Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

 
Home / Indonesia / Pesona Wisata Alam Danau Labuan Cermin

Pesona Wisata Alam Danau Labuan Cermin

 

Danau Labuan Cermin Surga Tersembunyi di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur

Direktori Wisata – Keindahan wisata alam danau yang dapat memukau hati para wisatawan yang memancarkan keindahan alam Kapuaten Berau Kalimanatan Timur.

Sesuai dengan namanya danau ini bernama Labuan Cermin dan terbilang sangat jernih. Saking jernihnya kita tidak hanya dapat melihat kekayaan biota lautnya yang di dasar danau tersebut, bahkan kita juga dapat bercermin di atas permukaan airnya yang begitu bening.

Danau Labuan Cermin

Danau Labuan Cermin merupakan danau yang tersembunyi di Kecamatan Biduk-Biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Dan menjadi salah satu surga wisata alam tersembuyi yang belum banyak diketahui oleh para wisatawan. Obyek wisata alam ini masih dikelola oleh masyarakat lokal yang tinggal disekitar lokasi.

Pesona alam danau yang cantik ini dapat memukau para pecinta dunia wisata petualang untuk berlama-lama menikmati keindahan danua yang menyajikan pemandangan indah diantra hijaunya pepohonan hutan yang ada di sekeliling lokasi danau tersebut.

Di samping danau ini memiliki kekayaan biota laut yang indah, di lokasi ini para wisatawan dapat melakukan berenang bersama-sama dengan ikan-ikan kecil yang berada di danau. Atau bagi kita yang tidak akan berenang, kita juga bisa merasakan relaksasi bersama keindahan alamnya yang dapat memanjakan kita untuk melepaskan rasa lelah selama perjalanan panjang untuk mencapai lokasi.

Untuk sampai di lokasi kita membutuhkan waktu jarak tempuh selam +/- 6 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan mobil dari Ibukota Berau. Dan setelah sampai di jalan masuk danau perjalanan harus dilanjutkan dengan menggunakan kapal kecil sekitar 15 menit perjalanan barulah kita sampai pada titik spot Danau Labuan Cermin.

Selain dikenal sebagai tempat wisata alam yang menarik di Kabupaten Berau. Danau ini memiliki keunikan tersendiri, karena air di permukaan danau ini rasanya tawar, dan untuk air di bagian bawah Danau Labuan Cermin ini merupakan air asin. Menariknya kedua jenis air di obyek wisata alam ini tidak sama sekali bercampur satu sama lain.

 
danau-labuan-cermin-berau

Konon air tawar yang terdapat di Danau Labuan Cermin ini berasal dari mata air yang keluar dari danau tersebut, sedangkan air asinnya tersebut berasal dari air laut yang mengalir dari teluk Sumbang.

Secara kasat mata kedua jenis air ini dipisahkan oleh lapisan serupa dengan awan yang terbentuk secara alami. Maka tidaklah heran bila masyarakat setempat meberikan nama lain dari Danau Labuan Cermin adlah danau dua rasa.

Konon dari infromasi yang Direktori Wisata Indonesia terima dari pemandu wisata lokal setempat, asal mula dari penamaan tempat wisata Danau Labuan Cermin sendiri bersal dari pantulan sinar matahari yang menyinari danau ini cahaya tersebut memantul kembali ke atas seperti cermin yang di air.

Baca juga : Wisata Alam dan Heritage Kabupaten Berau

Cara menuju ke obyek wisata alam Danau Labuan Cermin kita bisa menggunakan akses penerbangan dari Bandara Sepinggan Balik Papan Kalimantan Timur yang kini telah berubah nama secara resmi menjadi Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman.

Dari Bandar Udara Balikpapan kita bisa mengambil penerbangan untuk menuju Tanjung Redep Kabupaten Berau.Walaupun Berau ini tidak setenar namanya seperti Derawan, namun Kabupaten ini menaungi Kepuluan Derawan.

Dari Berau perjalanan dilanjutkan melalui jalan darat dengan menggunakan kendaraan mobil yang akan kita tempuh selama waktu +/- 6 jam perjalanan menuju Kecamatan Biduk-Biduk. Selama perjalanan kita akan di suguhkan pemandangan hamparan hutan tropis dan perkebunan kelapa sawit menjadi obyek yang selalu kita temukan selama perjalanan. Lalu perjalanan di lanjut menuju spot obyek wisata alam Danau Labuan Cermin dengan mengunakan kapal kecil. Selamat liburan dan menikmati pesona wisata alam danau labuan cermin. []

 
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
 
 
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :