Oh Snap!

Please turnoff your ad blocking mode for viewing your site content

Pesona Wisata Alam Dieng Bukit Sikunir

Wisata Alam Dieng Dengan Panorama Keindahan Di Puncak Bukit Sikunir

Direktori Wisata – Liburan sambil menikmati sejuknya hawa dingin dengan pesona keindahan alam di dataran tinggi Dieng.

Mengsi iburan di kawasan dataran tinggi Dieng, Jawa Tengah menjadi salah satu tempat wisata alam yang menarik di kunjungi. Udara yang dingin dan banyaknya obyek wisata yang menarik dan menjadi daya tarik tersendiri.Selain memiliki kearifan budaya lokalnya yang unik, obyek wisata Dieng yang satu ini juga memiliki pesona alamnya yang menjadi salah satu tempat wisata alam yang menarik di Jawa Tengah yang banyak memilikat hati para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Terletak di Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Wonosobo, Jawa Tengah yang sering disebut sebagai Desa Tertinggi di Pulau Jawa yang menyimpan berbagai potensi wisata alam yang menarik, seperti Golden Sunrise Sikunir,  Telaga Cebong serta bebabagai macam jenis tanaman yang menjadi komoditas kuliner di tempat wisata dataran tinggi Dieng.

Sebelum azan subuh sekitar pukul 4.30 WIB para wisatawan yang mengunjungi kawasan Bukit Sikunir Dieng melanjutkan perjalanan menyusuri jalan setapak. Direktori Wisata Indonesia beserta rombongan dan wisatawan lainnya yang hadir akan berburu sunrise di Puncak Sikunir Dieng.

Namun, dari pengalaman Direktori Wisata melakukan perjalanan wisata alam di Bukit Sikunir Dieng, kami mendapatkan informasi dari pemandu lokal setempat bahwa di lokasi terdapat dua jalur akses untuk menuju kawasan Puncak Sikunir. Dan hal tersebut bisa dipilih tergantung minat dan menyesuaikan kebugaran fisik kita pada saat datang ke lokasi wisata alam Dieng yang dikenal eksotis ini.

Kita bisa memilih untuk menjangkau puncak satu atau puncak dua untuk menuju Puncak Sikunir dengan selih perjalanan sekitar +/- 30 menit. Kegiatan yang menarik dan selalu dinanti bagi wisatawan yang hadir di Puncak Sikunur Dieng adalah berburu surise yang cantik.

Sunrise Bukit Sikunir Dieng

Bila suasana alamnya mendukung maka kita akan menemukan pesona alam dataran tinggi Dieng yang eksotis dari atap Pulau Jawa ini. Namun, sayangnya ke adaan alam yang sedkit berawan menjadikan momen Golden Sunrise yang kami dapatkan di lokasi kurang sempurna.

Sunrise Sikunir Dieng

Walau suasana agak kurang mendukung dalam perjalanan wisata Dieng yang kami jalani, namun pesona keindahan alamnya tetap dapat kita nikmati saat-saat momen itu akan muncul secara perlahan ke atas permukaan. Pada detik-detik sang mentarari mulai menunjukan pesona keindahan melalui goresan warna jingga yang menarik, seketika itu pula suara para wisatawan terdengar takjub akan keindahan alam Indonesia yang tersembunyi di dataran tinggi Dieng.

Golden Sunrise Sikunir Dieng

Pada titik spot dan momen saat kemuncuan Golden Sunrsire di Puncak Sikunir kita akan melihat dan menyaksikan  sunrise yang berlatar belakang Gunung Merbabu, Gunung Sindoro dan pemandangan indah lainnya.

Puas melihat pesona alam Dieng Bukit Sikunir, perjalananpun dilanjutkan dengan menuruni anak tangga yang berliku serta terjam. Sebagai tambahan informasi bila kita turun dari lokasi, ada baiknya berhati-hati karena kondisi jalan agak licin dan sedikit berbatu. Bila kita merasa lelah, ada baiknya istirahat dulu sambil mengendorkan otot, lalu perjalanan bisa dilanjutkan setelah istirahat.

Sampai di bawah, maka kita akan disambut dengan sebuah pemandangan telaga yang indah. Nama telaga tersebut adalah Telga Cebong. Konon penamaan dari telaga Cebong tersebut dikarenakan bentuk telga sangat mirip seperti Cebong. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang area lokasi wisata alam di danau Cebong Dieng silahkan para sahabat dan pembaca setia Direktori Wisata ( Baca : Tempat Wisata Telaga Cebong Dieng )

Selain pesona pemandangan dari Telaga Cebong yang indah, kita juga akan bisa mendapati para petagang yang menjual komoditi hasil pertanian yang dijajakan oleh penduduk lokal setempat, seperti cabe Bandung yang pedasnya seperti cabe rawi, namun pedasnya tidak bikin mules perutt. Dan yang tidak ketinggalan adalah kentang merah yang berhasiat dapat menuruhkan kolestreol sarta carica yang merupakan olahan manisan dari buah pohon yang bentuknya mirip seperti pepaya.

lDesa Sembungan Dieng ini tidak hanya menawarkan pesona keindahan alamnya saja, di desa ini pula kita bisa mendapatkan kisah unik dan nyata dari penduduk setempat, yaitu kisah dari anak berambut gimbal dari Dieng yang juga selalu menjadi sorotan bagi wisatawan lokal maupun mancanegara yang hadir di lokasi. Bagi sahabat dan pembaca setia Direktori Wisata Indonesia yang akan mengetahui kisah dari si anak Gimbal dari Dieng ( Baca :  Menelusuri Jejak Anak Bajang di Dieng )

Hamparan pesona alam yang indah menjadikan dataran tinggi Dieng ini menjadi salah satu destinasi wisata unggulan Jawa Tengah. Di samping kita juga dapat mengunjungi tempat wisata Dieng yang terdapat di kawasan ini yang dapat memanjakan liburan kita bersama keluarga dan orang-orang yang kita sayangi. ( Baca : Tempat Wisata Dieng Plateau )

Untuk menikmati pesona wisata alam Dieng Bukit Sikunir di Desa Sembungan ini sangatlah mudah. Kita bisa meenggunakan jkendaraan pribasi maupun kendaraan umum. Namun untuk kendaraan umum kita harus melanjutkan untuk mengikuti kegiatan tour Dieng yang diselenggarakan oleh para pemandu wisata lokal yang ada di daerah tersebut. ( Baca : Jalur Akses Wisata Menuju Dieng )

Bagi para pembaca yang berada di luar Pulau Jawa dapat mengunjungi tempat wisata Dieng melalui jalur akses melalui Yogyakarta dengan menggunakan penerbangan pesawat yang akan menuju ke Yogyakarta. Selanjutnya perjalanan bisa dilanjutkan dengan menggunakan kendaraan darat dengan sewa mobil rental dengan mengikuti rute jalan yang telah di buat oleh Direktori Wisata di bawah ini.

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
  • stumbleupon
This div height required for enabling the sticky sidebar