dari bentuk dan perjalanan sejarahanya saja bangunan masjid Laweyan ini sudah unik ya Mba, apalagi kalau di telusuri lebih jauh lagi mungkin saja akan mendapatakn informasi yang lebih menarik di sana ….. ๐Ÿ˜€

  10. mesjidnya mewah tapi untuk sebuah mesjid besar perlu perombakan terutama pada atap supaya dibuat berkubah besar, tapi jika dirobah nilai sejarahnya berkurang ya mas..

    • Tidak semua masjid itu memiliki kubah ko Mba, namun yang terpenting tetap terjaga kesucian rumah ibadahnya, bahkan nilai sejarahnya yang menjadikan salah satu daya tarik masjid laeyan Solo ini. ๐Ÿ˜€

  11. wow…mesjid laweyan ini termasuk mesjid kuno yamas melihat usianya yg lebih dari 450 tahun.
    sungguh wisata sejarah yg patut dikunjungi

    • Benar Kang, masjid laweyan termasuk salah satu masjid tertua dan bersejarah yang ada di Pulau Jawa ini.

  12. wah nampak dari model masjidnya kalau itu model zaman dulu ya pak, semoga saya bisa kesolo dan jalan jalan disana ya kang

    • Silahkan langsung saja mampir Kang ke lokasi masjid laweyan solo ini bila ada waktu dan kesempatan nanti berkunjung ke Solo ya…. ๐Ÿ˜€

  13. Penelusuran Artikel berkata:

    rasanya adem bener kalau berada didalam masjidnya ya mas,

    • Bukan hanya adem kang, tapi bisa membuat hati tentram bila di bawa ibadah juga di masjid laweyan ini. ๐Ÿ˜€

  14. Umur bangunannya udah tua, tapi masih keliat kokoh ya mas

    • Benar mas Pur, bahkan bila terawat terus bangunan masjid ini akan selalu bersih, karena hingga saat ini masih digunakan sebagai aktifitas ibadah oleh masyarakat setempat dan juga para perziarah yang berkunjung di masjid ini. ๐Ÿ˜€

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate ยป
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :