Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Sumatera / Bangka Belitung / Pesona Tempat Wisata Bangka Belitung Nan Eksotis

Pesona Tempat Wisata Bangka Belitung Nan Eksotis

Eksotisme Pulau Bangka Belitung Yang Selalu Buat Kangen

Direktori Wisata – Pesona dan keindahan tempat wisata Bangka Belitung yang menjadi favorit daya tarik wisatawan.

Indonesia merupakan sebuah negara bagaikan lukisan yang di ciptakan oleh Sang Pencipta yang diciptakan hamparan mahahakarya yang indah. Bahkan keindahan negeri ini menjadi sebuah magnet daya tarik wisatawan lokal dan mancanegara untuk singgah ke tempat wisata indonesia yang dikenal indah. Salah satunya adalah Pulau Bangka Belitung.

Pesona Wisata Bangka Belitung

Pulau Bangka bukan hanya dikenal sebagai penghasil timah namun, warganya dikenal hidup rukun ditengah budaya multikultur, dimana di daerah ini masyarakat dari etnis melayu dan Cina melebur menjadi satu, dan menjadi ciri khas yang memperkaya tradisi di indonesia.Mereka sering disebut dengan orang Cina dan orang Melayu.

Tempat wisata Bangka Belitung merupakan sebuah provinsi yang namanya diambil dari dua kepulauan yaitu Bangka dan Belitung. Kedua pulau tersebut dikenal lama sebagai penghasil timah terbesar di Indonesia dan memiliki pesona alam pantai yang mengagumkan.

Menurut catatan sejarahnya Kata Bangka berasal dari bahasa sansekerta yaitu vangka yang berarti Timah, hal ini dikarenakan wilayah ini memang kaya barang tambang timah. Timah yang menjadi kebanggaan bumi pertiwi Indonesia ini tidak boleh di kelola sembarangan, selain penambangan yang bertanggung jawab pengelolahan timah harus dilakukan secara akhli dan profesional. Konon timah yang ada di Pulau Bangka ini ditemukan pada abad ke-17.

Hal ini menjadikan Kota Bangka mendapat kekayaan dan terkenal sebagai penghasil Timah terbesar di Indonesia. Namun sekarang meski masih ditambang tapi tidak sebanyak seperti dahulu. Dan kita bisa menemukan kisah dan catatan sejarahnya di Museum Tambang yang ada di daerah ini.

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebelumnya adalah bagian dari Sumatera Selatan kemudian menjadi provinsi tersendiri pada tahun 2.000. Dan yang menjadi ibukota provinsinya adalah Pangkalpinang.Konon, kawasan ini diimpikan akan menjadi tempat wisata yang akan menyamai tempat wisata Bali ke-2, dimana lokasi ini memiliki kepulaun nan eksotis yang memiliki ke elokan bahari dengan keunikan batuan geranit sepanjang pantainya.

Selain dua pulau besar kita juga dapat menemukan pulau-pulau kecil seperti Pulau Lepar, Pulau Pongok, Pulau Mendanau dan Pulau Selat Nasik. Konon informasi yang Direktori Wisata dapatkan, total pulau yang telah memiliki nama berjumlah 470 buah dan yang berpenghuni hanya 50 pulau.

Kepulauan Bangka Belitung memiliki Iklim tropis yang dipengaruhi angin musim yang mengalami bulan basah selama tujuh bulan sepanjang tahun dan bulan kering selama lima bulan terus-menerus. Pulau ini terdiri dari rawa-rawa, daratan rendah, bukit-bukit serta puncak bukit yang terdapat hutan lebat, sedangkan di daerah rawa terdapat hutan bakau.

Rawa daratan pulau Bangka tidak begitu berbeda dengan rawa di pulau Sumatera, sedangkan keistimewaan pantainya dibandingkan dengan daerah lainnya. Pantai yang laindai dan berpasir putih dengan dihiasi hamparan batu granit. Bangka Belitung menawarkan kita tempat wisata bahari seperti menyelam, snorkeling, memancing dan berlayar dengan menyawa kapal.

Informasi yang Direktori Wisata Indonesia daptkan dari instansi pemerintah, penduduk dan masyarakat di Bangka Belitung 20%-nya merupakan keturunan Cina. Dan Mayoritas warga keturunan Cina di daerah merupakan keturunan langsung dari para pekerja buruh yang bekerja di tambang timah.

Bukan hanya memiliki tempat wisata bahari yang indah, daerah ini juga memiliki tempat wisata religi yaitu sebuah Kelenteng tertua yang berada di Batu Rusa, sebuah desa di sepanjang jalan dari Pangkal Pinang ke Sungai Liat.

Kelenteng yang didekorasi indah dapat ditemukan dekat Tayu di sebelah Utara Pulau Bangka. Ada sekitar 55 kelenteng Cina-Budha di Bangka sendiri yang sampai saat ini masih digunakan sebagai tempat ibadah.

Kunjungi : Kemegahan Vihara Shaolin di Pantai Tikus Pulau Bangka

Selain memiliki tempat wisata bahari dan wisata religi, Pulau Bangka Belitung juga dikenal sebagai daerah yang menghasilkan seafood menjadi salah satu makanan favorit di daerah ini. Namun, sebagain besar menu makanan di daerah ini diproses masak dengan menggunakan bumbu-bumbu khas Cina.

Pengaruh dua etnis sekaligus perpaduannya yaitu Melayu dan Cina masih sangat terasa kental di daerah ini. Paling mudah kita lihat dan temukan pada saat kita melihat dari kuliner atau makanannya.  Contohnya martabak bangka yang sering mendapat sebutan martabak “Lo Pan”.

Bukan hanya maratabak bangka yang menjadi kuliner yang bisa kita nikmati di daerah ini. Ada juga kuliner khas Bangka yang bisa kita cob seperti tafu kok atau yang sering disebut tahu kok. Makanan ini terbuat dari tahu yang di goreng dan dibeikan bakso dan otak-otak, dan ini merupakan makanan favoritnya orang Bangka.

Kunjungi Pulau Lengkuas:: Tempat Wisata Heritage di Belitung

Selain itu kita dapat menemukan hasil olahan yang dihasilkan oleh masyarkat setempat yang menjadi ciri khas pulau Bangka seperti madu pahit.  informasi yang Direktori Wisata terima, madu pahit yang merupakan hasil hutan yang berasal dari bunga pelawan yang dihasilkan dari Bangka Tengah.

Cari tahu Manfaat dan Pentingnya Asuransi Perjalanan Bagi Wisatawan Mengisi Liburan

Untuk menuju Provinsi Bangka Belitung kita dapat menggunakan penerbangan dari Bandara Soekarno Hatta menuju Bandara Depati Amir di Pangkalpinang yang merupakan salah satu pintu masuk menuju ke Pulau Bangka.Begitu juga bla kita akan melakukan perjalanan dari Palembang. Sebagai informasi tambahan, bagi kita yang akan menggunakan bus baddara, sebaiknya dapat mengatur waktu jadwal bus Bandara Soekarno Hatta.

Sedangkan bila kita menggunakan akses perjalanan laut, kita bisa melalui Pelabuhan Pangkalbalam dan Pelabuhan Muntok dengan kapal cepat jetfoil maupun kapal feri. Itu pun tergantung rute yang mana akan kita dipilih. Setelah itu perjalanan di lanjutkan dari Pelabuhan Muntok ke Pangkalpinang dengan bus umum atau mobil sewaan dengan jarak tempuh waktu dua sampai dengan tiga jam untuk sampai di lokasi. Selamat menikmati pesona tempat wisata Bangka Belitug, dan selamat liburan.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :