Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

 
Home / Indonesia / Jawa Timur / Madura / Pesona Wisata Bahari Gili Labak Madura

Pesona Wisata Bahari Gili Labak Madura

 

Surga Wisata Bahari di Gili Labak Sumenep Madura

Direktori Wisata – Keindahan dan kekayaan wisata bahari Gili Labak Sumenep Madura nan esotis dan memukau para wisatawan yang hadir dan menghabiskan waktu liburan di Sumenep Madura.

Indonesia dikenal memiliki destinasi wisata bahari kaya akan keindahan alamnya, baik pantai maupun biota lautnya. Salah satu destinasi wisata bahari yang masih belum banyak diketahui oleh para wisatwan lokal mupun mancangara yatiu Gili labak yang berada di kawasan madura, jawa Timur.

Pesona Wisata Gili Labak Sumenep Madura

Sedangkan untuk kawasan wisata Gili Labak sendiri merupakan salah satu tempat wisata di Madura khususnya bagi para pemiknat keindahan alam bawah laut. Jadi, kebanyakkan yang datang kemari memang ingin melakukan aktivitas seperti snorkeling ataupun diving.

Bagi para sahabat pembaca setia Direktori Wisata yang akan menikmati aktivitas wisata bahari di kawasan ini, sebaiknua kita  harus membawa sendiri peralatan snorkeling maupun diving karena di lokasi Gili Lebak tidak ada yang menyewakan. Dan untuk  infrastruktur penunjang wisata di Gili Lebak sendiri masih tergolong sangat kurang.

Seperti halnya air bersih yang harus diangkut dari pulau lain oleh para penduduk, rumah makan yang belum tersedia, listrik yang hanya mengandalkan tenaga surya dan menyala hanya pada malam hari, serta penginapan yang belum disediakan selain menumpang di rumah penduduk bila kita akan menginap di pulau ini.

Namun, bagi kita  yang akan merasakan sensasi seperti di pulau pribadi di daerah pesisir pantai yang masih alami, Gili Labak merupakan lokasi yang tepat. Luas Gili Labak tidak terlalu luas dan untuk mengelilingi pulau melalui pesisir pantai hanya kita hanya menghabiskan waktu sekitar 15 hingga 30 menit dengan berjalan kaki, karena memang tak ada moda transportasi darat di pulau ini.

Dan aktivitas seperti ini merupakan hal yang sering dilakukan oleh para wisatawan selama berkunjung di Gili Lebak. Karena keindahan dan pemandangan alam yang berpadu pasir putih bersih dengan biru seerta jernihnya lair laut yang akan membuat kita serasa tidak bosan.

 

Walaupun Gili Labak terlihat sangat sepi, pulau ini sebenarnya dihuni oleh masyarakat Desa Kombang. Menurut informasi yang Direktori Wisata terima dari penduduk setempat totalnya sekitar 35 kepala keluarga. Walaupun cukup ramah pada para pendatang, sayangnya rata-rata warga yang penghuni pulau ini hanya bisa berbahasa Madura. Jadi bila bisa kami sarankan bagi rekan-rekan yang datang bisa minta tolong kepada rekan yang tahu bahasa Madura untuk menghantarkan liburan di Gili Lebak.

Untuk sarana penginapan di Gili labak sendiri untuk sementara kita  bisa menginap di rumah warga setempat. Jika kita berniat untuk tinggal beberapa hari di pulau, kita tiidak perlu khawatir soal makan karena pemilik rumah akan menyediakannya untuk kita, asalkan kita melakukan negosisasi terlebih dahulu untuk numpang nginap dan makannya.

Namun, jika kita ingin berhemat dan lebih dekat dengan alam, kita bisa mendirikan tenda di pulau Gili Lebak. Tapi harap diingat soal kebutuhan air bersih dan persediaan makanan, karena tak ada sumber air bersih ataupun air tawar serta hanya tersedia warung-warung kecil di pulau ini.

Cara menuju Pulau Gili Lebak Madura sangat mudah, kita bisa menggunakan transportasi umum dari terminal bus Bungurasih Surabaya. Dari terminal kita bisa naik bus yang mengarah ke Kalianget Sumenep Madura. Setetalh perjalanan yang akan memakan waktu jarak tempuh selama sekitar lima jam untuk menuju lokasi, perjalanan bisa dilanjutkan menyeberang dengan menggunakan perahu nelayan dari Pelabuhan Kalianget Sumenep Madura untuk menuju Gili Labak.

Namun yang harus diingat sebelum melakukan penyeberangan menuju Gili Lebak ada baiknya kita mempersiapkan diri dulu dengan berbelanja kebutuhan air minum dan air bersih yang akan kita bawa ke lokasi. Dan jangan lupa dengan makanan cemilan yang agak berat yang bisa di bawa berlibur, karena perjalanan penyeberangan selat madura ini akan memakan waktu sekitar 2 sampai 3 jam itupun tergantung kondisi cuaca dan ombak.

Sebagai tampahan tips dan informasi perjalanan wisata menuju  Gili Lebak madura sebaiknya para sahabat yang akan berangkat ke lokasi saran kami menggunakan bus malam dari Terminal Bungurasih, karena dari pengalaman beberapa traveller yang sudah pernah ke lokasi yang menggunakan angkutan umum. Hanya bisa malam yang pemberhentian terakhirnya sampai di Pelabuhan Kalianget. Dan kita bisa lebih udah sampai di pelabuhan penyebrangan di pagi hari.

Sedangkan untuk  waktu kunjungan yang tepat ke Gili Lebak adalah sekitar bulan April hingga November dimana pada saat itu, kondisi laut sedang tenang, sehingga perjalanan penyeberangan laut kita melintas selat madura  tidak terkendala ombak yang tinggi.

Semoga informasi perjalanan wisata untuk menuju lokasi Pulau Gili Labak bisa bermanfaat bagi para sahabat dan pembaca Direktori Wisata, dan selamat menikmati keindahan pesona wisata bahari Gili Labak Madura.[]

 
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
 
 

23 Comments

  1. Gili Labak salah satu di antara pulau-pulau lain yang indah di Madura, 🙂

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      Benar mas, dan ini indah banget……

  2. di madura ada tempat wisatanya juga ya ternyata? baru tau saya..

    • makanya kesana

      • Indra Kusuma Sejati berkata:

        Betul, betul, betul, ke Gili Labak Sumenep Madura memang oke banget…..

        • emank mas yanto sudah pernah kesana?

        • Indra Kusuma Sejati berkata:

          Mas Yanto mah diam-diam suka blusukan kang.

  3. bulan april hingga november air lautnya tenang ya? libur lebaran berarti air lautnya tenang dong ya? cocok nih buat libur wisata kesana

    • kapan?

      • Indra Kusuma Sejati berkata:

        Mungkin nanti nunggu lebaran sekalian pulang kampung mas. ha,,ha,,, ha,,

        • mas yanto nanya? mau ikut emangnya?

  4. Insya Allah kalau ada duit saya maen kesana…ngomong-ngomong ada yang bahenol ga ya yang mau ikutan…hahahahyy

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      Amiiin…… bang banyak mah di sana. ha,, ha, ha,

  5. saya seumur2 ke pulau madura ya cuman sampai dibangkalan aja kang,belum pernah sampai sumenep nih apalagi ke wisata bahari ini

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      Iya, nanti kit main baren saja ke sananya.

      • saya ikut dong hehehe

        • Indra Kusuma Sejati berkata:

          Boleh, nanti kita bereng ya….

    • saya malah belum pernah kesitu kang…

  6. kayaknya perlu dicoba kesana deh

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      Nanti ajak saya ya mas…. kita bareng aja ke sananya

    • buat wisata ko di coba coba, emangnya makanan??

  7. Baru tau saya mas,,objek wisata yang satu ini!

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      Memang masih jarang dikunjungi mas sama wisatawan, dan ini pulaunya indah banget.

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :