Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Jawa Barat / Bandung / Pesona Wisata Batik Negeri Parahyangan Bandung

Pesona Wisata Batik Negeri Parahyangan Bandung

Keindahan Batik Indonesia Di Negeri Parahyangan Bandung

Direktori Wisata – Belajar batik Indonesia sambil liburan di Kota Bandung

Jalan-jalan dan berlibur di Bandung kita tidak hanya melakukan perjalanan wisata petualanagan alam atau pun kuliner semata, bahkan di balik beragam pesona keindahan wisata Bantung juga terdapat keindahan seni dan budaya dari hasil kreatifitas yang dikembangakn oleh para peaku usaha seni batik yang berada di Kota Bandung.

Berasal dari bahasa Jawa “amba” yang berarti menulis, dan “nitik” yang berarti membuat titik. Inilah yang menjadi salah satu warisan budaya Indonesia yang di sebuat dengan batik.  Konon sejarah batik di Indonesia erat kaitannya dengan Kerajaan Majapahit, dan dari catatan sejarah pengembangan batik banyak dilakukan pada masa-masa Kerajaan Mataram, Kerajaan Solo, dan Yogyakarta.

Awalnya batik dikerjakan secara terbatas dengan lingkungan keraton saja dan dipakai oleh raja dan keluarga serta pengikutnya. Banyaknya pengikut raja yang tinggal di luar Keraton membuat batik ini dibawa oleh merkea keluar keraton dan dikerjakan di rumahnya masing-masing.Seperti halnya di Solo yang dikenal dengan kawasan destinasi wisata batik Laweyan.

kampung-batik-laweyan-solo

Seiring berjalannnya waktu perlahan kegiatan pembuatan batik ini ditiru oleh rakyat disekitar keraton, hingga akhirnya menjadi pekerjaan wanita untuk mengisi waktu senggang.

Batik yang awalnya merupakan pakaian keluarga keraton pun kini berubah menjadi pakaian rakyat yang cukup digemari oleh berbagai kalangan.  Bahkan untuk setiap batik yang ada di daerah Indonesia pun memiliki ciri khas tersendiri, mulai dari motif hingga warna. Salah satunya adalah motif batik Jawa Barat yang identik dengan motif tumbuhan, alam dan binatang.

Salah satu tempat wisata Bandung untuk belajar dan mengetahui tentang batik di Kota bandung yang berada di Rumah Batik Komar yang terletak di Jalan Cigadung Raya Timur I No. 5, Bandung. Tempat rumah produksi batik ini bukan hanya sekedar produksi batik saja. Namun, kita juga bisa melihat sekaligus mencoba membatik sambil belajar di tempat belajar batik di Bandung ini.

Memasuki sebuah area kawasan workshop kita bisa mendapatkan segala informasi tentang batik di tempat Rumah Batik Komar ini. Informasi yang Direktori Wisata dapatkan di lokasi. Ternyata tidak semua jenis kain bisa digunakan untuk membatik. Kain berdasar serat alam seperti katun atau sutera seing kali jadi pilihan sebagai kain untuk dijakain batik. Hal ini disebabkan karena kedua jenis kain tersebut tidak akan pernah rusak akibat pengaruh proses batik.

Di are ini pun kita bisa mengetahui dan belajar membuat pola tentang batik. Karena dalam membuat pola batik merupakan salah satu cara yang asyik untuk kita pelajari. Salah satu contohnya adalah pembuatan pola batik dengan kertas minyak atau kertas karkir. Jika ingin mmebuat barik tulis, nantinya pola tersebut nantinya akan diciplak di atas kain.

batik-cap

Sedangkan untuk batik cap, di area ini kita bisa melihat dan mendapatkan informasi tentang cara pembuatan batik cap dengan menggunakan stempel batik. Cap atau stempel baik tersebut dibuat dari bahan tembaga yang sudah di olah dan sudah dikerjakan secara manual. Tidaklah heran untuk proses pembuatan cap batik tidaklah sebentar. konon informasi yang Direktori Wisata dapatkan, untuk proses pembuatan cap atik dibutuhkan waktu 2-3 minggu.

Lanjut informasi…..
Awalnya cap batik yang sebelumnya ditempelkan pada lilin atau malam ini hanya digunakan untuk motif pinggiran. Namun kini sering kali cap batik juga digunakan juntuk mencetak motif diseluruh permukaan kain, konon dengan cara ini hasilnya lebih cepat, efektif dan lebih efisien. Selain itu cap batik juga bisa membuat batik dengan motif yang sama dengan cara bersamaan dalam jumlah banyak, dan batik cap ini harganya lebih terjangkau dari pada baik tulis.

Jika cap batik jadi alat dalam membuat batik cap, alat untuk membuat batik tulis pun sebuah canting tidak kalah pentingnya sebagai alat yang harus di sediakan pada saat proses pembuatan batik.

batik-tulis

Cairan lilin atau malam dicairkan dan ditorehkan di atas kain sesuai motif lewat canting. Batik tulis dikenal dengan kulitasnya yang istimewah. Warnanya tahan lama dan motif btiknya tidak akan pernah ada yang sama. Bagi yang akan belajar membatik di Tumah Batik Komar ini, kita akan ditemani oleh seorang pembimbing yang akan menjelaskan untuk membatik secara baik dan benar

Sebagai tambahan informasi tambahan bagi yang akan belajar membatik, mencating batik itu bukanlah hal yang mudah, dibutuhkan ketelitian dan juga kesabaran dalam mencanting batik. Dan proses mencanting batik tersebut membutuhkan waktu yang tergantung dari motif batiknya itu sendiri dan hal yang paling penting lainnya adalah ketrampilan tangan para pelaku atau pekerja yang melakukan proses pebuatan batik tulis.

Lanjut….
Setelah itu kita bisa ke area tempat pewarnaan kain batik. Di lokasi ini kita akan mendapatkan informasi tentang pewarnaan yang dilakukan dengan menggunakan zat warna buatan atau sintesis yang selanjutnya kain yang batik yang telah melalui proses pewarnaan lalu masuk dalam fase proses pengeringan yang merupakan proese terakhir pembuatan batik.

Sebagai kawasan destinasi wisata hasil industri dan kreatif di bidak seni batik, kawasan ini tdk pernah sepi pengunjung dari wisatatawan lokal maupun mancanegara yang datang dan belajar untuk mengetahui tentang batik itu sendiri. Bahkan banyak dari wisatawan mancangera yang mengobati rasa penasaran tinggi akan batik Indonesia merjadi alasan mereka berkunjung ke Rumah Batik  Komar ini.

Berkeliling dan meilihat denga seala informasi yang Direktori Wisata terrima di lokasi, koleksi batik seiring perkembangan yang ada di tempat wisata batik di Bandung ini pun beragam, unik, tematik, dan uptodate seiring perkembangan trend fashion yang ada di Indonesia. Di sini kita juga bisa berburu ragam batik sebagi oleh-oleh.

Ada beragam betuk produk batik dari Indonesia dalam betuk aksesoris, pakaian, atau pun kain dengan harga yang bervariatif,mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah. Sedangkan untuk melakukan wisata batik di tempat belajar batik di Bandung yang satu ini kita dikenakan biaya Rp.105.000,- / orang.

Pesona keindahan batik Indonesia  yang melelngkapi pesona wisata Bandung yang ada di negeri Parahyangan ini, menjadi pelengkap salah satu destinasi wisata budaya yang bisa diniikmati oleh kita pada saat berlibur di tempat wisata batik di Bandung. dan ini bisa menjadi salah satu sarana liburan kita untuk memperkenalkan budaya Indonesia dari hasil peroses pembuatan Batik yang ada di Kota Bandung.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :