Oh Snap!

Please turnoff your ad blocking mode for viewing your site content

Pesona Wisata Alam Lembah Lemelu Sulawesi Tengah

Eksotisme Pulau Peling di Lembah Lemelu Banggai Kepulauan , Sulawesi Tengah

Direktori Wisata – Bentangan wisata alam yang indah menjadi salah satu daya tarik destinasi liburan di Pulau Peling Banggai Kepulauan Sulawesi Tengah.

Danau Lemelu merupakan salah satu potensi wisata alam yang terdapat di Pulau Peling yang berlokasi di Desa Lemelu, Kecamatan Bulagi Selatan, Kabupaten Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah.

Lembah Lemelu Pulau Peling

Danau yang berada di ketinggian dan memotong lembah perbukitan kawasan Pulau Peling di daerah Banggai Kepulauan terlihat masih asri dan sangat bersih ini cocok bagi yang mendambakan ketenangan yang menyajikan keindangan alam.  seperti bermandian dan menikmati pemandangan danau dari balik ketinggian.

Untuk sampai di tempat wisata alam Danau Lemelu sahabat Direktori Indonesia bisa melalui Kota Luwuk, sesampai di Luwuk tersedia kapal motor menuju daerah Bulagi Utara tepatnya di Desa Sabang selama kurang lebih 3,5 Jam, sesampainya di Desa Sabang kita dapat melanjutkn perjalanan dengan motor atau mobil ke lokasi ini selama kurang lebih 2 jam. Atau sahabat bisa melalui pusat pemerintahan Banggai Kepulauan sekitar 4 jam.

Sepanjang perjalanan menuju Danau Lemelu sahabat Direktori Wisata Indonesia akan dimanjakan oleh pemandangan Pulau Peling yang indah dan beberapa objek wisata lain yang ada di Banggai Kepulauan, dengan rute jalanan yang menanjak dan berliku. Namun itu semua akan terbayar ketika kita sampai di lokasi.

Pesona bentangan alam yang indah menjadi suguhan pemandangan yag eksotis saat kita samapai di obyek wisata alam Danau Lemelu dengan dua air terjun mininya yang bisa memanjakan liburan kita di daerah Sulawesi Tengah.

Bagi masyarakat dan warga Pulau Peling dan sekitarnya, Danau Lemelu sangat terkenal. Hal ini dikarenakan obyek wisata alam tersebut memiliki cerita dibalik terbentuknya lembah atau danau tersebut.

Konon asal muasal terbentuknya Danau Lemelu disebabkan dari kisah seorang raja yang tidak dapat memenuhi janjinya terhadap seorang pemuda untuk menikahi putrinya yang bernama “Lemelu”. Karena marah pemuda tersebut lalu mendatangkan air yang menggunung-gunung dan putri Lemelu kemudian berubah menjadi danau. Sedangkan raja dan para tamu yang sedang berpesta berubah menjadi hamparan bebatuan karts yang mirip karang yang ada di lautan.

Danau Lemelu merupakan satu danau yang menyimpan banyak keunikan dimana setiap 6 Bulan sekali danau ini akan surut dan di dasar danau akan tumbuh rumput hijau, dan setiap 6 Bulan lagi akan pasang dengan kedalaman beberapa meter, serta bentukan danau yang melingkar dengan di bagian tengahnya merupakan susunan batu-batuan berbagai bentuk.

Lanjut informasi………
Dan sebagai informasi tambahan bagi para sahabat dan pembaca setia Direktoi Wisata, lembah Lemeru ini akan berubah menjadi danau yang luas pada musim penghujan saja. Sedangkan pada musim kemarau akan terlihat seperti lembah dan dan ngarai yang terdapat beberapa aliran sungai yang melintasinya.

Baca juga : Pesona Penginapan di Kawasan Wisata Pantai Tanjung Bira

Bagai sahabat Direktori Wisata Indonesia yang akan berkunjung ke obyek wisata alam Danau Lemelu kita dapat mencoba bermain air di pancuran air terjun mini yang lokasinya berada di ujung Lembah Lemulu ini. Untuk menuju ke lokasi kita harus berjalan kaki sekitar 10 -15 menit dengan rute perjalanan dengan melintasi bebatuan yang tajam dan menyeberangi sungai yang jernih untuk sampai di tempat tujuan.

Baca juga : Pesona Celebes Canyon di Ule Barru Sulawesi Selatan

Sesampainya di lokasi, sahabat DIrektori Wisata tidak hanya dapat menikmati liburan sambil bermain air dan mengabadikan foto-foto perjalanan ang cantik dan juga indah di sisi-sisi air terjun mini yang bukan hanya tersedia satu, namun juga dua buah sekaligus air terjun mini alami yang akan memanjakan liburan kita di lokasi tersebut.

Bagaimana sahabat Direktori Wisata ?…. cukup keren bukan destinasi liburan yang satu ini ? Semoga informasi obyek wisata alam di Pulau Peling, Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah ini dapat menambah daftar tempat liburan bagi sahabat saat berkunjung ke wilayah Indonesia Tengah.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
  • stumbleupon
This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks :Ad Views :