Pesona Monumen Simpang Lima Gumul Kediri

posted in: Kediri | 0

Keindahan Monumen Simpang Lima Gumul di Kota Kediri, Jawa Timur

Direktori Wisata – Pesona Monumen Simpang Lima Gumul nan eksotis sebagai replika monumen L’Arch De Triomphe di Kota Paris, Perancis.

Kota Kediri terlletak di Barat Daya dari Kota Surabaya dengan jarak tempuh sekitar +/- 120 km atau sekitar +/- 4 jam bila kita menempuh perjalanan melalui jalur jalan darat. Kota Kediri sebagai kota yang dialiri sebuah kali yang bernama Kali Brantas yaitu sebuah kali yang terpanjang yang berada di Pulau Jawa setelah kali Bengawan Solo.

Monumen Simpang Lima Gumul Kediri

Namun, bila kita berlir di Kota Kediri kita akan menemukan sebuah bangunan yang mengingatkan kita seperti sebuah monumen yang berada di Kota Perancis, Paris.  berada di pusat Kota Kediri dan letaknya ada di daerah Simpang Lima Kota Kediri. Bangunan ini sering disebut dengan nama julukan Monumen SLG atau Monumen Simpang Lima Gumul.

Konon menurut informasi yang Direktri Wisata dapatkan di lokasi, bangunan Monumen Simpang Lima Gumul dibangun dengan tujuan untuk mengingatkan kepada stiap orang tentang kejayaan Kediri di masa lampau. Kemegahan Monumen Simpang Lima Gumul mengundang para pengunjung yang melintas di jalan pusat Kota Kediri.utuk berhenti sejenak dan menikmati suasana taman yang berada di tngah Kota kediri ini.

Monumen Simpang Lima Gumul Kediri

Konon monumen ini menjadi tempat wisata favorit bagi warga dan masyarakat yang sekedar berkunjung dan ingin menikmati suasana santai serta bermain di taman Kota Kediri bersama keluaraga dan orang-orang terdekat mereka untuk menghabiskan waktu liburan dan waktu santai mereka sambil menikmati Pesona Monumen Simpang Lima Kota Kediri dari dekat.

Lanjut informasi…..
Monumen Simpang Lima Gumul ini dibangun dengan luas 804 meter persegi, dan tinggi bangunan 25 meter persegi dan ditumpu sebanyak tiga tangga setinggi 3 meter dari lantai dasar. Angka-angka tersebut menggambarkan hari jadi Kabupaten Kota Kediri yaitu 25 Maret 804 M.

Bila kita perhatikan berkeliling di tempat wisata Monumen tersebut, kita dapat menyaksikan 4 buah arca Ganesha di setiap sudutnya yang merupakan lambang dari Kabupaten Kediri. Jangan heran bla kita berlibur di Kota Kediri bila melihat banyak warga atau pun wisatawan lokal maupun mancanegar yang menjadikan latar beakang Monumen Simpang Lima Gumul ini sebagai latar belakang untuk berfoto. Karena monumen ini sekarang menjadi ikon baru Kota Kediri yang menjadi simbol kebanggaan masyarakat dan warga Kediri yang bisa dinikmati kapan pun.

Konon Monumen Simpang Lima Gumul Kota Kediri ini dibangun dengan dana ratusan milyar pada tahun 2003 yang lalu. tidak sedikit warga dan wisatawan yang mengatakan monumen ini seperti replika monumen yang ada di Kota Paris. tiap akhir pekan ribuan pengunjung datang memadati tempat wisata Kediri yang ada di pusat kota ini baik siang maupun malam. Bahak monumen ini juga banyak masuk dalam jadwal kunjung setiap wisatwan mancangera yang hadir di kawasan jawa Timur untuk menyaksikan keindahan dari bangunan monumen yang juga merupakan salah satu tempat wisata heritagae di Kota Kediri, jawa Timur.

Awalnya direktori Wisata  sempat kebingungan pada saat mencari akses jalan masuk ke lokasi. Karena disekeliling tempat wisata monumen ini tidak memiliki lahan pakir yang ada hanya jalan raya yang dibatasi dengan trotoar yang mengelilingi kawasan monumen. Namun setelah kami mendapatkan petunjuk dari masyarakat setempat kami menemukannya yang letaknya dekat warung tenda yang didiami oleh para pedagang kaki lima.

Nah, rupanya jalan untuk menuju akses lokasi letaknya berada di bawah jalan yang terdapat terowongan yang akan menghantarkan kita menuju ke lokasi Monumen Simpang Lima Gumul dengan aman tanpa harus berhadapan dengan hiruk pikuknya kendaraan yang melintas di jalan raya. panjang jalur jalan terowongan ini  +/- 50 meter jaraknya..

Setelah kita melewati jalan akses terowogan untuk menuju lokasi Monumen Simpang Lima, kita akan menaiki anak tangga yang tidak terlalu banyak, hanya sekitar +/- 19 anak tangga yang harus kita pijak dan lewati untuk sampai di atas, lalu kita akan sampai di lokasi tempat wisata Monumen Simpang Lima Gumul dan menikmati keelokan serta keindahan pesona wisata di Kota Kediri dari tengah bangunan yang luar biasa cantiknya.

Baca juga : Wisata Pulau Sempu Malang

Untuk sarana jajanan dan tempat istirahat kita bisa menemukan di sisi jalan yang disediakan di tepi-tepi jalan Simpang Lima Kota Kediri baik jajanan kuliner tradisional asal Kediri maupun ketersediaan jajanan yang biasa menjadi kesukaan bagi masyarakat Kota kediri.

Sedangkan untuk fasilitas dan sarana penginapan, di area dekat lokasi monumen akan banyak kita menemukan tempat hotel dan penginapan Kota Kediri yang menawarkan lokasinya untuk dijadikan sebagai tempat istirahat atau bermalam di tengah Kota kediri bagi kita yang berkunjung dari luar kota ataupun dari luar Pulau Jawa.

Baca juga : 13 Destinasi Wisata Pacitan Yang Lagi Trend di Jawa Timur

Cara menuju Monumen Simpang Lima Gumul Kediri sangatlah mudah, salain bisa dikunjungi dengan menggunakan kendaraan pribadi roda dua dan empat, tempat wisata heritage Kota Kediri ini juga bisa kita kunjungi melalui jalur akses melalui udara dari Bandar udara Internasional Juanda di Surabaya yang bisa dilanjutkan melalui perjalanan darat dengan menggunakan kendaraan, untuk lebih jelasnya bisa mengikuti jalur yang Direktori Wisata buat melalui peta Google Map di bawah ini.

Follow Indra Kusuma Sejati:

Seorang blogger biasa yang mencoba melihat fakta dengan cara pandang baru untuk berbagi informasi melalui digital internet.