Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2021 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Sumatera / Pesona Wisata Danau Toba, Keindahan Alam Pulau Sumatera

Pesona Wisata Danau Toba, Keindahan Alam Pulau Sumatera

/

Keindahan Alam Danau Toba Mempesona Pulau Sumatera

Direktori Wisata – Danau Toba keajaiban alam menakjubkan di sudut Pulau Sumatera. Sulit mengira  ada tempat yang indah bisa dikunjungi di Sumatera Utara.

Suasana sejuk menyegarkan, hamparan air jernih membiru, dan pemandangan mempesona pegunungan hijau adalah sebagian kecil saja dari imajinasi danau raksasa yang berada 900 meter di atas permukaan laut itu

Pesona Wisata Danau Toba, Keindahan Alam Pulau Sumatera
Danau Toba Sumatera

Danau Toba adalah danau berkawah seluas 1.145 kilometer persegi. Di tengahnya berdiam sebuah pulau dengan luas yang hampir sebanding dengan luas negara Singapura.

Danau Toba sebenarnya lebih menyerupai lautan daripada danau mengingat ukurannya. Oleh karena itu, Danau Toba ditempatkan sebagai danau terluas di Asia Tenggara dan terbesar kedua di dunia sesudah Danau Victoria di Afrika.

Danau Toba juga termasuk danau terdalam di dunia yaitu sekira 450 meter. Danau Toba diperkirakan para ahli terbentuk setelah letusan gunung api super sekira 73.000-75.000 tahun lalu.

Saat itu 2.800 km kubik bahan vulkanik dimuntahkan Gunung Toba yang meletus hingga debu vulkanik yang ditiup angin menyebar ke separuh wilayah Bumi. 

Letusannya terjadi selama 1 minggu dan lontaran debunya mencapai 10 kilometer di atas permukaan laut. Akibat letusan gunung api super  (Gunung Toba) diperkirakan telah menyebabkan kematian massal dan kepunahan beberapa spesies mahluk hidup. 

Letusan Gunung Toba telah menyebabkan terjadinya perubahan cuaca bumi dan mulainya masuk ke zaman es sehingga mempengaruhi peradaban dunia.

Bagi masyarakat sekitar Danau Toba memiliki sejarah magis yang dipercayai sebagai tempat tinggal Namborru (tujuh dewi nenek moyang Suku Batak). 

Apabila suku Batak akan melakukan upacara di sekitar danau mak mereka harus berdoa dan meminta izin Namborru terlebih dahulu.

Pulau Samosir adalah pulau yang unik karena merupakan pulau vulkanik di tengah Danau Toba Toba. Ketinggiannya 1.000 meter di atas permukaan laut.

Meskipun telah menjadi tempat tujuan wisata sejak lama, Samosir merupakan keindahan alam yang belum terjamah.

Di tengah Pulau Samosir ini masih ada lagi dua danau indah yang diberi nama. Bahkan danau tersebut memiliki sebuah legenda.

Cerita di mulai dari seorang anak yatim piatu yang bekerja sebagai petani dan pemancing ikan suatu hari dia mendapatkan ikan yang sangat besar pada saat anak tersebut menyentuh ikan. 

Ikan tersebut berubah menjadi sesosok wanita yang sangat cantik sekali. Lalu wanita tersebut setuju untuk di peristri dan wanita tersebut memberi persyaratan yaitu dilarang membicarakan kepada siapa pun tetantang asal usul wanita tersebut. Dan pemuda tersebut menyetujuinya 

Dan beberapa saat kemudian sepasang suami istri tersebut di karunai seorang bayi laki-laki. Tapi anehnya setelah besar anak tersebut anak ini merasa lapar terus bahkan jatah orang tuanya di santap. 

Mengetahui hal tersebut bapaknya menjadi marah dan mengatakan bawah anak tersebut anak ikan istrinya yang tidak terima menjadi marah dan memutus kan menjadi ikan kembali.

Kemudian hujan turun begitu deras dan ada mata air yang menyembur yang membentuk danau dan di namakan danau toba hingga sekarang. 

Jika ingin berlibur tidak salah nya memilih danau toba keindahan dan pemandangan begitu sangat indah yang di kelilingi oleh bukit-bukit yang hijau dan udaranya begitu segar dan sejuk begitu nikmat datang pada sore hari karena suasananya lebih hening. 

Tidak hanya wisata alam saja yang di tawarkan bahkan di danau toba dapat fasilitas yang dapat di lakukan dan di nikmati oleh para wisatawan yaitu berenang, bermain sky air, motor boat, canoe, memancing, dan bermain golf. 

Pada tepi danau toba pengunjung dapat melihat wisma soekama yang menjadi tempat pengasingan presiden pertama kita.

Dengan bangunan yang berwarna putih yang sangat megah para wisatawan dapat menambah wawasan tentang sejarah yang dapat pada gedung itu. 

Transportasi Untuk Menuju Danau Toba Sumatera

Medan merupakan pintu gerbang internasional. Banyak penerbangan tersedia setiap hari antara Medan dan semua kota besar di Indonesia serta penerbangan internasional dari Medan ke Malaysia, Singapura dan Thailand. Bandara utama Medan adalah Kualanamu Airport. 

Tranportasi Untuk Menuju Danau Toba Sumatera
Tranportasi Kapal Udara

Jika dilihat dari jarak dari Bandara Kualanamu, Medan, menuju Danau Toba di Parapat, dibanding dengan dari Bandara Silangit menuju Danau Toba di Parapat, maka jarak tempuh lebih cepat dari Bandara Silangit sekitar 2,5 jam.

Oleh sebab itu, keberadaan Bandara Silangit yang kini memiliki banyak jadwal penerbangan bisa memudahkan wisataan lebih banyak lagi datang ke Danau Toba.

Ada beberapa maskapai penerbangan yang melayani rute dari kota besar di Indonesia menuju Medan, di antaranya Garuda Indonesia, Lion Air, AirAsia, dan Sriwijaya Air.

Sebagai Saran Salah Satu Pilihan

Menuju Pulau Samosir bisa dilakukan pagi hari dengan membeli tiket feri seharga Rp10.000,- per orang. Sambil menunggu keberangkatan kapal, Anda bisa memburu foto di sekitar Danau Toba.

Ada dua tipe feri yang melayani rute ke Pulau Samosir, yaitu feri yang mengangkut penumpang saja dan feri yang mengangkut kendaraan roda empat. 

Penyebrangan Feri Danau Toba Sumatera
Feri Untuk Danau Toba

Apabila menggunakan mobil maka dapat menumpang feri jenis kedua yang mengangkut kendaraan beroda empat. Selama menyeberang akan disuguhi pemandangan alam danau yang indah, langit biru, dan udara yang sejuk.

Cuaca Danau Toba bahkan bisa menghipnotis pengunjung sehingga betah berlama-lama di sini. Sahabat Direktori Wisata bisa santai sambil menikmati alam.

Yang Dapat Dilakukan

Danau Toba menjadi salah satu tujuan wisata terbaik di Indonesia. Tempat dimana Anda dapat melakukan berbagai macam kegiatan untuk menikmati keindahan alam seperti mendaki gunung, berenang, atau berperahu layar. Udaranya bersih dengan suasana asri dengan masyarakatnya yang ramah.

Banyak wisatawan lebih memilih tinggal di Pulau Samosir di tengah danau. Sebagai tempat tinggal asli masyarakat Batak Toba, Pulau Samosir memiliki bekas peninggalan zaman purbakala di antaranya ialah kuburan batu dan desa-desa tradisional.


Tempat Makan

Di Danau Toba tidak ada lokasi tempat makan khusus. Warung makan khas Sumatera Utara adalah Lapo namun makanan yang disajikan di sini dominan tidak halal sehingga Anda yang Muslim disarankan mencarinya di warung nasi padang dan makanan khas Jawa yang buka pada malam hari.

Tempat Menginap

Anda tinggal mencarinya sesuai dengan bujet. Bahkan, di sini juga terdapat banyak penginapan kelas melati dengan kondisi bersih dan nyaman.

Penginapan Danau Toba Sumatera
Penginapan

Tips untuk mendapatkan hotel atau tempat menginap yang bersih adalah carilah hotel yang selalu ramai. Dengan begitu Anda dapat menyaksikan pesona wisata danau Toba dengan aman.

Tempat Belanja

Di Parapat Anda dapat membeli cenderamata berupa kaos dan aksesoris seperti kalendar Batak kuno dengan tulisan asli Batak, gitar Batak dari kayu dan beragam souvenir unik lainnya. Ada juga pasar tradisional yang digelar dua kali seminggu.

Tempat Belanja Danau Toba Sumatera
Oleh-oleh Danau Toba Sumatera

Jika Anda ingin membeli oleh-oleh unik bahkan antik cobalah berbelanja di Samosir. Kunjungi juga Jangga (desa tradisional) jika Anda tertarik untuk membeli kain ulos yang terkenal dengan motif dan tenunannya yang halus, Anda bahkan dapat melihat langsung cara menenun kain ulos. 

Kain ini didominasi warna merah, hitam dan putih yang biasanya ditenun dengan benang berwarna emas dan perak. Kain ulos beragam jenis, diantaranya: bintang maratur, ragiidup, sibolang, ragihotang, mangiring dan sadum.


Tips Dan Saran

Wisatawan biasanya membanjiri Danau Toba pada April hingga Agustus karena bertepatan dengan liburan sekolah. Saat itu cuaca pun cerah sehingga menjadi saat yang baik untuk menikmati Danau Toba.

Upacara Adat Batak Sumatera
Upacara Adat Batak

Waktu ideal untuk melihat kemeriahan dan ritual tradisional suku Batak adalah saat upacara Pesta Masyarakat Danau Toba tahunan.

Saat itu, banyak upacara dilakukan untuk menghormati nenek moyang suku Batak dan menampilkan upacara tradisional, acara olah raga, nyanyian, dan tarian Batak. Selain itu Setahun sekali diadakan Pesta Rakyat Danau Toba.

Makanan yang disajikan di sekitar Danau Toba dominan tidak halal bagi Anda yang Muslim sehingga disarankan mencarinya di warung nasi padang atau makanan khas Jawa yang buka pada malam hari.

Saat menyambangi Air Terjun Sipiso Piso satu-satunya cara menuju air terjun hanya dengan berjalan kaki. Di sepanjang jalan menuju air terjun, Anda harus melalui jalan menikung dan curam. Jadi berhati-hatilah. 

Banyak jalan setapak sudah rusak dan tidak jarang Anda pun harus merangkak dan bergelayutan di sisi jalan. Untuk mempermudah perjalanan, Anda sebaiknya mengenakan sepatu dan membawa air minum secukupnya.

Semoga informasi tentang keberadaan Danau Toba dapat menggambarkan dengan jelas alam pulau Sumatera. Ayo kita ke danau Toba.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :