Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

 
Home / Indonesia / Jawa Barat / Pesona Tempat Wisata Curug Cikaso Sukabumi

Pesona Tempat Wisata Curug Cikaso Sukabumi

 

Menelisik Pesona Keindahan Wisata Alam Curug Cikaso Sukabumi

Direktori Wisata – Pesona wisata alam Curug  Cikaso yang terletak di Cibiliung, Kecmatan Japang Kulon, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Sukabumi merupakan salah satu daerah yang memiliki tempat wisata alam yang dikenal dengan pemandangan yang indah dan masih alami. Dimana kawasan wisata Sukabumi dikenal dengan udara sejuk yang menjadikan kawasan tempat tinggal yang mengasyikan. Di Jawa Barat Kabupaten Sukabumi bertetangga dengan Bogor,  Bandung dan Cianjur. Kawasan ini dikenal sebagai Kabupaten yang terluas di Jawa Barat.

Untuk menuju lokasi Curug Cikaso Direktori Wisata bersama rekan-rekan harus menuju Kota kecil yang beranama Surade, selanjutnya perjalanan di lanjutkan dengan kendaraan (kita bisa memilih kendaraan roda dua / ojek atau angkutan umum) hingga tiba di pertigaan Jalan Cikaso dengan kondisi jalan yang berliku dan beraspal cukup baik.

Lalu perjalanan dilanjutkan menelusuri anak sungai Cikaso dengan menggunakan perahu motor kayu yang dapat menampung 5 hingga 10moang penumpang yang bia gunakan dari Kampung Ciniti menuju lokasi tempat wisata Curug Cikaso.

Selama perjalanan kita akan ditemani hijaunya hamparan sawah dan indahnya alam pegunungan yang akan memanjakan mata kita dengan sajian pemandangan nan eksotis.

Wisata Curug Cikaso Sukabumi

Curug dalam bahasa sunda yang dipergunakan bagi masyarakat lokal Sukabumi Jawa Barat yang artinya air terjun. Menurut informasi yang kami terima Curug Cikaso memiliki ketinggiana +/- 80 meter dengan lebar +/- 100 meter.

Curug Cikaso ini dulunya menyandang nama asli Curug Luhur, yang mengalir dari anak sungai Cikaso yang bernama Cicurug. Namun oleh kebanyakan orang Curug ini lebih dikenal dengan nama Curug Cikaso.

 

Namun, ada juga yang menyebut Curug ini dengan sebutan Curug Ciniti, hal ini dikarenakan Curug ini masuk dalam kawasan Ciniti, maka tidklah heran bila masih ada juga yang menyebut Curug ini dengan sebutan Curug Ciniti. Tapi sekarang kebanyakan orang sering menyebutnya dengan sebutan Curug Cikaso.

Selain menjadi salah satu obyek wisata alam Sukabumi yang memiliki pesona keindahan alamnya, Curug Cikaso sejak dulu hingga tempat lokasi ini masih dianggap keramat oleh sebagian orang.

Kolam Curug Cikaso Sukabumi

Curug Cikaso terbentuk dari tiga air terjun yang berdampingan yang di bawahnya terdapat kolam air yang hijau kebiru-biruan. Kedua titik air terjun tersebut dapat dapat terlihat dengan jelas, sedangkan yang satunya lagi terlihat agak tersembunyi dengan tebing yang menghadap ke timur.

Kunjungi Emperan Surga Yang Tercecer Di Kawasan Wisata Alam Ciletuh Geopark Sukabumi, Jawa Barat

Konon, masing-masing curug  dari ketiga curug tersebut memiliki makna tersendiri, Nama Curug tersebut adalah Curug Pantai Laut Selatan dimana menurut cerita legenda di balik dinding Curug tersebut terdapat barang milik Ratu Pantai Laut Selatan.

Baca juga : Aura Eksotisme Pasir Pantai Pasir Putih di Ujung Genteng Sukabumi

Untuk nama curug berikutnya adalah Curug Prabu Siliwangi, konon menurut cerita masyarakat setempat dulunya curug ini dijadikan tempat pemandian Prabu Siliwangi dalam perjalanannya menuju ke pesisir Pantai Selatan.

Curug Cikahuripan Cikaso Sukabumi

Sedangkan Curug yang paling kecil namanya Curug Cikahuripan, dimana curug ini merupakan curug yang dianggap paling istimewah, dan curug ini sering dijadikan tempat pemandian orang yang memiliki maksud tertentu agar harapan yang mereka miliki agar terkabul.

Baca juga : Pesona Wisata Curug Sodong Ciletuh Geopark Sukabumi

Terlepas dari kisah dan cerita legenda yang merpakan kepercayaan dari masyarakat lokal tersebut di atas dari ketiga curug yang terdapat di tempat wisata alam Sukabumi ini,  Kawasan ini merupakan salah satu potensi keindahan alam yang harus dijaga di olah secra benar bagi kemajuan wisata Sukabumi yang indah.[]

 
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
 
 

4 Comments

  1. indah banget kang air terjunnya, wisata seperti ini nih yang belum pernah saya jumpai, ngiler lihatnya. hehee

  2. curug cikaso sungguh mempesona, adem kayaknya kalo nyebur dibawahnya

    • hahaha, betul mas, seperti yang iklannya adem sari mas indah 🙂

  3. sangat indah dan menjadi minat untuk ke Gunung Cikaso mas 🙂

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :