Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Info / Pesona Tempat Wisata Kabupaten Kendal

Pesona Tempat Wisata Kabupaten Kendal

Menjelajah Tempat Wisata Kabupetn Kendal, Jawa Tengah

Direktori Wisata – Kabupeten Kendal memiliki beraneka ragam tempat wisata dengan berbagai keunikan seni budaya, kuliner dan kerafian lokal masyarakatnya.

Letak Kabupaten Kendal berada di Pantura Pulau Jawa yang berbatasan langsung dengan Kota Semarang sebagai Ibukota Propinsi Jawa Tengah. Hal ini menjadikan kami mudah menemukan lokasi pintu gerbang untuk menuju daerah kota Kendal yang akan menjadi tempat wisata yang mudah ditelusuri.

Mengisi liburan di Kabupaten Kendal kita akan banyak menemukan berbagai macam keunikan seni budaya. Dimana seni budaya dari masyarakat Kendal salah satunya yaitu pesta laut yang merupakan pestanya para nelayan.

Dari informasi yang diterima Direktori Wisata, acara pesta laut yang di adakan dengan tujuan sebagai bentuk ucap syukur masyarakat Kendal kepada Tuhan yang telah memberikan keselamatan dan rejeki berupa ikan yang melimpah. Acara ini dimeriahkan dengan diadakannya pasar malam, wayang kulit, dan parade perahu hias, dan dilaksanakan setiap bulan suro (tahun penanggalan Jawa) di desa Tawang, Sendang, Tanggul Malang, dan Bandengan.

Selanjutnya adalah tradisi Syawalan Kaliwungu yaitu Khaul ulama Kyai Asyari yang dimeriahkan dengan pasar malam, pengajian, hiburan rakyat dan pedagang Tiban setiap minggu setelah learan di Masjid Kaliwungu.

Lanjut informasi….
Selain memiliki keunikan seni budaya sebagai daya tarik pesona wisata Kota Kendal, kawasan ini juga memiliki kerajinan hasil dari produksi masyarakat khas Kota Kendal seperti;

  • Batik Kendal, Batik khas Kendal dengan motif flora, fauna, abstrak dan pewarnaannya yang kalem hingga terang. Batik Kendal dapat dijumpai di Kaliwungu, Weleri.
  • Payung Kertas, payung kertas diproduksi oleh perajin dari kampung Ngaglik desa Kutoharjo kecamatan Kaliwungu.
  • Gerabah Kendal, kerajinan gerabah, seperti kendil, layah, mutu, tungku, pot bunga dan lain-lain yang diproduksi oleh masyarakat di Kelurahan Langenharjo, Kecamatan Kendal.

Setelah informasi keunikan seni budaya dan hasil kerajinan khas masyarkat Kabupaten Kendal yang bisa kita jumpai di kawasan ini, kita bisa melakukan jelajah tempat wisata Kabupaten Kendal yang bisa kita telusuri dengan cara memiliki obyek wsata yang diseuaikan dengan kebutuhan kita pada saat kita mengunjungi Kabupaten Kendal, jawa Tenagh.

Berikut contoh beberapa tempat wisata Kabupaten Kendal seperti :

Tempat Wisata Kabupaten Kendal:: Pantai Cahaya

Obyek wisata Pantai Cahaya terletak di Desa Sendang Sikucing, Kecamatan Rowosari, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Obyek wisata ini dilengkapi dengan permainan anak, taman rekreasi pantai, pentas lumba-lumba, waterpark, panggung hiburan, mainan anak, hutan wisata, mini zoo.

pantai-cahaya-kabupaten-kendal

Untuk menuju lokasi Pantai Cahaya Kabupaten Kendal sementara waktu satu-satunya transportasi menuju ke lokasi hanya dapat menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan jasa penyewaan motor atau ojek.

Tempat Wisata Kabupaten Kendal:: Agrowisata Plantera

Obyek Agrowisata Plantera merupakan surganya tempat wisata alam perkebunan yang menghasil buah, antara lain durian, kelengkeng, rambutan, buah naga, dan lainnya.

agrowisata-plantera-kendal

Tempat Agro Wisata Plantera ini kita dapat berkeliling perkebunan menggunakan mobil khusus dan berhenti di pos untuk menikmati hasil buah-buahan yang tersedia. Plantera juga dilengkapi dengan sarana outbound dan danau buatan yang indah sebagai tempat wisata keluarga di Kabupaten Kendal.

Tempat Wisata Kebupaten Kendal:: Citra Asri Gonoharjo

Obyek wisata Citra Asri Gonoharjo merupakan tempat wisata alam yang menyediakan pemandian air panas, terletak di Desa Gonoharjo Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

pemandian-gonoharjo-kendal

Tempat wisata Kabupaten Kendal menawarkan keindahan alam dan udara yang sejuk dan telah dilengkapi dengan fasilitas rumah adat, kafateria, taman, kolam renang, dan area outbond.

Tempat Wisata Kabupaten Kendal:: Kampoeng Djowo Sekatul

Obyek wisata Kampoeng Djowo Sekatul atau Kampung Jawa Sekatul merupakan sebuah tempat wisata di Desa Margosari Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal. Jawa Tengah. Tempat wisata Kendal ini menawarkan tempat liburan dan rekreasi dengan nuansa alam pedesaan dengan bangunan khas Jawa kuno, Joglo, yang sangat kental.

kampoeng-djowo-sekatul-kendal

Kampoeng Djowo Sekatul yang terdapat di tempat wisata Kabupetan Kendal ini juga dilengkapi dengan area pemancingan, outbond, penginapan, rumah makan lesehan, dan tempat penjualan cinderamata, sehingga sangat cocok sebagai tempat rekreasi keluarga.

Tempat Wisata Kabupaten Kendal:: Agrowisata Tirta Arum Baru

Obyek Agrowisata Tirta Arum Baru merupakan tempat wisata alam Kendal yang terletak di Jl.Soekarno Hatta km 27. Tempat wisata ini menawarkan ragam permainan dan fasilitas, antara lain : berkuda, flying dox, arena ATV, kolam renang, pemancingan, dan sara outbond lainnya.

Agrowisata Tirto Arum Baru memberi nilai tambah dengan adanya lokasi untuk menikmati wisata kuliner bagi pengunjung yang ingin menikmati suasana makan di tengah kesegaran hamparan kehijauan padi di sawah.

Tempat Wisata Kabupaten Kendal:: Pantai Sendang Sikucing

Obyek wisata Pantai Sendang Sikucing Kebaupaten Kendal menawarkan keindahan panorama pantai yang eksotik pada saat matahari terbit dan tenggelam. Setiap wisatawan atau pengunjung juga dapat menaiki perahu atau melihat proses pembuatan ikan asin yang dilakukan oleh nelayan setempat. Bila berkenan, kita juga dapat membeli oleh-oleh berupa hasil olahan ikan asin yang diperjual belikan oleh para nelayan.

Tempat Wisata Kabupten Kendal:: Tirta Nusantara
Obyek wisata keluarga di Desa Cangkiran Boja yang dilengkapi dengan fasilitas pemancingan, rumah makan, lesehan, waterpark, ruang rapat dll. Hal yang menarik ialah air di kolam pemancingan Wisata Tirta Nusantara berasal dari 7sumber mata air yang mengalir sepanjang tahun.

Setalah keliling di tempat wisata Kabupaten Kendal, kita dapat mennikmati sajian kuliner khas dari daerah tersebut seperti :

  • Bandeng Cabut Duri, masakan yang berbahan dasar ikan bandeng yang dicabut durinya dan dapat ditemui di daerah Brangsong, Patebon.
  • Rambak, kerupuk berbahan kulit kerbau atau sapi dengan rasa gurih.
  • Kerupuk Petis dan Udang, kerupuk gurih dengan rasa petis dan udang.
  • Sate Bumbon Sapi, Lauk kesukaan masyarakat Kendal dengan rasa lezat. Menu ini daoat dijumoai di RM Pak Rochmad, sebelah timur perempatan Pegandon.

Pesona tempat wisata Kabupaten Kendal yang eksotis tersebut di atas merupakan contoh obyek wisata yang bisa menjadi salah satu alternativ obyek wisata yang bisa kita kunjungi pada saat liburan.  Yuk, liburan di Kendal.{}

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

4 Comments

  1. saya belum pernah ke Kendal, ternyata banyak juga objek wisata yang sangat menarik yang bisa dikunjungi disana. mungkin kalau ada kesempatan kesana, yang pertama saya kunjungi adalah sendang sikucing..

    • Kawasan Kabupaten Kendal memamng memiliki beberapa obek wisata yang menarik dikunjungi untuk menghbiskan waktu liburan Mba, apalagi kalau bisa mengunjungi kawasan yang eksotis ini bersama keluarga, enak benar deh. 😀

  2. kalo saya di Tegal pak, sekilas terdengar sama Kendal dan Tegal. tapi pastinya Kendal lebih sip, Tegal kurang grget

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :