Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Info / Pesona Wisata Air Mancur Sri Baduga Purwakarta

Pesona Wisata Air Mancur Sri Baduga Purwakarta

Air Mancur Sri Baduga Purwakarta Destinasi Wisata Purwakata Jawa Barat

Direktori Wisata – Air Mancur Sri Baduga yang terletak di Taman Sri Baduga,Situ Buleud, Negeri Kidul, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Purwakarta merupakan salah satu kota kecil di Jawa Barat yang memiliki beragam destinasi wisata yang menarik dikunjungi salah satunya adalah obyek wisata Air Mancur Sri Baduga yang terletak di Taman Sri Baduga Situ Belued yang terletak di pusat Kota Purwakarta tepatnya di Jalan KK Singawinata, Kampung Situ, Desa Negeri Kidul, Kecamatan Purwakarta,

Air Mancur Sri Baduga Purwakarta

Obyek wisata Air Mancur yang terletak di Taman Sri Baduga ini dilengkapi dengan unsur light effect dan api yang terletak di atas air. Variasi dari gerakan air mancur disesuaikan dengan alunan irama musik yang mengiringi pertunjukan. Dari berbagai irama cepat hingga lambat kita dapat menyaksikan alunan air mancur yang dilengkapi dengan warna-warna indah yang bersinergi dengan iringan hentakan musik yang dimainkan menjadi hiburan tersendiri yang menarik kita saksikan.

Air Mancur Sri Baduga ini letaknya di tengah-tengah kolam Situ Buleud yang mengelilingi tempat joging trek yang berada di area Taman Sri Baduga. Untuk pertunjukan air mancur tersebut bisa kita saksikan pada pukul 20.00 – 22.00 WIB. dan tidak dipugungut biaya. Dan obyek wisata air mancur ini merupakan air mancur terbesar di Indonesia untuk sekarang ini.

Konon pada awalnya Situ Buleud merupakan sebuah kolam untuk badak-badak berendam, yang sekarang telah berubah mejadi salah satu tempat wisata menarik di Purwakarta sebagai sarana hiburan dan taman rekreasi warga. Tidaklah heran bila kita mengunjungi kawasan wisata tersebut, kita akan menemukan sebuah patung badak yang menjadi salah satu ikon wisata Kota Pariwisata.

Dari informasi yang Direktori Wisata terima, situ yang berarti danau. Sedangkan Buleud sendiri artinya bulat atau bundar. Karena danau di tempat wisata Purwakarta ini berbentuk bulat atau bundar, maka diberinama dengan sebutan Situ Buleud. Selain itu, situ tersebut menjadi salah satu tanda yang berhubungan erat dengan perpindahan Ibukota Kabupaten Kerawang dari Wnayasa ke Sindangkasih pada tahun 1830 – an.

Cara menuju tempat wisata Air Mancur Sri Baduga Puwakata sangatlah mudah, karena lokasi pusat kotanya sendiri mudah dijangkau dengan kendaraan dari akses jalan tol yang bisa di tempuh dari Jakarta dan Bandung melalui Cikampek.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

10 Comments

  1. nama danaunya ternyata berasal dari bentuknya yang bulat bundar…beda ya dengan pemberian nama-nama tempat wisata sekarang, yang kebanyakan hanya sok keren dan sok kebarat-baratan,,,dan namanya ternyata kebanyakan tidak bermakna atau tak ada hubungan dengan tempat wisata itu sendiri.
    maaf baru bisa mampir ke blog suoer keren ini….keep happy blogging always,,,salam dari makassar-banjarbaru 🙂

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      Betul kang, ada sisi positif yang bisa di contoh dari pelestarian budaya dan sejarah yang dipadu serta dipoles menjadi tempat wisata dan taman hiburan terbuka untuk umum. Semoga semakin banyak bermunculan tempat wisata di daerah yang keren seperti ini untuk liburan warga dan daya tarik wisatawan untuk mengunjungi daerahnya, agar dapat meningkatkan perekonomian rakyat ke arah yang lebh positif dan menghasilkan keberkahan untuk warganya.. Amiin…

  2. Keren banget tempatnya, Mas Indra..
    Wisata alam seperti ini, memang layak untuk dijaga dan dirawat untuk bisa dinikmati oleh khalayak ramai.. 🙂

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      Betul Da, ini meruakan salah satu taman bermain dan rekreasi lapang terbuka bagi warga dan masyarakat sekaligus tempat untuk berkumpulnya warga menikmati hiburan yang atraktif di Kota Purwakarta.

  3. Aku pernah kesana, tapi siang hari. Aku suka dengan purwakarta, lain waktu harus bisa kesana lagi untuk berwisata. Patung -patung wayangnya yang bikin aku mempesona.

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      Enak nih kang bisa jadi tempat nongkrong yang indah klau siang, apalgi sekarang ada patung anoman besar di sana dan bebeberapa patung yang terdpat di Kota Purwakarta.

  4. Mohammad Fanirifanto berkata:

    Wah … indah banget kalau malam Kang @direktoriwisata:disqus … kalau siang gimana Kang ? Cakep juga ?

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      Siang juga tempatnya oke kang, tapi air mancurnya tidak nyalah dan lampunya mati, tapi tempatnya oke ko.

  5. maksudnya situ buleud ya buka belued 🙂 buleud artinya bundar hehehe. Rumah kakekku di situ soalnya

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      Kalau ejaan da bahasa daerah psti buat otakku mbulet mba, alias keriting untuk mencari banyak tahu arti dan makna, wah asik dong kalau dekat sama keluarga di sana. Minimal bisa liburan bareng sekaligus silaturahmi dengan keluarga di sana.

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :