Pesona Tempat Wisata Alam Bukit Panenjoan Purwakarta

posted in: Purwakarta | 0

Surga Tepian di Bukit Panenjoan Purwakarta Yang Eksotis

Direktori Wisata – Panorama alam indah bernuansa alam perkebunan teh berlatar belakang indahnya Gunung Sanggabuana dan juga waduk Jatiluhur.

Bukit Panennjoan Purwakarta

Bukit Panenjoan yang terletak di Kampung Cinangka, Desa Sindang Panon, Kecamatan Bojong Purwakarta ini menjadi salah satu destinasi wisata alam yang menarik di kunjungi saat kita habiskan waktu liburan di Purwakarta.

Saat kita hadir di tempat wisata di Purwakarta ini maka beragam sensasi keindahan alam yang akan kita dapatkan. Mulai dari pemandangan alam dari atas bukit, hingga banyaknya spot foto yang dinilai eksotis yang bisa kita coba di lokasi ini.

Obyek wisata alam Bukit Panenjoan in adalah berupa bukit lahan hijau yang dikelililingi perkebunan teh yang konon menurut informasi pengelola setempat luasnya mencapai 100 hektar area. Dulunya lahan ini merupakan lahan tandus yang dikelola menjadi lahan hijau dan tidak sama sekali direncanakan sebagai kawasan wisata alam.

Sedangkan untuk nama latar belakang Bukit Panenjoan itu sendiri diambil dari nama “Panenjoan” yang dalam bahasa sunda berarti penglihatan.  Jadi tidak salah bila sopt kawasan puncak ini di namakan Bukit Panenjoan.

Bukit Panenjoan ini terletak di dataran tinggi yang berhawa dingin yang dilengkapi dengan semilir angin barat yang berhembus dan terasa di bukit ini. Tempat ini memiliki lokasi yang strategis dan akses jalan yang baik menjadikan obyek wisata Purwakarta ini sebagai destinasi liburan yang menjadi perhatian wisatawan lokal maupun daerah terutama bagi para anak-anak muda.

Untuk sampai di Bukit Panenjoan Purwakarta ini ada beberapa hal yang harus di perhatikan. Mulai dari pintu masuk para kita terlebih dahulu harus berjalan kaki melewati jalan setapak dengan jarak tempuh sekitar 1 km.

Namun dalam perjalanan menuju ke lokasi Obyek wisata Bukit Panenjoan ini dijamin tidak akan membuat jenuh. Karena selama perjalanan kita akan disajikan pemandangan yang indah dapat dinikmati baik disisi kanan maupun kiri yang kita lewati.

Pada saat Direktori Wisata Indonesia ke lokasi, terlihat di sepanjang jalan menuju ke lokasi juga terdapat bangun saung atau gubug yang dibangun dengan gaya arsitek khas negeri pasundan sebagai tempat beristirahat atau digunakan untuk acara lainnya.

Sesampainya perjalanan kami di Bukit Panenjoan Purwakarta sebagai lokasi wisata uaama tersebut, kami pun langsung disuguhkan oleh pemandangan yang sangat eksotis. Terlebih ketika kami menaiki jembatan yang membentang sekitar 20 meter dengan ketinggian 3 meter.

Di titik spot puncak Bukit Panenjoan inilah terlihat dengan jelas pemandangan yang menyajikan bukan hanya perkebunan teh saja, namun juga kita dapat melihat pesona keindahan Gunung parang dan waduk Jati Luhur yang terlihat dari kejauhan.

Selain wisata alam Bukit Panenjoan, di lokasi ini juga terdapat tempat wisata religi Purwakarta yang cukup ramai oleh para peziarah yaitu makam Syaikh Daka yang dikenal dengan sebutan Syaikh Serepong yang merupakan adik dari Syaikh Doko Rancadarah.

Baca : Pesona Wisata Air mancur Sri Baduga Purwakarta

Tempat wisata di Bukit Panenjoan  Purwakarta ini bisa  dikunjungi mulai pukul 07.00 – 17,00 WIB. Sedangkan harga tiket masuk wisata alam Purwakarta ini adalah Rp. kita akan dikenakan tarif sebesar Rp. 5.000,- / orang. Sedangkan untuk tiket parkir kendaraan bermotor roda dua Rp 2.000,- / moto dan mobil Rp. 5.000,- / mobil.

Cara menuju Bukit Panenjoan di Purwakarta sangalah mudah, kita dapat memulai perjalanan dari Purwakarta mengambil arah menuju Wanayasa, Kemudian di daerah Pondok Salam, berbelok ke arah kanan memasuki Gapura Indung Rahayu yang terletak di pintu masuk Desa Salem, nantinya akan melalui jalan mulus sepanjang 10 kilometer, sebelum akhirnya sampai pada penunjuk jalan ‘Kampung Panenjoan’. Kemudian, lalui jalan di tengah perkebunan teh milik PT Karti Wana Raya, untuk sampai di tempat wisata Panenjoan di kabupaten Purwakarta.