Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

 
Home / Indonesia / Jawa Tengah / Dieng / Pesona Wisata Alam Dieng Bukit Sikunir

Pesona Wisata Alam Dieng Bukit Sikunir

 
 

Wisata Alam Dieng Dengan Panorama Keindahan Di Puncak Bukit Sikunir

Direktori Wisata – Liburan sambil menikmati sejuknya hawa dingin dengan pesona keindahan alam di dataran tinggi Dieng.

Mengisi liburan di kawasan dataran tinggi Dieng, Jawa Tengah menjadi salah satu tempat wisata alam yang menarik di kunjungi. Udara yang dingin dan banyaknya obyek wisata yang menarik dan menjadi daya tarik tersendiri.

Sunrise Bukit Sikunir Dieng

Selain memiliki kearifan budaya lokalnya yang unik, obyek wisata Dieng yang satu ini juga memiliki pesona alamnya yang menjadi salah satu tempat wisata alam yang menarik di Jawa Tengah yang banyak memikat hati para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Terletak di Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Wonosobo, Jawa Tengah yang sering disebut sebagai Desa Tertinggi di Pulau Jawa yang menyimpan berbagai potensi wisata alam yang menarik, seperti Golden Sunrise Sikunir,  Telaga Cebong serta bebabagai macam jenis tanaman yang menjadi komoditas kuliner di tempat wisata dataran tinggi Dieng.

Sebelum azan subuh sekitar pukul 4.30 WIB para wisatawan yang mengunjungi kawasan Bukit Sikunir Dieng melanjutkan perjalanan menyusuri jalan setapak. Direktori Wisata Indonesia beserta rombongan dan wisatawan lainnya yang hadir akan berburu sunrise di Puncak Sikunir Dieng.

Namun, dari pengalaman Direktori Wisata melakukan perjalanan wisata alam di Bukit Sikunir Dieng, kami mendapatkan informasi dari pemandu lokal setempat bahwa di lokasi terdapat dua jalur akses untuk menuju kawasan Puncak Sikunir. Dan hal tersebut bisa dipilih tergantung minat dan menyesuaikan kebugaran fisik kita pada saat datang ke lokasi wisata alam Dieng yang dikenal eksotis ini.

Kita bisa memilih untuk menjangkau puncak satu atau puncak dua untuk menuju Puncak Sikunir dengan selih perjalanan sekitar +/- 30 menit. Kegiatan yang menarik dan selalu dinanti bagi wisatawan yang hadir di Puncak Sikunur Dieng adalah berburu surise yang cantik.

Bila suasana alamnya mendukung maka kita akan menemukan pesona alam dataran tinggi Dieng yang eksotis dari atap Pulau Jawa ini. Namun, sayangnya ke adaan alam yang sedkit berawan menjadikan momen Golden Sunrise yang kami dapatkan di lokasi kurang sempurna.

Sunrise Sikunir Dieng

Walau suasana agak kurang mendukung dalam perjalanan wisata Dieng yang kami jalani, namun pesona keindahan alamnya tetap dapat kita nikmati saat-saat momen itu akan muncul secara perlahan ke atas permukaan.

Pada detik-detik sang mentarari mulai menunjukan pesona keindahan melalui goresan warna jingga yang menarik, seketika itu pula suara para wisatawan terdengar takjub akan keindahan alam Indonesia yang tersembunyi di dataran tinggi Dieng.

Golden Sunrise Sikunir Dieng

Pada titik spot dan momen saat kemuncuan Golden Sunrsire di Puncak Sikunir kita akan melihat dan menyaksikan  sunrise yang berlatar belakang Gunung Merbabu, Gunung Sindoro dan pemandangan indah lainnya.

Puas melihat pesona alam Dieng Bukit Sikunir, perjalananpun dilanjutkan dengan menuruni anak tangga yang berliku serta terjam. Sebagai tambahan informasi bila kita turun dari lokasi, ada baiknya berhati-hati karena kondisi jalan agak licin dan sedikit berbatu. Bila kita merasa lelah, ada baiknya istirahat dulu sambil mengendorkan otot, lalu perjalanan bisa dilanjutkan setelah istirahat.

Sampai di bawah, maka kita akan disambut dengan sebuah pemandangan telaga yang indah. Nama telaga tersebut adalah Telga Cebong. Konon penamaan dari telaga Cebong tersebut dikarenakan bentuk telga sangat mirip seperti Cebong. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang area lokasi wisata alam di danau Cebong Dieng silahkan para sahabat dan pembaca setia Direktori Wisata

Baca : Tempat Wisata Telaga Cebong Dieng

Selain pesona pemandangan dari Telaga Cebong yang indah, kita juga akan bisa mendapati para petagang yang menjual komoditi hasil pertanian yang dijajakan oleh penduduk lokal setempat, seperti cabe Bandung yang pedasnya seperti cabe rawi,

Namun pedasnya tidak bikin mules perutt. Dan yang tidak ketinggalan adalah kentang merah yang berhasiat dapat menuruhkan kolestreol sarta carica yang merupakan olahan manisan dari buah pohon yang bentuknya mirip seperti pepaya.

lDesa Sembungan Dieng ini tidak hanya menawarkan pesona keindahan alamnya saja, di desa ini pula kita bisa mendapatkan kisah unik dan nyata dari penduduk setempat, yaitu kisah dari anak berambut gimbal dari Dieng yang juga selalu menjadi sorotan bagi wisatawan lokal maupun mancanegara yang hadir di lokasi. Bagi sahabat dan pembaca setia Direktori Wisata Indonesia yang akan mengetahui kisah dari si anak Gimbal dari Dieng.

Baca :  Menelusuri Jejak Anak Bajang di Dieng

Hamparan pesona alam yang indah menjadikan dataran tinggi Dieng ini menjadi salah satu destinasi wisata unggulan Jawa Tengah. Di samping kita juga dapat mengunjungi tempat wisata Dieng yang terdapat di kawasan ini yang dapat memanjakan liburan kita bersama keluarga dan orang-orang yang kita sayangi.

Untuk menikmati pesona wisata alam Dieng Bukit Sikunir di Desa Sembungan ini sangatlah mudah. Kita bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Namun untuk kendaraan umum kita harus melanjutkan untuk mengikuti kegiatan tour Dieng yang diselenggarakan oleh para pemandu wisata lokal yang ada di daerah tersebut.

Baca : Jalur Akses Wisata Menuju Dieng

Bagi para pembaca yang berada di luar Pulau Jawa dapat mengunjungi tempat wisata Dieng melalui jalur akses melalui Yogyakarta dengan menggunakan penerbangan pesawat yang akan menuju ke Yogyakarta. Selanjutnya perjalanan bisa dilanjutkan dengan menggunakan kendaraan darat dengan sewa mobil rental dengan mengikuti rute jalan yang telah di buat oleh Direktori Wisata di bawah ini.

 
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
 
 

27 Comments

  1. memang bagus kalau dieng dan dingin mas. saya kebetulan pernah kesana dan ada beberapa kawan kuliah di sana. mana alamnya indah dan menyejukkan. siang aja masih adem kalau di sana….

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      Benar sekali mbah, apalagi ada teman yang di daerah tersebut, kita bisa lebih lebih banyak tahu tentang kearifan lokal masyarakat Dieng yang dikenal unik. Tempat ini selalu membuat kangen untuk dikunjungi saat kita ke daerah Dieng , Banjarnegara ataupun Wonosobo.

  2. saya belum pernah ke Dieng Kang, padahal kalo dilihat pemandangannya sangat indah sekali ya kang… moga saja kapan2 bisa naik ke Bukit Sikunir Dieng .. 🙂

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      Nanti kalau naik ke bukit sikunir Dieng kita bisa ngopi bareng di atas kang. he,, he,he,,

      • apa di bukit ada warung penjual kopi mas

        • Indra Kusuma Sejati berkata:

          Ada mas, yang jual penduduk lokal setempat. Biasanya di buka hanya pagi saja pas ramai. Setiap hari mereka bawa barang dagangannya naik-turun dengan waktu yang sama naiknya pagi hari menjelang subuh. Kuat lo orang itu sendirian barang dagangannya.

        • kuat karna sudah terbiasa mang. betul kan?

        • Indra Kusuma Sejati berkata:

          Betul mas, namun sebagai orang koa yang masuk desa di Dieng ini pasti pertma kita heran dan salut dengan pedagang tersebut. Untungnya sih ada mereka , jadinya waktu pagi hari kita bisa menghalau hawa dingin dengan sebuah seduhan mie dan minuman hangat teh, kopi atau susu di atas dengan air hangat. Harganya juga tidak terlalu mahal ko.

  3. Indah banget ya mas kalo bisa menyaksikan sunrise, foto yang terakhir itu bagus banget seperti memegang matahari ya mas? jadi pengen kesana saya

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      Kalau sudah menyeaksikan proses terbtnya matahari hingga terjadi golden sunrise di Bukit Sikunir kayanya sulit dilupakan deh mas, karena indah banget.

      • wah ternyata bukan hanya teman saya yang bilang seperti itu, kang indra pun juga merasakan keindahan ciptan Tuhan ini

        • Indra Kusuma Sejati berkata:

          Mudah-mudahan suatu hari bisa menikmatinya mas dengan cuaca yang mendukung, keren banget dan tidak ada duanya deh……

        • jadi tambah penasaran aja saya kang, mudah mudahan nanti pas mudik naik motor bisa sempat mampir kesana ya kang? di sekitar bukit sikunir ada penginapan nggak ya?

        • Indra Kusuma Sejati berkata:

          Ada kang di Desa Sembungannya banyak penginapan murah ko, kalau kang Dzatmiko naik ke Dieng, terus perjalanan dilanjut saja ke Desa Sembungan lihat untuk alamat ada dalam artikel. Nanti di Desa tersebut ada penginapan yang murah bisa kita dapatkan. Tapi kalau mau gelar tenda bisa juga di dekat Telaga Cebongan.

          Terlusuri lewat link hidup yang terdapat dalam artikel di atas. Di sana juga bisa sewa tenda, MCK nya juga ada. Malah banyak warungnya di sekitar are kempeng. Lokai kemping tidak jauh dari area trekking menuju Bukit Sikunir. Tinggal pilih deh….. pokoknya Dieng itu luar biasa indahnya kang….. Selamat ngetrip ya. []

        • wah kalo gitu perlu di catat dan di bookmark nih artikel ini kang. makasih lho ya info nya dan sharenya

        • Indra Kusuma Sejati berkata:

          Silahkan kang semoga bermanfaat, dan selamat jalan-jalan ya ke Dieng.

  4. liat dari fotonya saja, pemandangannya memang sudah indah

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      Itulah indahnya alam Indonesia ya mas… semoga tepa lestari dan indah seperti ini. Amiin…

      • amiin

  5. dooh saya belum pernah naik gunung, kepengen nyoba tapi takut gak kuat naiknya

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      Yuk, kapan-kapan bisa di coba menikmati wisata alam dieng di Bukit Sikunir gan.

      • nabung dulu heheh

        • Indra Kusuma Sejati berkata:

          Teng aja gan ini bukannya gunung tpi bukit ko, tapi di atas dataran tinggi Dieng posisinya. ha,, ha, ha,,,,

        • tetep aja cape gan hahaha, saya udah gak pernah olahraga sama sekali soalnya hehe

  6. saya belum pernah kesono mas ,seperti apa ya…keindahan bukit disana sepertinya kalau di lihat poto2 nya nampak agak berkabut sejuk dan natural banget

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      Benar mas, yang membuat indah dan mengagumkan di kawasan Bukit Sikunir ini pemandangannya indah dan natural.

  7. hehehe. iseng iseng cari di pencarian blog ini tentang tempat wisata gunung lawu ada juga ya kang? lengkap banget deh. sayangnya nggak bisa di komentarin.

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :