Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Jawa Barat / Bekasi / Pesona Wisata Bahari Muara Gembong Yang Eksotis Dan Menarik

Pesona Wisata Bahari Muara Gembong Yang Eksotis Dan Menarik

/
/

Menelisik Destinasi Ekowisata Pantai Muara Gembong Kabupaten Bekasi, Jawa Barat

Direktori Wisata –  Menyusuri kawasan pesona ekowisata pantai Muara Gembong terletak di desa Pantai Sederhana, Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Pesona Wisata Muara Gembong Kabupaten Bekasi

Pantai Muara Gembong memiliki keindahan pesona pantai yang menjanjikan sebagai salah satu destinasi wisata bahari yang berpotensi menarik pengunjung wisatawan lokal maupun mancanegara. Obyek wisata bahari Muara Gombong berada di Kabupaten Bekasi.

Pantai ini letaknya di sebelah utara Kota Bekasi dan posisinya pun sangat jauh dari hiruk-pikuk Kota Jakarta dan juga pusat Kota Kabupaten Bekasi, Dari pengamatan Direktori Wisata saat berkunjung ke lokasi, Pantai Muara Gembong yang lokasinya pun dikelilingi oleh perairan yang sangat luas dan juga terhimpit dengan Jakarta Utara dan juga Kabupaten Karawang.

Memasuki kawasan tempat wisata Muara Gembong, sahabat Direktori Indonesia dapat menyaksikan spot-spot cantik yang fenomenal melalui obyek wisata tambak yang membentang luas di area Kecamatan Muara Gembong yaitu berupa kegiatan budidaya perikanan pantai di Kabupaten Bekasi yang terdiri dari budidaya ikan dan udang yang tersebar di ketiga kecamatan pesisir daerah sebelah utara Bekasi yaitu Muara Gembong, Tarumajaya, dan Babelan.

Nelayan Muara Gembong Kabupaten Bekasi

Di tempat wisata Muara Gembong Bekasi, kita dapat melihat dan belajar langsung dari setiap jenis tambak tersebut lebih dekat jenis-jenis tambak yang dikembangkan di Kabupaten Bekasi misalnya tambak model kao-kao, komplangan, atau gei wai. Bahkan kita juga bisa menyaksikan kegiatan masyarakat yang sedang mencari nafkah di tambak.

Jauh mata memandang, kita akan disajikan pemandangan hutan bakau atau mangrove yang terdapat di pesisir utara pantai di Muara Gembong. Konon informasi yang Direktori Wisata terima di lokasi dari keterangan para penduduk setempat, pemanfaatan hutan bakau di kawasan Muara Gembong dan sekitarnya difungsikan sebagai produktifitas yang bersifat berkelanjutan untuk mempertahankan sistem habitat dari hutan bakau tersebut.

Lanjut informasi….
Hutan bakau di Pantai Muara Gembong tidak hanya berfungsi mencegah abrasi. Dimana ruang hijau tersebut juga merupakan rumah bagi beberapa satwa liar. Saat menjelajahinya, sahabat Direktori Wisata dapat menjumpai berbagai jenis ikan dan burung lokal. Selain itu, vegetasi mangrove di pesisir utara Kabupaten Bekasi tersebut juga merupakan tempat tinggal untuk monyet berbulu hitam tebal alias lutung.

Selain menjadi daya tarik wisata, hutan bakau di Pantai Muara Gembong juga menjadi sarana edukatif bagi para wisatawan yang berkunjung untuk mengisi liburan dengan suasana yang berbeda. Saat berkunjung ke lokasi, kita akan diberitahu pentingnya kedudukan hutan bakau dalam lingkungan pantai. Sahabat Direktori Wisata Indonesia juga dapat berpartisipasi menjaga kelestarian hutan bakau.

Sedangkan untuk kawasan konservasi yang terdapat di Muara Gembong sahabat Direktori Wisata dapat mengunjungi sebelah utara sungai Citarum yakni Pantai Muara Bendera dan Pantai Muara Beting terdapat hutan bakau seluas 70 Ha dimana banyak burung migrasi dari Laut China Selatan dan Laut Pasifik.

Konon informasi yang Direktori Wisata terima dari masyarakat setempat, lokasi tersebut setiap tahun dilalui arus badai taifun atau angin dari arah Pasifik ke China Selatan pada bulan September sampai bulan Februari sehingga terjadi kosentrasi burung migrasi ditempat ini. Selain burung terdapat juga lutung hitam yang sudah langka dan buaya jenis rawa.

Perahu Nelayan Muara Gembong Bekasi

Pantai Muara Gembong dikenal akan keindahan alamnya. Di kawasan wisata bahari Muara Gembong kita dapat menikmati panorama Laut Jawa yang indah dan tenang. Pemandangan pantai semakin menarik dengan adanya perahu-perahu nelayan yang terbuat dari kayu, hilir mudik berlayar serta berlabuh di dermaga halaman belakang rumah warga yang berprofesi sebagai nelayan.

Bila kita melaukan pelayaran ke tengah laut Muara Gembong, maka pemandangan pesona kearifan lokal kehidupan masyarakat Muara Gembong sehari-hari yang hidupnya dibantaran muara terlihat jelas. Dari pemandangan MCK yang berbentuk panggung, hingga dapur dan halaman rumah penduduk para nelayan Muara Gembong.

Kondisi perairan yang tenang pantai utara Kabupaten Bekasi di sekitar Muara Gembong merupakan potensi pengembangkan budidaya laut untuk berbagai jenis ikan maupun rumput laut.

Seperti yang Direktori Wisata Indonesia terima dari keterangan penduduk lokal setempat, dimana pengembangan budidaya rumput laut di Pantai Desa Hurip Jaya, Kecamatan Babelan yang memiliki hasil rumput laut kualitas terbaik di Nusantara.

Lanjut keterangan……
Penduduk di Muara gembong Kabupaten Bekasi sebagain besar bermata pencarian sebagai nelayan, penangkap ikan, kepiting dan juga udang untuk dijual ke Jakarta khususnya di daerah Cilincing, Ancol dan juga Muara Angke. Sedangkan penduduk di daerah ini didominasi oleh etnis Jawa, selain bahasa sunda bahasa yang sehari-hari dipergunakan adalah bahasa Melayu.

Selain memiliki pesona wisata bahari yang eksotis di pesisir utara Bekasi, kearifan lokal masyarakat Muara Gembong tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara yang hadir di Muara Gembong untuk berlibur, yaitu dengan menyaksikan pesta laut tahunan atau yang dikenal dengan sebutan Nadran yaitu sebuah acara pesta laut yang diselenggarakan oleh warga lokal.

Dari informasi tokoh masyarakat nelayan lokal Muara Gembong kepada Direktori Wisata menjelasakan, bahwa Nadran merupakan tradisi yang lahir dari masyarakat pesisir dan pelestarian budaya tradisional masyarakat. Porsesi tersebut merupakan perayaan tasyukuran masyarakat nelayan dan perayaan budaya tradisonal dari tahun ke tahun oleh masyarakat nelayan di pesisir Muara Gembong.

Konon perayaan budaya tradisional Nadran di Muara Gembong juga diselenggarakan setiap tahunnya, dimana acara tesebut telah menjadi agenda pesta budaya yang menjadi event acara budaya di Kabupaten Bekasi yang sekaligus mempromosikan hasil laut tangkapan masyarakat lokal setempat.

Dari pengalaman perjalanan Direktori Wisata menikmati pesona wisata bahari Muara Gembong Bekasi, ada baiknya sahabat mengikuti tips yang akan kami bagikan untuk menuju ke kawasan Muara Gembong, yaitu sebagai berikut :

  1. Pilih waktu yang tepat untuk berlibur ke Muara Gembong, saran kami kepada sahabat dan para pembaca setia Direktori Wisata, ambillah waktu musim kemarau dan diluar musim hujan.
  2. Gunakanlah pakaian yang tidak berbahan tebal. Sebaiknya gunakan pakaian kaos yang mudah menyerap keringat
  3. Bila kita akan melakukan perjalanan sambil menjelajah kawasan Muara Gembong, sebaiknya menginap di rumah warga setempat. Sahabat bisa mengkomunikasikannya dengan warga setempat.
  4. Gunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil untuk menuju lokasi, bila bersama rombongan sebaiknya gunakanlah kendaraan mini bus, karena kondisi jalan di sana tidak dapat dilalui dengan kendaraan bus yang besar.
  5. Bawalah perlengkapan baju dan celana ganti bagi sahabat yang akan berlibur sambil bermain di pantai atau di laut.
  6. Bawalah perlengkapan obat-obatan ringan dan makanan kecil maupun minuman mineral. Hal ini untuk berjaga agar bila kita memerlukan makanan cemilan dan  minuman mudah. Karena di kawasan ini masih jarang sekali warung.

Untuk sampai di lokasi Kecamatan Muara Gembong ini, perjalanan yang sahabat Direktori Wisata Indonesia harus tempuh dari Kota Jakarta memerlukan waktu tempuh sekitar 4 jam, sedangkan bila kita berangkat dari Kota Bekasi waktu yang diperlukan hingga sampai di lokasi diperlukan waktu sekiar 2,5 jam. Informasi lokasi bisalihat di dalam peta.

Puas berkeliling dan melakukan perjalanan wisata bahari sambil menkmati indahnya pesona ekowisata Muara Gembong, sabahat Direktori Wisata Indonesia dapat melakukan perjalanan liburan di Saung Ranggon atau menikmati indahnya kawasan wisata alam di Situ Cibeureum Tambun Selatan.

Bagi sahabat Direktori Wisata yang berasal dari luar kota dan akan mencari informasi hotel atau penginapan di pusat kota kabupaten Bekasi, sahabat bisa melihat penginapan bernuansa resort mewah yang berlokasi di Jababeka Bekasi seperti Holiday inn Cikarang.

Pesona wisata Muara Gembong Kabupaten Bekasi menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta dunia jelajah wisata Indonesia yang sedang haus suasana dan nuansa alam yang fenomenal dekat dengan Ibu Kota jakarta.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :