Pesona Wisata Alam Bukit Pasir Langlang Panyawangan Purwakarta

posted in: Jawa Barat, Purwakarta | 0

Direktori Wisata – Eksotisme paduan panorma alam keindahan obyek wisata alam di Desa Pusakamulya, Kecamatan Kearapedes, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Pasir Langlang Penyawangan Purwakarta

Mengisi liburan di kawasan Kabupaten Purwakarta menjadi hal yang menarik untuk ditelusuri. Lokasi yang tidak terlalu jauh dari Kota Bandung dan juga pusat Ibukota Jakarta menjadikan wilayah ini salah satu destinasi liburan yang perlu diperhitungkan bagi kita yang haus akan nuansa tempat wisata baru di Purwakarta bisa bertandang di Pasir Langlang Panyawanngan.

Tempat wisata alam Pasir Langlang Penyawangan ini memiliki ciri khas tersendiri yang bisa membawa kita menikmati panorama alam yang eksotis. Seperti sejuknya udara segar  dan rindangnya pepohonan pinus dengan latar belakang pemandangan indah hamparan kecil Kabupaten Purwakarta yang indah.

Obyek wisata Pasir Langlang Penyawangan letaknya tidak terlalu jauh dari pusat Kota Purwakarta atau +/- 1 jam perjalanan. Tempat wisata alam Purwakarta ini merupakan sebuah perbukitan dengan hutan pinus yang memiliki luas lahan sekitar 43 hektar.

Konon, asal muasal nama Pasir Langlang Panyawangan berasal dari bahasa Sunda yang terdiri dari “Pasir” berarti bukit dan Penyawangan tempat  menerawang atau memandang dari jarak jauh. Hal ini sesuai dengan keindahan dan pemandangan alam yang dapat diterawang dari tempat obyek wisata alam di Purwakarta ini.

Lanjut informasi…..
Awalnya tempat ini merupakan sebuah komplek kehutanan yang dikelola oleh pihak perhutani. Namun sekarang ini tempat ini dimanfaatkan sebagai obyek wisata alam yang bisa dimanfaat oleh masyarakat luas.

Pusakamulya Bike Park

Tidak hanya hutan tanaman pinus aja yang ada di lokasi. Salah satu yang membuat tempat wisata Purwakarta ini menarik adalah adanya trek khusus olah raga downhill yang diberi nama Pusakamulya Bike Park, rutenya kurang lebih 2000 meter dari puncak dengan kemiringan sekitar 120 derajat. Trek sepeda ini sengaja dibangun untuk menarik kedatangan para pengunjung di obyek wisata ini.

Bagi sahabat Direktori Wisata Indonesia yang ingin berkemah bisa melakukan di area camp. Di obyek wisata Pasir Langlang Penyawangan ini juga menyediakan area khusus perkemahan yang dilengkapi toilet bersih yang siap digunakan. Sedangkan untuk tarifnya sendiri tidak terlalu mahal kita hanya dikenakan biaya Rp. 5.000,- / orang.

Sekitar 600 meter dari kawasan perkemahan yang lokasi di atas, kita dapat menemukan Curug Pamoyanan yang indah, sahabat Direktori Wisata Indonesia bisa berjalan kaki untuk melihat keindahan air terjun yang tersembunyi di lokasi tersebut dengan mudah.

Lanjut…..
Sebelum kita sampai di curug sahabat Direktori Wisata akan melewati peninggalan bersejarah yaitu Goa Jepang yang diberi nama Guha Panyileukan.Konon informasi yang kami dapat dari seorang pengelola kawasan wisata ini goa ini merupakan peninggalan dari masaa penjajahan Jepang di Indonesia tempo dulu.

Baca : Pesona Wisata Air mancur Sri Baduga Purwakarta

Dan menurut cerita masyarakat lokal setempat, pada masa itu setiap orang yang bersembunyi di dalam goa tersebut tidak dapat tertidur lelap dikarenakan di dalamnya merasakan rasa takut yang luar biasa.Hingga saat ini kedalam goa tersebut belum jelas diketahui, hal ini dikarenakan para pekerja menggunakan sisteam rahasia yang menyulitkan untuk mendeteksi kedalam goa tersebut. Namun untuk panjang jalur goa diperkirakan mencapai 207 meter. Sementara faktor keselamatan pengunjung menjadi alasan pengelola mengapa goa tersebut sementara dilarang untuk dikunjungi.

Baca : Pesona Tempat Wisata Alam Bukit Penenjoan Purwakarta

Untuk menuju Bukit Pinus Panyawangan membutuhkan perjuangan ekstra hati-hati dengan medan jalan yang menanjak dan jalanan yang kurang begitu licin serta cukup sempit dan butuh konsentrasi.

Cara menuju wisata alam Bukit Pasir Langlang Panyawangan Purwakarta sahabat Direktori Wisata Indonesia dapat mengikuti rute jalan petunjuk yang terdapat dalam peta petunjuk.