Pesona Tempat Wisata Gorontalo Utara

posted in: Gorontalo | 4

Pesona Surga Tersembunyi di Gorontalo Utara, Sulawesi

Direktori Wisata –  Surga tersembunyi di tempat wisata di Pulau Lampu dan Sarende nan eksotis sebagai tempat liburan di Gorontalo, Sulawesi.

Indonesia yang memiliki belasan ribu pulau yang membentang antara dua benau samudra serta dilalui garis katulistiwa membuat posisi tempat wisata yang ada di Indonsia sangatlah strategis serta sulit di tandingi. Bahkan Indonesia msin banyak terdapat tempat wisata yang memiliki potensi besar di daerah yang banyak di ketahui oeh para wisatawan lokal maupun mancangera, salah satunya adalah tempat wisata di Gorontalo Utara.

Tempat Wisata Gorontalo Utara Pulau Lampu
Pulau Lampu merupakan salah satu tempat wisata Gorontalo Utara yang dapat ditempuh +/- 1 jam perjalanan dari pelabuhan peikanan Kuandang Ibukota Kabupaten Gorontalo Utara. Dan dengan perahu nelayan yang disebut pamo bertarif sewa Rp. 350.000,- / kapal, kita bisa melakukan perjalanan menuju tempat wisata Pulau Lampu.

Pulau Lampu Gorontalo

Pulau Lampu yang terdapat di Gorontalo Utara ini merupakan pulau dengan hamparan berpasir putih sehalus tepung. Pulau ini terletak di belakang Pulau Saronde tepatnya di Desa Ponelo Kecamatan Kuandang, Kabupaten Gorontalo Utara. Konon dulunya pulau ini bernama Pulau Hulawa yang menurut bahasa masyarakat setempat yang berarti emas.

Lanjut informasi yang Direktori Wisata terima di suatu tempat yang terdapat di pulau ini terdapat simpanan emas Belanda dalam jumlah yang besar. Jadi tidak heran bila pulau ini mendapat julukan sebuah pulau cantik dengan legenda harta karun yang terpendam di dalamnya.

Nama tempat wisata Pulau Lampu yang berasal dari adanya menara mercusuar pemandu kapal nelayan dan kapal elayaran lainnya. Keberadaan menara mercusuar ini juga menjadi salah satu daya tarik wisata yang amatdigemari oleh wisatawan.Pada waktu-waktu tertentu wisatwan dapat masuk untuk melihat-lihat dan mengabadikannya dalam gambar maupun video.

Pada sisi tepian pantai yang terdapat di tempat wisata Pulau Lampu ini  kita dapat menemukan tanaman dan peohonan cemara laut yang tinggi serta rindang. Dan perairan disekitaran tempat wisata di Pulau Lampu ini sangat jernih airnya, dengan warna airnya yang berwana biru serta kehijauannya yang mempesona kita dapat menembus dengan pemandangan bawah laut secara langsung dengan mata telanjang tanpa alat apapun.

Pemandangan ikan-ikan laut yang beraneka ragam dan beraneka warna yang berenang ke sana ke mari mampu menghilangkan stres yang dirasakan kesibukan kita sehari-hari. Karang-karang yang indah pun dapat terlihat dari permukaan air laut. Pesona keindahan Pulau Lampu Gorontalo Utara ini tidak hanya berhenti di satu titik tempat di pantai dan dalam lautnya. Karena pulau ini di selimuti dengan indahnya psir putih yang sangat lembut.

Ada beberapa spot yang bisa kita kunjungi saat kita  berlibur di tempat wisata Pulau Lampu ini salah satunya adalah rumah peninggalan jaman Belanda dengan arsitekturnya yang khas. Bangunan rumah Balnda yang terdapat di pulau ini dibangun pada tahun 1917.

Tempat Wisata Gorontao Utara Pulau Sarende
Pulau Sarende merupakan salah satu tempat wisata Gorontlo Utara yang dikenal sebai tempat wisata bahari yang menjadi destinasi favorit para wisatawan untk liburan di Gorontalo. Pulau ini terletak di Desa Pontolo atau 12 mil laut dari pelabuhan Kuandang. Untuk mencapai pulau yang cantik ini hanya dibutuhkan waktu +/- 15 menit dari Pulau Lampu.

pulau-sorende-gorontalo

Konon, tempat wisata Pulau Sarende ini  diresmikan pada tahun 1986 bernama Hulapa. Nama tersebut diambil dari sejenis nama tanaman bambu yang banyak tumbuh di pulau ini. Namun sebelum tahun 1980 – an pohon bambu tersebut telah habis ditembangi oleh para nelayan yang basa berlindung dari badai dan bersandar di pulau ini.

Pulau Sarende Gorontalo Utara ini memiliki pantai yang berpasir putih bersih , landai dan lembut dengan air laut yang jernih. selain sebagai tempat liburan yang asik, pulau ini juga bisa menjadi salah satu pulau untuk tempat wisata honeymoon atau bulan madu bagi para pasngan muda yang akan melakukan liburan setelah menikah ataupun  melakukan liburan bersama pasangan tercinta.

Kegiatan liburan yang bisa kita lakukan di Pulau Sorende ini adalah berenang di laut berpasir putih yang tenang dan bersih, ataupun melakukan snorkling menikmati indahnya alam bawah laut di Pulau Sorende yang mmiliki tepat wisata titik spot menarik yang berada di sebelah pantai timur Pulau Sarende.

Bagi kita yang akan menginap di Pulau Sarende di pulau ini terdapat penginapan cottage yang biisa dijadikan tempat penginapan di pulau ini. Namun, adanya baiknya sebelum kita melaukan perjalanan siapakan perpekalan makanan dan minuman serta barang yang menjadi keperluan kita, karena di pulau in belum terdapat tempat untuk berbelanja barang kebutuhan sehari-hari.

Cara menuju tempat wisata Pulau Lampu dan Pulau Sarende di Gorontalo Utara yang menjadi tempat liburan untuk honeymoon ini sangatlah mudah. Bagi kita yang berasal dari luar Pulau Sulawesi ataupun daerah Gorontalo dapat dengan mudah mengunjgi ke dua pulau tersebut di atas dengan menggunakan maskapai penerbangan melalui bandara udara Jalaludin Gorontalo, lalu dilanjut dengan perjalanan darat menuju pelabuhan Kuandang, lalu menyebrang dengan mengunakan kapal.

Follow Indra Kusuma Sejati:

Seorang blogger biasa yang mencoba melihat fakta dengan cara pandang baru untuk berbagi informasi melalui digital internet.