Pesona Ikon Menong Hiasi Destinasi Wisata Kabupaten Purwakarta

Direktori Wisata –  Puluhan menong jadi tontonan menarik bagi para wisatawan yang berkunjung di Kabupaten Purwakarta.

Patung Menong Ikon Kabupaten Purwakarta

Hadir di kawasan Kabupaten Purwakarta khusunya dari gerbang pintu tol Jatiluhur kita akan disambut dengan puluhan wanita cantik yang berjajar rapih di sepanjang bahu jalan.

Namun wanita-wanita cantik ini semuanya bukan manusia yang sedang berbaris menjadi pagar ayu, melainkan puluhan patung menong yang merupakan ikon dari Kabupaten Purwakarta.

Konon informasi yang Direktori Wisata Indonesia dapatkan, patung-patung tersebut tingginya sekitar 12 meter dan dibangun pada tanun 2015 disepanjang Jalan Pemuda tepatnya di wilayah Desa Mekargalih Purwakarta.

Menong sendiri merupakan nama sebuah boneka yang terbuat dari tanah liat yang mengandung arti budak geulis (bahasa sunda) atau dalam bahasa Indonesia artinya nak perempuan cantik.

Biasanya menong dijadikan cinderamata bagi tamu khusus pemerintah daerah. Sedangkan patung-patung menong yang berada di bahu jalan tersebut merupakan patung menong yang dimodifikasi dengan tokoh-tokoh pewayangan.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, patung menong menjadi ikon Purwakarta karena sudah lama Kabupaten ini terkenal dengan sentra pembuatan gerabah dan keramik tepatnya di Desa Anjun, Kecamatan Plered.

Sepintas bila kita perhatikan secara teliti, pautung menong yang menggambarkan wanita catik dengan kuning langsat, bibir yang tipis, alis matanya yang panjang serta dikepalanya terdapat sebuah makhkota yang merupakan pakaian adat lokal.

Bila sahabat Direktori Wisata Indonesia sempat mapir di kawasan kabupetn Purwakarta kalian bisa melihat sisi lain keindahan wisata alam dan panorama tempat-tempat wisata di Purwakarta, seperti

  1. Air Mancur Sribaduga, Bukit Panenjoan
  2. Bukit Panenjoan
  3. Curug Cipurut
  4. Bukit Pasir Langlang Panyawangan dan lain-lain.

Puas berkeliling menikmati tempat wisata di Purwakarta bila kita mencari kawasan kuliner pun tidak perlu repot di sana. Karena di Kabupaten Purwakarta sendiri telah menyediakan lokasinya yang berada di Tjeplak Kuliner. Di lokasi ini pun kita bisa mendapatkan aneka janana dan minuman dengan harga yang terjangkau. Selamat liburan di Purwakarta.[]

Follow Direktori Wisata:

Direktori Pariwisata Dunia menyajikan keragaman tempat wisata dunia dengan keindahan alam, budaya dan kearifan lokal serta wisata kulinernya.