Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Banten / Anyer / Pesona Wisata Heritage di Mercusuar Pantai Anyer

Pesona Wisata Heritage di Mercusuar Pantai Anyer

Intip Keindahan Wisata Heritage di  Pantai Anyer Banten

Direktori Wisata – Tempat wisata heritage dengan perpaduan keindahan alam di Menara Mercusuar Anyer Banten nan eksotis.

Pesona keindahan alam pantai Indonesia tidak akan habis untuk kita nikmati, Balutan pasir putih dan hamparan birunya lautan mampu memanjakan mata bagi para wisatawan yang mengunjungi tempat wisata alam pantai di Indonesia. Dan tidaklah heran bila berbagai ragam pilihan wisata pntai yang terdapat di Indonesia bisa kita pilih sebagai salah satu destinasi wisata dan liburan, saperti halnya yang terdapat di Pantai Anyer Banten.

Pesona Wisata Heritage di Mercusuar Pantai Anyer

Pantai Anyer merupakan salah satau potensi wisata di Kecamatan Anyer, Kebupaten Serang Provnsi Banten. Lokasinya yang berjarak sekitar 160 km dengan jarak tempuh yang akan memakan waktu +/- 3 jam melalui perjalanan darat dengan menggunakan kendaraan bermotor. Letaknya yang tidak jauh dari Jakarta membuat Anyer mejadi pilihan tempat liburan akhir pekan bersama keluarga.

Anyer tidak hanya memiliki pesona keindahan pantainya. Namun lokasi Anyer juga memiliki sebuah catatan sejarah yang panjang. Dan di lokasi wisata Anyer ini kita bisa menemukan tempat wisata heritage yang menjadi saksi bisu sejarah perjalanan bangsa Indonesia yang terletak di jalur itik nol bekas pembangunan jalan raya Anyer – Panarukan yang berdiri sebuah menara mecusuar setinggi 75,5 meter.

Konon informasi yang Direktori Wisata terima, di lokasi ini dulunya pada masa Kolonial Belanda pernah diusulkan sebagai jalur Anyer (Banten) hingga Panarukan (Jawa Timur) yang diprakarsai oleh Jendral Daendels pada tahun 1809 – 1810. Tujuan dari pembangunan jalan Anyer – Panarukan oleh Kolonial Belanda pada masa tersebut untuk menangkal serangan Inggris yang akan merebut tanah Jawa.

Menara Mercusuar yang sempat dibangun kembali akibat letusan Gunung Krakatau ini menjadi salah satu obyek wisata heritage Banten yang ramai dikunjungi di kawasan Pantai Anyer Serang pada akhir minggu maupun liburan panjang. Kita tidak hanya dapat menikmati keindahan bangunan dan pemandangan disekitar, namun di lokasi ini kita juga dapat menikmati berbagai sejarah dari informasi yang terdapat di dalam menara mercusuar tersebut.

Lanjut informasi,,,,,,,,
Di sisi lain yang letaknya tidak jauh dari menara mercusuar, kita dapat menjumpai tugu nol kilo meter yang akan menginngatkan kita pada masa kelam pada masa penajajahan kolonial Belanda tempao dulu. Karena belasan ribuan orang-orang Indonesia telah menjadi kekejaman Kolonial Belanda pada saat membangun jalan Anyer – Panarukan yang panjangnya hingga ribuan kilo meter.

Pesona Wisata Heritage di Mercusuar Pantai Anyer

Mercesuar yang biasa disebut warga lokal dengan sebuatan menara Cikoneng dibangun pada tahun 1885. Mercusuar yang menjadi hadian dari  Raja Belanda Z. M Willem III sebagai pengganti mercusuar lama yang hacur akibat letusan Gunung Krakatau pada tahun 1883 silam.

Selain menjadi tempat wisata heritage di Pantai Anyer Banten, menara mercusuar yang memiliki ketinggian 18 tingkat ini terbuat dari bahan baja yang memiliki ketebalan 2,5 cm dan usianya sudah lebih 170 tahun yang informasinya kita bisa lihat dan temukan melalui prasati yang tertampel di akaki mercusuar. Hingga sekarang masih berfungsi pemandu kapal-kapal yang lalu-lalang di malam hari yang melintas di perairan laut.

Pesona Wisata Pantai Anyer

Pesona keindahan wisata alam pantai Anyer Banten pun dapat kita nikmati dari puncak menara mercusuar. Dari puncak ketinggian mercusuar kita akan dapat melihat dermaga serta beragam sarana dan fasilitas lainnya yang berada di kawasan mercusuar pantai Anyer ini.

Perpaduan sejarah dan keindahan alam dengan menikmat pesona wisata heritage di Mercusuar Pantai Anyer Banten ini dapat menjadi salah satu destinasi wisata liburan yang mengasikan bagi kita bersama keluarga dan kerabat di akhir minggu maupun liburan panjang akhir tahun di Anyer.

Baca : Pesona Wisata Pantai Karang Bolong Anyer

Untuk mencapai tempat wisata heritage Menara Mercusuar Pantai Anyer ini sangatlah mudah kita bisa mengikuti jalur jalan yang terdapat di dalam peta di bawah ini.

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

2 Comments

  1. Tempat wisata yang sangat bagus untuk dikunjungi ya mas. Selain bisa berlibur dan berwisata disana, kita juga bisa menambah ilmu mengenai sejarah Indonesia pada masa penjajahan Belanda dulu.

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :