Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Jogjakarta / Pesona Wisata Kulon Progo Yogyakarta Yang Eksotis

Pesona Wisata Kulon Progo Yogyakarta Yang Eksotis

Menelisik Keindahan Kota Kecil Kulon Progo Yogyakarta

Direktori Wisata – Kulon Progo merupakan kota kecil yang kaya dan makmur dengan beragam destinasi wisata menarik dikunjungi saat liburan di Yogyakarta.

Pesona Kulon Progo Yogyakarta

Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta dikenal dengan sebutan lainnya The Jewel of Java, dimana kota ini merupakan tempat yang dihuni kurang lebih 407 jiwa jumlah penduduknya.

Pesona alamnya yang indah dengan dihuni penduduk yang ramah menjadikan kawasan ini menjadi tempat yang nyaman dan betah untuk di sambangi sebagai tempat liburan yang mengasyikan di daerah Yogyakarta.

Walaupun kawasan ini terletak di perbukitan menoreh, namun posisi inilah yang menjadikan Kabupaten Kulon Progo ini menjadi terlihat hijau dan subur. Jangan heran bila sahabat Direktori Wisata Indonesia mendengar kawasan ini mendapat julukan lahan subur bagi siapa saja yang membuang tanaman di kawasan ini dapat hidup dengan subur. Dan hal ini bisa kita saksikan di sekeliling kawasan ini.

Salah satu obyek wisata dikawasan perbukitan menoreh yang cukup dikenal di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara yaitu kawasan wisata Ngelinggo. Lokasi tersebut dekat dengan obyek wisata Puncak Suroloyo, dan dapat mengajak para pengunjungnya menikmati keindahan alam dari ketingggian bagai negeri di atas awan.

Puncak Ngelinggo Kulon Progo Yogyakarta

Kawasan Puncak Suroloyo ini bukan hanya dikenal memiliki lahan dengan tanah yang subur hasil tanamnya yang berlimpah, namun bentang alamnya juga yang terlihat luar biasa indahnya.

Informasi yang Direktori Wisata Indonesia terima, puncak Ngelinggo ini menjadi puncak tertinggi di perbukitan menoreh. Dimana tempat yang tinggi di lokasi destinasi wisata Kulon Progo di sini menjadi sejuk. Suasana dan suhu udara inilah yang membuat tanaman teh yang cocok ditanam di kawasan ini. Konon, disinilah perkebunan teh satu-satunya yang ada di Yogyakarta.

Lanjut informasi….
Sejak tahun 1989 Desa Ngelinggo dijadikan tempat percobaan perkebunan teh. Dan untuk jenis teh yang di tanam di lokasi ini adalah jenis teh hijau lan hitam. Teh hijau inilah yang menjadi salah satu andalan lahan mata pencarian bagi masyarakat.

Namun, petani teh di lokasi tidak semakmur petani teh di tempat lainnya. Hal ini dikarenakan harga teh  Ngelinggo yang tergolong rendah yang menyebabkan para petani mengganti tanaman kebun teh mereka menjadi tanaman tumbuhan tumpang sari lainnya.

Menelisik kawasan destinasi wisata Kulon Progo di Desa ngelinggo lainnya kita akan menemukan sebuah kawasan destinasi yang menawarkan petualangan jelajah wisata dengan konsep dengan menggendari kendaraan Jeep Off Road.

Jalur Off Road kulon Progo Yogyakarta

Berada di daerah perbukitan membuat medan yang ada di Desa Ngelinggo ini menjadi salah satu jalur off Road primadona di Yogyakarta. Dimana kita akan diajak berpetualang dengan masuki hutan dan melewati jalur yang terjal.

Selain dapat memacu adrenalin kita juga disuguhkan pemandangan vegitasi tanaman yang sangat lengkap di sepanjang perjalanan. Dimana berbagai macam pepohonan hutan hujan sampaihijau makanan untuk ternak yang berlimpah.

Puas menikmati perjalanan jelajah petualangan dengan off road kita bisa mencoba menyambangi kawasan destinasi wisata Waduk Sermo yang menjadi salatu destinasi wisata andalan di Kulon Progo.

Waduk Sermo Kulon Progo Yogyakarta

Kawasan destinasi wisata waduk Sermo di Kulon Progo ini tidak hanya cocok dijadikan tempat wisata saja, namun waduk ini juga termasuk salah satu sumber kehidupan masyarakat Kulon Progo. Konon informasi yang Direktori Wisata dapatkan di lokasi, air di waduk ini dibendung dari Sungai Ngeracah tahun 1994 dengan luas 157 ha. Dan waduk ini bisa menampung 25 juta kubik air.

Air yang berlimpah membuat masyarakat tidak terlalu pusing akan ketersedian air bersih untuk memenuhi kehidupan sehari-harinya. Di mana kualitas air yang baik tentu saja akan terbebas dari berbagai macam material endapan yang membuat waduk Sirmo Kulon Progo ini menjadi sumber air minumnya masyarakat se Kulon Progo.  Sebagai tambahan informasi, waduk ini juga menjadi waduk terbaik se Indonesia.

Bagi sahabat Direktori Wisata Indonesia yang akan melihat keindahan waduk Sermo dari puncak ketinggian, kita bisa melihatya dari tempat wisata Kulon Progo yang ada di Kalibiru. Informasi untuk para sahabat Direktori Wisata, Kalibiru merupakan tempat favorit untuk bermain saat liburan di Waduk Sermo bagi masayarakat lokal dan juga wisatawan mancanegara.

Kalibiru Kulon Progo Yogyakarta

Kawasan wisata Kalibiru Kulon Progo tidak hanya dikenal wisatawan lokal saja yang datang saja ke tempat ininamun orang-orang yang datang dari daerah lain pun juga banyak yang datang untuk menikmati keindahan alamnya atau sekedar buat berfoto-foto.

Informasi yang Direktori Wisata Indonesia dapatkan, obyek wisata Kalibiru ini sudah dikenal sejak tahun 2013 lalu yang keberadaannya kini telah banyak menjanjikan bagi perkembangan dunia pariwisata daerah Kulon Progo.Selain itu sahabat Direktori Wisata dapat menikmati destinasi wisata alam lainnya yang berada di Kedung Pedut Kulon Progo.

Baca juga : Pesona Wisata Malam Bukit Bintang Gunung Kidul Yogyakarta

Menikmati pesona wisata Kulon Progo Yogyakarta membuat diri kita tambah bersyukur mengunjungi Kota kecil yang kaya dan makmur yang menjadi sebuah tempat bernaungnya semua umat manusia yang selalu menjunjung tinggi warisan leluhurnya dengan sebagian kekayaan yang Tuhan titipkan di negeri Indonesia tercinta ini.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :