Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Jawa Tengah / Kebumen / Pesona Wisata Goa Jatijajar Kebumen

Pesona Wisata Goa Jatijajar Kebumen

Menelisik Keindahan Goa Jatijajar Kebumen, Jawa Tengah

Direktori Wisata – Tempat wisata alam Goa Jatijajar yang terletak di Desa Jatijajar, Kecamatan Aya, Kabupaten Kebumen Jawa Tengah.

Tempat wisata alam Goa Jatijajar letaknya tidak jauh dari Banyumas atau letaknya berada di Kabupaten Kebumen. Menyusuri kawasan wisata alam Goa Jatijajar ini kita akan mendapatkan sebuah patung yang menyerupai dinosaurus yang menjadi ikon Goa Jatijajar. Dari mulut dinosaurs kita dapat melihat air yang megalir dari beberapa sendang yang berasal dari sendang yang berasal dari dalam goa.

Goa Jatijajar Kebumen

Obyek wisata Goa Jatijajar ini juga berdekatan dengan Kota Gombong, pusatnya di Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Menurut informasi Goa Jatijajar di temukan pertama kalinya oleh Ki Jayamenawi, dan pada saat ditemukan lubang goa  terdapat dua buah pohon jati yang tumbuh besar sejajar di pintu masuk goa, maka tercetuslah nama goa ini menjadi Goa Jatijajar.

Lanjut informasi……
Dan ketika pada tahun 1812 dibuka untuk umum pada masa penjajahan Belanda, goa  yang panjangnya +/- 2. 500 km ini dijadikan tempat wisata alam. Sedangkan pada masa penjajahan Jepang Goa yang rata-rata tingginya +/- 12 meter dengan lebar rata-rata +/- 12 meter ini diberdayakan sebagai penambangan batu batu kapur. Dan ketika sebelum dikembangkan menjadi obyek wisata tepat pada tahun 1975, Goa yang memiliki sendang yang berada di dalamnya ini kerap digunakan sebagai tempat pertapaan atau ritual lainnya.

Goa Jatijajar

Seperti pada umumnya obyek wisata yang ada di Indonesia, Goa Jatijajar Kebumen juga memiliki kisah yang terkandung di dalamnya, yaitu legenda Raden Kamandaka atau Lutung Kasarung yang bersemedi di tempat goa ini. Dan kisah ceritanya divisualisasikan melalui 32 patung yang dibagi menjadi 8 diorama yang menyebar di dalam area Goa Jatijajar.

Lanjut…..
DI dalam obyek wisata alam Goa Jatijajar lainnya kita akan dapat menikmati hasil dari proses alam berupa stalaktit dan stalakmit yang terus tumbuh dengan ditandai dengan adanya tetesan-tetean air yang terlihat nampak indah sekali di pandang oleh mata. Dan kita dapat menyaksikan keragaman keindahan di dalam Goa Jatijajar ini bila menyeusuri setiap sudut sisi goa yang bisa dijangkau dengan petunjuk-petunjuk arah yang telah dibuat oleh pengelola yang mudah kita temukan di dalam Goa.

diorama-goa-jatijajar.jpg

Banyak ke istimewahan yang ditawarkan di tempat wisata alam Goa Jatijajar Kebumen ini bagi setiap pengunjungnya yang hadir di lokasi sepertinya adanya sendang-sendang yang dikeramatkan yaitu sendang yang berama pusar bumi yang biasa digunakan anekan macam bentuk ritual.

Setelah kita menyusuri sendang yang pertama di dalam Goaa Jatijajar, kitapun bisa melanjutkan untuk menyelusuri sendang yang kedua yaitu sendang yang bernama sendang Jombor yaiu sendang sebuah sendang yang seperti telaga yang luas. Dan untuk sendang berikutnya adalah sendang mawar.

Sendang Mawar Goa Jatijajar

Konon di sendang mawar ini banyak orang yang percaya bila membasuh muka dengan menggunakan air dari sendang tersebut maka bisa membuat awet muda. Tidak sedikit orang yang yakin dengan kisah ini, karena dari mereka banyak yang berpedoman dari patung dewi nawang wulan atau dewi kecantikan yang berdiri dengan kokohnya di dalam Goa Jatijajar ini.

Selain itu banyak orang yang berharap setelah kembali dari sendang mawar ini maka akan mengalami enteng jodoh. Namun, ada juga beberapa pendapat masyarakat yang berpendapat yang berseberangan akan hal ini. Terlepas dari kebenaran sebuah hasil ritual ataupun kepercayaan dari kisah dan cerita mitos yang terdapat di tempat wisata alam Goa Jatijajar Kebumen ini, hal tesebut dikembalikan kepada keyakinan dan kepercayaan setia individu masing-masing dengan logika keimanan yang mereka yakini yang bukan untuk diperdebatakan, namun untuk dihormati setiap pendapat. Karena kebenaran yang mutlak hanya milik Tuhan.

Puas berkeliling dan menikmati pesona wisata alam Goa Jatijajar Kebumen, kita bisa menimai beberapa menu makanana khas tradisional serta jajanan khas masyarakat lokal yang di sediakan dekat area lokasi menuju pinu keluar. adapun bai kita yang akan membeli oleh-oleh di lokasi area wisata Goa Jatijajar bisa dengan mudah mendapatkan, namun sebagai catatan harap melakukan tawar menawar dengan harga yang sepantasnya.

Cara menuju Goa Jatijajar Kebumen sangat mudah dan bisa di tempauh dengan kednaran roda dua atau pun emapat. Bahkan untuk rute perjalanannya dapat di tempauh tidak telarlau lama dai pusat Kota Yogyakarta ataupun Kebumen.

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :