Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Mancanegara / Malaysia / Pesona Masjid Putra di Putrajaya, Malaysia

Pesona Masjid Putra di Putrajaya, Malaysia

Menyusuri Keindahan Arsitektur Masjid Putra di Putrajaya, Malaysia

Direktori Wisata – Bangunan masjid yang memiliki desain bangunan seperti Masjid Syekh Umar di Timur Tengah dan memiliki menara tertinggi di daerah Putrajaya Malaysia.

Mengsi liburan di luar negeri, kita tidak hanya mengunjungi destinasi wisata wahana permainan. Namun, kita juga bisa menikmati salah satu destinasi wisata religi dan edukatif untuk menambah wawasan pengetahuan tentang berbagai hal. Seperti pada waktu liburan kami di sebuah daerah Putrajaya Malaysia dngan mengunjungi sebuah masjid besar yang berkubah warna merah dan memiliki puncak menara masjid yang tertinggi saat ini di Putrajaya Malaysia.

Siapa yang tak tahu dengan Putrajaya, kawasan ini merupakan salah satu kota di Kuala Lumpur. tidak hanya familiar sebagai kawasan pemerintahan namun juga banyak dikenal sebagai tempat untuk memanjakan mata dengan segenap pesona pemandangannya yang indah.

Informasi yang Direktori Wisata terima dari pemandu wisata lokal, kawasan Putrajaya merupakan daerah di Kuala Lumpur yang terkenal dengan bangunan-bangunan ciamik dan menarik dengan bangunan arsitektur yang khas berlatar Timur Tengah.

Mengunjungi kawasan ini kita akan takjub sendiri ketika berada di kawasan tersebut. Karena kita dapat menyaksikan berbagai keajaiban arsitektural yang didominasi oleh  Selnuansa keislaman yang sangat menonjol dan elegan.

Konon kawasan ini dulunya dibngun pada saat pemerintahan dipimpin oleh Mahathir Muhammad sebagai Perdana Menterinya, di wilayah Putrajaya inilah didirikan sebuah masjid besar yang bersebelahan dengan kantor pemerintahan Perdana Menteri Malaysia, yang bernama Perdana Putra.

Masjid Putra Malaysia

Masjid tersebut diberi nama Masjid Putra yang merupakan asal usul nama yang diambil dari nama Perdana Menteri (PM) Malaysia yang Pertama yaitu Tunku Abdul Rahman Putra Al-Haj. Masjid ini merupakan salah satu bagian kebesaran dan landmark Kota Putrajaya.

Obyek Masjid ini mulai dibangun pada tahun 1997 dan selesai dua tahun kemudian. Letak bangunan masjid langsung berhadapan dengan danau Putrajaya. Dari masjid ini, dapat dilihat dengan jelas keindahan danau yang luas dan kawasan seluruh kawasan Putrajaya yang asri.

Masjid Putra ini terlihat seperti masjid terapung. Lokasinya memang menjorok ke arah danau yang menjadikan Masjid Putra kelihatan seperti terapung-apung di permukaan danau buatan ini.

Di depan Masjid Putra, para kita dapat melihat sebuah pemandangan lapangan besar berbentuk persegi, dengan tiang-tiang bendera negara bagian Malaysia berjejer di sana.

Sebelum memasuki bangunan masjid, seseorang akan dihadapkan pada sebuah bangunan gerbang masjid yang sangat tinggi dan megah. Gerbang ini dilengkapi dengan hiasan berbentuk geometris yang merupakan ciri arsitektur Islam serta seni kaligrafi yang indah. Gerbang dibentuk mirip dengan gerbang pada Masjid Raja Hassan II di Casablanca, Maroko.

Gerbang tersebut dibuat dengan material dari granit berwarna merah dipadu dengan kayu cengal bercorak cokelat, untuk meningkatkan fitur dekoratif pada bagian pintu, jendela, dan panel. Gerbang ini juga dilengkapi ruang informasi dan tangga menuju tempat wudhu di lantai dasar.

Masjid Putra di Putrajaya Malaysia

Bangunan masjid yang didominasi warna merah muda ini menggabungkan ciri-ciri arsitektur modern dan tradisional, yakni dengan mengadopsi seni arsitektur Persia zaman Kerajaan Safawi dan beberapa elemen yang berasal dari budaya Muslim lainnya.

Lokasi Danau Putrajaya dan Masjid Putra ini berada di Kompleks Jabatan Perdana Menteri 62502, Putrajaya, Kuala Lumpur, Malaysia. Dengan segala kemenarikan arsitektur bangunan yang ditawaran dengan beragam keindahan, kita dapatmenyimpulkan bahwa Putrajaya begitu difavoritkan untuk menjadi salah stu destinasi wisata Malaysia yang patut dikunjungi.

Beberapa tempat yang layak dan banyak dikunjungi oleh kalangan wisatawan yang berada di Putrajaya ini ialah Jembatan Putrajaya (Putrajaya Bridge) yang dibawahnya mengalir sebuah air Danau Putrajaya, Masjid Putrajaya, Istana Putra dan lainnya.

Begitu juga dengan bangunan-bangunan yang ada di kompleks istana yang tak kalah menawannya jika menjadi salah satu destinasi wisata Malaysia ketika kita berada di tengah kawasan Putrajaya ini.

Bila sahabat Direktori Wisata berkunjung ke tempat wisata Kuala Lumpur, tidak ada salahnya bla kita menyisihkan waktu sejenak untuk bertandang ke destinasi ini. Dari beberapa pendapat dan informasi dari pemandu wisata lokal yang mendampingi perjalanan kami, banyak yang menyebutkan bahwa cara paling asyik untuk mengeksplorasi dan mengagumi sebagian wilayah eksotis Putrajaya ialah dengan berlayar di sebuah danau buatan manusia bernama Danau Putrajaya.

Baca juga : Manfaat dan Pentingnya Asuransi Perjalanan Bagi Wisatawan Mengisi Liburan

Konon, informasi yang Direktori Wisata terima, Danau Putrajaya ini merupakan sebuah cekungan yang dimaksudkan untuk menampung air sebanyak-banyaknya guna menciptakan efek dingin bagi udara kota.Hal ini berhubungan dengan berbagai isu yang kita ketahui bahwa dengan adanya isu pemanasan global mengakibatkan suhu di bumi meningkat drastis sehingga untuk mendinginkannya salah satu dengan cara seperti ini,

Lanjut informasi…..
Piihak otoritas pemerintah di Putrajaya membangun danau ini dengan luas berhektar-hektar. Dalam perkembangannya ternyata kawasan danau ini tak hanya menjadi instrumen untuk mendinginkan kota ansich.

Baca juga : Cara Mudah Membawa Orang Tua Penyandang Disabilitas Dapat Ikut Terbang Dengan Membawa Kursi Roda

Konon, banyak pihak yang menilai bahwa Danau Putrajaya ini memiliki nilai jual kewisataan yang potensial sehingga mulai banyak turis yang berdatangan untuk menikmati keindahan danaunya. Kita sebagai wisatawan yang mengunjungi kawasan ini dapat menikmati dan mengeksplorasi ragam keindahan yang ada di sekelilingnya.

Baca juga : Cara Merencanakan Budget Perjalanan Liburan Sekolah Tanpa Beban

Bagi sahabat Direktori Wisata yang akan mengunjungi Masjid Putra di Putrajaya Malaysia ini sangatlah mudah. Kita bisa mengguakan kendaraan umum maupun sewa baik roda empat maupun roda dua. Letaknya yan tidak jauh dari tempat wisata Kuala Lumpur Malaysia menjadikan masjid ini mudah untuk dikunjungi.  Cara menuju Masjid Putra bisa lihat di dalam peta petunjuk.

Semoga informasi wisata mancanegara yang kami sejaikan ini menjadi alternatif liburan bagi sahabat dan pembca Direktori Wisata saat berlibur ke Malaysia. Selamat berlibur di Putrajaya Malaysia.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

1 Comments

  1. Enaknyaa pakdhe, udah jalan-jalan sampe ke Malayasia.
    saya mah masih di tempat aja, spt katak dlm tempurung ๐Ÿ™ hikss

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate ยป
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :