Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Banten / Pesona Kearifan Lokal Batik Cikadu Pandeglang Banten

Pesona Kearifan Lokal Batik Cikadu Pandeglang Banten

Menelisik Kearifan Lokal Batik Cikadu di Kampung Cikadu Pandeglang Banten

Direktori Wisata – Kearifan masyarakat desa wisata rumah produksi batik lokal Cikadu Pandeglang Banten di kampung Cikadu Provinsi Banten yang mulai dilirik wisatawan.

Batik Cikadu Tanjung Lesung Banten

Perkembangan dunia pariwisata di KEK Tanjung Lesung Pandeglang, Banten turut mendorong warga sekitar kawasan wisata KEK Pariwisata Tanjung Lesung untuk menampakan geliatnya. Mereka tidak ingin berdiam diri untuk menyambut kemungkinan berubahnya perekonomian yang dari sektor pariwisata tersebut.

Hal ini dapat sahabat Direktori Wisata Indonesia temukan saat kita mengunjungi kawasan wisata Tanjung Lesung Pandeglang. Dimana salah satu aktifitas baru warganya yang  melakukan proses pembuatan batik khas Tanjung Lesung yang terletak di sanggar desa Kampung Cikadu yang dikenal dengan sebutan hasil pembuatan produk batik Cikadu.

Seperti motif batik lainnya, Motif Batik Cikadu Tanjung Lesung sangat beragam, di sanggar ini memiliki 40 motif yang menggangkat ke khasaan daerah tersebut mencerminkan kehidupan warganya dan di dituangkan lewat motif-motif Batik Cikadu Tanjung Lesung yang sangat indah seperti Badak bercula satu, debus, gunung krakatau, ikan lele, rumah adat, lesung padi, dan masih banyak lagi.

Mesti belum secara spesifik setiap motif batik mempunyai nama, namun batik Cikadu Tanjung Lesung sudah cukup banyak diminati oleh pecinta batik, tidak hanya pecinta batik di Banten saja tapi juga seluruh Indonesia.

Terbukti Motif Batik Cikadu Tanjung Lesung sudah dipakai oleh para desainer-desainer Indonesia untuk menjadikan Motif Batik Cikadu Tanjung Lesung sebagai bahan desain rancangannya untuk pagelaran Fashion Show.

Informasi yang Direktori Indonesia terima di lokasi, hasil produksi batik di kampung Cikadu Pandeglang Banten ini banyak diminati adalah motif batik gondang lesung dan badak bercula satu.

Konon awalnya pengembangan kampung batik di Tanjung lesung ini berawal dari pelatihan pemberdayaan di sekitar bekerja sama dengan perangkat desa yang diikuti sekitar 70 orang. Dari kegiatan pelatihan tersebut pada akhirnya dapat menciptakan 30 orang pecanting batik hingga saat ini.

Di kampung batik Tanjung Lesung Kampung Cikadu Pandeglang ini kiita bisa melihat hasil pembuatan batik oleh masyarakat lokal setempat baik melalui proses pembuatan batik cetak maupun canting, bahkan bagi wisatawan yang akan mengetahui informasi bagaimana cara membuat batik Tanjung Lesung bisa langusung menuju ke lokasi.

Selain sebagai tempat wisata edukasi pembuatan batik Cikadu di Tanjung Lesung Banten, tempat ini pun juga menyedikan hasil pembuatan batik Cipadu yang bisa di bawa pulang para wisatawan sebagai oleh-oleh maupun cindera mata.

Batik yang dihasilkan Sanggar Batik Cikadu Tanjung Lesung ini dibandrol dengan harga variatif. Untuk batik bercap di sini misalnya dibandrol sengan harga Rp 120.000,- per potong, sementara batik tulis Rp 80.000,- per potong. Sahabat Direktori Wisata dapat memilih seusai dengan selera.

Untuk akses menuju ke lokasi desa produksi batik Tanjung Lesung di Cikadu Pandeglang Banten ini terbilang agak jauh, karena lokasi yang berada di pelosok dengan kondisi jalan yang kurang begitu bagus yang masih perlu kerjasama dengan beberapa instansi untuk lebih mengenal potensi produk lokal dari batik Cikadu Pandeglang Banten.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :