Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Jogjakarta / Pesona Tempat Wisata Gunungkidul Yogyakarta

Pesona Tempat Wisata Gunungkidul Yogyakarta

Menikmati Destinasi Wisata Gunungkidul Yogyakarta Yang Menawan

Direktori Wisata –  Menikmati tempat wisata Yogyakarta dengan romantika wisata alam pantai, gunung dan goa yang menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjug di Jogja.

Yogyakarta memliki sejuta pesona tempat wisata yang menarik dikunjungi, salah satunya adalah kawasan Gunungkidul yang terkenal dengan tempat wisata alamnya yang menjadi magnet tersendiri bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara dalam menyambangi kota yang mendapatkan julukan sebagai kota pelajar dan budaya ini.

Pesona Tempat Wisata gunung Kidul Yogyakarta

Daerah Pegunungan Karst Gunungkidul Yogyakarta menyimpan sejuta pesona keindahan alam. Bagi kita penyuka wisata petualangan dapat mencoba tantangan ekstrimnya di salah satu obyek wisata alam Goa Jomblang yang tepatnya berada di desa Pacar Ejo, Kecamatan Semanu Gunungkidul, Yogyakarta.

Untuk informasi,tempat wisata alam Gua Jomblang Gunungkidul termasuk gua vertikal yang berdiameter 50 meter yang memiliki kedalam 60 meter. obyek wisata ini terbentuk dari amblesnya tanah ke dasar bumi yang berumur ribuan tahun yang lalu. Ketangguhan goa jomblang sebagai tempat wisata yang dapat menguji adrenalin sangat diminati oleh para wisatawan untuk menyambangi kawasan ini.

Wisata Gua Jomblang Gunung Kidul Yogyakarta

Konon, tempat wisata alam Gua Jomblang Gunungkidul Yogyakarta ini setiap harinya dipenuhi oleh pengunjung yang akan menyaksikan pesona keindahan Goa Jomblang di tempat wisata Gunung Kidul Yogyakarta.

Selain harus memiliki mental yang berani untuk dapat menikmati obyek wisata Gua Jomblang ini, faktor keselamatan dan kenyamanan harus menjadi perhatian utama bagi para peserta dan pengawas yang bertugas di lokasi ini. Kita akan merasakan sensasi rasa takut dengan rasa takjub saat menuruni goa dari atas yang menggunakan full body harness dengan di pandu oleh pemandu lokal yang telah terlatih secara profesional. Para petugas yang selalu mengawasi kita saat mulai melakukan petualangan wisata di Gua Jomblang Gunungkidul Yogyakarta.

Selanjutnya kita bisa melakukan perjalanan wisata petualangan dengan menyusuri lorong yang menghubungkan Gua Jomblang dengan gua vertikal lainnya  yaitu Gua Grubug Gunungkidul Yogyakarta dengan medan yang cukup curam dan licin, Pada lokasi ini  kita dituntut harus berhati-hati dan terus menjaga keselamatan dan tetap berkordinasi dengan petugas yang mendampingi perjalanan wisata petualangan kita di daerah Gunungkidul Yogyakarta.

Jalan setapak sepanjang +/- 200 meter dengan suasana gelap dan lembab akan kita temukan di lokasi ini untuk kita susuri hingga sampai di tempat wisata alam Gua Grubug nan eksotis. Dimana kita akan menemukan sebuah seberkas cahaya terang yang terlihat muncul di tengah kegelapan dari sela gua yang berlubang dari atas. dan inilah yang sering disebut oleh para pecinta dunai wisata petualang yang mereka sebut dengan nama “seberkas cahaya surga” yang bisa kita temukan di Goa Grubug Gunungkidul Yogyakarta.

Wisata Alam Gunung Kidul Yogyakarta

Bila kita akan menemukan suasan eksotis di tempat wisata alam Goa Grubug Gunungkidul Yogykarta ini, kita harus dapat mengatur waktu perjalanan dengan tepat. Karena kondisi cahaya matahari yang dapat langsung menembus menyinari dalam goa ini hanya bisa ditemukan sekitar pukul 11.00 hingga pukul 13.00 WIB.

Di tempat wisata alam dalam bumi Gunungkidul Yogyakarta ini juga terlihat cahaya sinar matahari yang masuk dari pantulan sejumlah stalaktit dan stalakmit serta dinding goa. Dan ini semua hanya bisa ditemukan di tempat wisata Jogja yang tidak akan bisa kita temukan di daerah lainnya.

Sedangkan pesona tempat wisata pantai Gunungkidul Yogyakarta  belakangan ini sedang menjadi primadona yang banyak di kunjungi oleh wisatawan. Konon kawasan Gunungkidul Yogyakarta yang Direktori Wisata terima informasinya di Gunungkidul ini terdapat sekitar 60 tempat wisata pantai yang memiliki pesona lama yang indah, dan salah satunya adalah Pantai  Nguyahan Gunung Kidul Yogyakarta. Pantai Gunyahan Gunungkidul Yogyakarta yang menyajikan pemandangan pantai dengan hamparan rumput laut yang meyerupai permadani nan hijau di pesisir pantainya.

Pantai Ngobaran Gunug Kidul Yogyakarta

Sedangkan untuk di tempat wisata Pantai Ngoabaran Gunungkidul Yogyakarta kita akan menemukan suasana pantai yang di atas puncak bukitnya terdapat pemandangan sebuah pura seperti di kawasan wisata Bali. Dan jika ingin sampai di lokasi pantainya kita harus menyusuri anak tangga yang tersedia di lokasi.

Bergeser di okasi obyek wisata pantai lainnya kita bisa menikmati tempat wisata Pantai Ngerenehan. Uniknya pantai ini lebih landai serta terdapat perahu-perahu nelayan yang mudah kita temukan di lokasi pantai ini. Pantai ini cukup nyaman untuk kita gunakan aktifitas liburan untuk berenang, dan jarak pantai ini tidak terlalu jauh dari Pantai Ngobaran yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki.

Kunjungi kawasan Wisata Pantai Wediombo Gunungkidul Yogyakarta

Bila bosan berkunjung di tempat wisata pantai Gunungkidul Yogyakarta , kita bisa menymbangi sebuah kawasan obyek wisata alam yang cukup dikenal di kalangan masyarakat, yaitu obyek wisata Gunung Api Purba yang terletak di Desa Langgeran, Kecamatan Pathuk, Gunungkidul, Yogyakarta yang berjarak +/- 30 km dari pusat Kota Yogyakarta dan hanya memerlukan waktu +/- 30 menit dengan menggunakan kendaraan mobil.

Gunung Ekopark Api Purba Gungung Kidul

Tempat wisata alam Gunung Api Purba Yogyakarta terletak d ketinggian 700 mdpl kontur di gunung ini yang didominasi oleh bebatuan, dan kita bisa menyaksikan batuan besar yang terdapat di lokasi sebagai bukti betapa dahsyatnya erupsi pada saat waktu itu.

Untuk destinasi wisata alam berikutnya yang bisa kita temukan di kawasan Gunung Kidul Yogyakarta adalah Gua Rancang Kencana, untuk menuju tempat wisata alam gua ini kita hanya membutuhkan waktu -/- 20 menit dengan menggunakan kendaraan dari kawasan Gunung Api Purba.

Gua Pancang Kencana Gunung Kidul

Di tempat wisata alam Gua Rancang Kencana ini kita dapat menemukan sebuah pohon besar yang menjulang tinggi dan menjadi ikon gua ini. Konon usianya pohon tersebut telah mencapai +/- 3,5 abad. nama phon tersebut adalah Pohon Klupit.

Bukan hanya tempat wisata alam gua dan pantai yang bisa kita nikmati di tempat wisata Gunungkidul Yogyakarta. Dan Yogyakarta yang juga dikenal dengan rasa kulinernya yang memikat dan dapat memikat hati para penikmatnya, bila kita menyambangi kawasan Yogyakarta semakin kita masuk ke dalam plosok kawasan ini, semakin banyak kita akan menemukan kulier khas Yogyakarta yang semakin banyak di cari orang salah satunya kuliner Sambel Belut dan Oseng Belut yang bisa kita coba saat menyambangi kawasan Gunungkidul.

Untuk jenis kuliner khas Gunungkidul yang bisa kita temukan selanjutnya dan menjadi makanan khas masyarakat setempat yaitu belalang goreng. Kuliner belang goreng ini merupakan makanan yang terbuat dari belalang kayu. Konon dulunya belalang kayu dianggap sebagai hama yang merugikan para petani di daerah ini. Namun sekarang ini dimanfaatkan oleh warga untuk menjadi sumber penghasilan dan pangan alternatif.

Biasanya masyarakat di Gunugkidul mencari belalang kayu yang terdapat di pohon jati,  dan menangkap belalangnya masih secara tradisional dengan menggunakan rantng bambu yang dibalur lem agar belalangnya menempel di ranting bambu. Untuk mengolahnya belalang hasil tangkapan kaki dan isi perutnya dibuang , setelah itu dicuci dan dibalur dengan berbagai bumbu racikan dari bawang putih dan garam saja. Konon, hal ini agar dapat menghasilkan belalang goreng yang gurih dan enak.

Baca juga Jelajah Wisata Kuliner di Yogyakarta

Sebagai tambahan informasi, kuliner belalang goreng ini memiliki nutrisi yang cukup tinggi dari yang hasilkan oleh udang. Belang goreng ini memiliki sebutan khusus yang sering digunakan oleh masyarakat setempat yaiitu walang goreng. Dan untuk rasanya sedkit gurih dan asin.

Untuk mengunjungi dan menikmati pesona wisata Gunungkidul Yogyakarta ini kita hanya memerlukan jarak waktu tempuh yang tidak terlalu lama dari pusat Kota Yogyakarta dengan menggunakan kendaraan mobil hingga bisa sampai di daerah Gunung Kidul, bila kita akan menuju ke tempat lokasi obyek wisata yang tersebut di atas bisa mengikuti rute jalan yang telah kami buat di dalam Google Map di bawah ini.Selamat liburan di Yogyakarta.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

33 Comments

  1. dulunya termasuk wilayah tandus mas, tapi karena ada pengembangan desa wisata, akhirnya gunung kidul banyak juga dikunjungi oleh wisatawan lokal dan mancanegara. salah satu tracking wisata yang favorit adalah telusur gua, katanya menimbulkan sensasai tersendiri.

    • oh ya sempat juga ikutan susur gua dulu bersama mapala kampus mas. lumayan asik dan penduduknya yang ramah

      • Kapan itu mas…

        • kasih tau ga ya ?

        • Indra Kusuma Sejati berkata:

          Kasih tahu dong….

        • dulu waktu saya kulian di jogja sekitar tahun 2004.

        • lama banget, 2004 mah saya masih SD.. hehehe

        • alamak…saya lulus SMA tahun 92 gan….tapi baru kul 2002 karena cari dana dulu baru kuliah

  2. Yogyakarta memang memiliki sejuta pesona wisata …apa lagi posisinya sangat dekat dgn pantai…Kang….saya juga ingin berencana kesana g tahu kapan padahal dekat dengan kampung saya loh kang…

    • kok tau mas, ngintips ya

      • Indra Kusuma Sejati berkata:

        Biasa mas, kan sukan jalan-jalan si akang yang satu ini teman kita. he,, he, he,

  3. pesona wisata yangsangat indah ya mas indra 🙂

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      yups memang kalau jalan-jalan di daerah Gunung Kidul banyak obyek wisata yang asik di telusuri mas.

  4. saya belum pernah ke Pantai Nguyahan dan Goa Jomblang Kang, dulu waktu masih Di Yogya cuma baru Ke Pantai Baron, Krakal, Kukup, Sundak saja kayaknya… liburan semester rencananya klo jdi dan gak ada halangan mau ke Yogya, jadi penasaran pengen tau Goa Jomblang dan Pantai Nguyahan nih …

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      Sensasinya paling enak kalau ke Goa Jomblang Kang, lumayan petualangannya seru banget di sana.

  5. puranya bagus banget tuh mas

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      Romantis banget kang….. kalau ke situ, tapi jangan pas berbarengan sama yang lagi ibadah di sana.

      • nanti malah ikutan ibadah.. hehehehe

        • betul betul betul

  6. dari semua tempat didaerah gunung kidul itu koq saya belum ada yg pernah tau loya
    kasian kan saya

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      nanti kalau kang Eka pulang kampung ikut kang….. siapa tahu nanti diajak.

      • heheheee….makanya jalan2 mas, biar seger melihat yang seger-seger…hehehehheeeerrrrrrr

        • saya pesen satu

      • saya mau dong diajak..

  7. besok deh saya mau kesana
    kalau inget tapi

    • aku tungguin ya dekat tugu ya. nanti kita ke sananya naik sepeda aja biar sehat

      • gimana kalo ngesot dari Padang ke Yogya ?
        masuk forbes kali ya ? ato masuk rumah sakit.. wk wk wk

        • masuk rumah sakit kayaknya…hahahaa

        • saya nggak ikutan loh
          beneran

  8. guung kidul yang tahun 80 an termasuk daerah yang kurang tergali potensinya kinisetelahnya memiliki banyak destinasi wisata yang menakjubkan banget ya

    • betul mas, bahkan mungkin udah mendunia yaa..

  9. Gunung kidul memang mantap, sayangnya jauh banget dari tempat saya.
    tapi kalo nggak salah, semester 5 nanti, angkatan saya bakan studi banding dan plan visit ke Jakarta, Bandung dan Yogyakarta. Tiap tahun, satu angkatan emang ngelakuin ini.
    semoga saja masih diberi panjang umur dan bisa kesana semester 5 nanti.. amiiinn

  10. tumben nih kang indra cukup lama nggak apdet loya.
    sedang sibuk ya?

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :