Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

 
Home / Indonesia / Pesona Desa Wisata Megalitikum Kampung Praiyawang Rende, Sumba

Pesona Desa Wisata Megalitikum Kampung Praiyawang Rende, Sumba

 

Menyaksikan Eksotisme Di Salah Satu Desa Megalitikum Tertua Indonesia Di Sumba Timur

Direktori Wisata – Keragaman adat dan tradisi di perkampungan Desa Wisata Megalitikum tertua di Indonesia yang ada di Sumba Timur Nusa Tenggara Timur.

Pesona wisata Sumba Timur yang terdiri dari 2/3 dataran rumput dengan tekstur bebatuan besar batu karang. Savana berbatu dengan langit biru menawan menjadi ciri khas Sumba. Tidaklah heran kawasan daerah Sumba sering di jadikan obyek sebagai tempat pembuatan beberapa film layar lebar yang memiliki latar belakang pesona keindahan alamnya dan juga latar belakang rumah tradisional yang unik nan indah dengan beragam kearifan lokal dan budayanya.

Pesona Wisata Sumbawa Timur

Di daerah ini kita dapat menyaksikan eksotisme savana yang terpampang didepan mata jauh memandang. dengan lahan peternakan yang menjadi andalan sebagaian masyarakatnya. Dan ternak yang cukup dikenal dari daerah ini adalah kuda. Uniknya ternak kuda yang berada di kawasan ini tidak digembalakan, melainkan dilepas hidup bebas di padang rumput savana yang luas.

Hal ini dikarenakan tingkat keamanan padang rumput terjamin, sehingga para hewan ternak di biarkan hidup bebas berkeliaran di padang rumput untuk mencari makan sendiri. Dan para gembala ternak hanya bertugas untuk mengeluarkan dan menarik serta mengarahkan hewan kuda untuk kembali ke dalam kandangnya yang hanya satu kali seminggu.

Melihat di sekitaran rumah penduduk Sumba yang memberikan arti dan keindahan tersendiri dari rumah adat tradisional yang khas, menjadi suguhan menarik yang tidak hanya membuat terpana kita hanya dengan savana dengan kuda-kudanya saja yang bisa kita nimati di kawasan ini.

Beberapa tempat wisata menarik Sumba yang bisa kita kunjungi dan menjadi destinasi wisata pilihan alternatif kita pada saat mengunjungi kawasan Kabupaten Sumba Timur yang ada di Nusa Tenggara Timur.

 

Tempat Wisata Sumba Timur Yang Menarik Dikunjungi

Perkampungan Megalitikum Tertua Indonesia

Mengunjungi sebuah pedesaan di daerah Sumba yang berjak 40 km dari pusat Kota Waingapu, tepatnya di Kampung Praiawang Rende, Kabupaten Sumba Timur. kita dapat merasakan suasana kehidupan tentang peradaban masa lampau para leluhur masyarakat Sumba yang bisa kita raasakan di Kampung Praiawang Rende yang menjadi salah satu desa wisata Sumba Timur. Tidak hanya rumah adat tradisional biasa, namun di bagian depan rumahnya berdiri kokoh kuburan batu yang berusia ratusan tahun dengan roma sabana musim kemarau yang akan menyambut kehadiran kita di daerah ini.

Perkampungan Megalitum Sumbawa Timur

Di Kampung  Praiawang rende ini kita dapat melihat rumah adat Sumba yang merupakan rumah adat panggung yang beratap ilalang kering, yang di dalam area rumahnya terdapat hiasan tanduk kerbau yang merupakan sebuah simbol martabat dan kasta sebuah yang ada di rumah adat.

Rumah Adat Sumba

Sesuai dengan atrurannya menurut infromasi yang Direktori Wisata terima di lokasi dari salah seorang pemandu wisata lokal, rumah adat di Sumba ini harus berlantai tiga. yaitu lantai dasar atau di kolong rumah sebagai tempat tinggal rumah hewan ternaknya, lantai dua sebagai tempat tinggal si penghuni rumahnya, sedangkan untuk lantai tiga atau lantai paling atas merupakan tempat untuk menyimpan barang-barang berharga si pemelik rumah. Rumah adat Sumba ini diberi nama Omah Hori.

Dalam Rumah Adat Sumba

Lantai tiga dari setiap rumah adat Sumba merupakan tempat sakral yang tidak boleh sembarangan dimasuki oleh orang.dan konon jika si pemilik rumah ingin naik ke lantai tiga diperlukan upacara adat terlebih dahulu. Alasanya karena di lantai tiga tersebut tersimpan benda keramat yang sangat di jaga.

Bila kita melihat ke depan rumah maka kita akan menemukan barisan megalitikum tertua yang ada di Indonesia yaitu sebuah kubur batu atau yang disebut dengan dolmen. Konon dolmen berkembang di Sumba +/- 4.500 tahun silam.

Konon, dulunya masyarakat di sini memiliki alasan khusus untuk melakukan penguburan manusia di dalam batu-batu tersebut di mana setiap almarhum yang dimakamkan di dalamnya juga diberikan harta benda seperti emas dan perhiasan yang di miliki untuk disertakan dalam kuburnya.

Megalitikum Sumbawa Timur

Saat kini tidak semua orang Sumba yang meninggal di makamkan dalam kubur batu, dan hanya keturunan raja sajalah yang di makamkan satu liang kubur bersama keturunannya. Konon berat dolmen di sini bisa sampai bekisaran 12 ton. yang di atas setiap makam kubur batu tersebut ada ornamen hewan yang terbuat dari batu.

Ornamen-ornamen yang terdapat di atas dolmen berupa ukiran buaya dengan pasangannya ayam, atau kura-kura yang menurut kepercayaan dari masyarakt adat Sumba gambar ukiran kura-kura di artikan dalam bahasa Sumba yang artinya “karawulang” yang diyakini oleh masyarakat dat setempat itu adanya di langit.

Sedangkan buaya itu adanya di laut yang luas. Dan ini sebagai tanda yang punya kubur atau makam adalah seorang kepala Sopraja pada jaman dahulu dan memiliki kepemimpinan yang luas terhadap masyarakat di Sumbawa Timur ini.

Bila dilihat dari ukuran kuburan batu di kawasan Kampung Praiawang Rande ini satu dengan yang lainnya sangat berbeda-beda. Konon kuburan yang untuk bangsawan yang kastanya semakin tinggi lebih besar dari bangsawan yang kastanya lebih rendah.

Untuk membuat kubur batu membutuhkan waktu, biaya, dan orang yang tidak sedikit. Diperlukan +/- 50 ekor ternak untuk proses penguburan jenazah yang akan dimakamkan.

Untuk aktivitas di tempat wisata perkampungan tertua Indonesia yang terdapat di Kampung Praiyawang Rende ini sahabat Direktori Wisata dapat melakukan foto-foto sambil belajar untuk hunting foto travel photography versi kita sendiri dengan latar belakang view asitektur rumah adat tradisional.

Sumba yang indah dan menawan dari setiap angle foto yang berbeda-beda dari satu foto dengan foto yang kita hasilkan. Apalagi bila kita beuntung kita akan dapat menyaksikan tarian tradisonal yang diselengarakan pada bulan-bulan tertentu di tempat ini dalam upacara adat sesuai dengan ketetapan para tokoh adat setempat.

Sedangkan untuk akomodasi di tempat ini atau sekitarannya idak ada, seperti penginapan, bila kita akan meginapan yang terdekat dengan kawasan obyek wisata ini kita dapatkan penginapan di kawasan dekat Pantai Puru Kembara di Penginapan Pondok Wisata Cemara, atau kita bisa menginap di penginapan yang berada di Kota Waingapu.

Di derah sekitaran Sumba Timur kita juga bisa melihat kegiatan dengan berternak kuda. Dan untuk menandai hewan ternak kudanya para juragan ternak kuda agar tidak mudah tertukar, para pemiliki atau juragan ternak dengan pengembalanya memberikan cap di tubuh kuda saat usia hewan tersebut masuk umur 6 bulan.

Peternakan Kuda Liar Sumbawa

Diperlukan sekitar 4 orang dewasa untuk memberikan cap pada tubuh kuda-kuda peliharan tersebut. Sakit dan terlihat kasar itulah sekilas kegiatan dan cara masyarakat Sumba Timur yang telah menjadi sebuah tradisi kehidupan mereka dalam proses pemberian tanda cap di tubuh hewan kuda-kudanya.

Menurut informasi yang Direktori Wisata terima, hewan kuda-kuda di daerah ini masing-masing memiliki kartu identitas satwa sendiri dengan kode nomor identitas yang ada di tubuh hewan kuda tersebut yang berisi keterangan pencatatan tentang vaksin terakhir yang diberikan kepada hewan kuda tersebut. Sehingga para calon pembeli kuda pun bisa mengetahui cikal bakal kuda dari informasi keterangan bebet, bobot ternak yang akan dibelinya.

Hanya kuda pejantan saja yang bisa ditunggangi, karena kuda tersebut sudah dijinakan. Sedangkan untuk hewan kuda betina atau perempuan sengaja dibiarkan liar dan hidup di padang bebas, karena untuk jenis kuda betina akan menghasilkan susu kuda liar yang banyak memberikan manfaat bagi kesehatan.

Banyak ragam keindahan yang bisa kita dapatkan di tempat wisata Sumba Timur, dimana kita dapat melihat dari dekat dari masing-masing daerh yang ada di Indonesia ini memiliki sebuah tradisi yang berbeda.

Keunikan dari masing-masing daerah di Sumba Timur ini mampu menjadi daya tarik tersendiri yang menjadikan sebuah atmosfir keindahan pada pesona wisata Sumba Timur eksotis dan menjadi salah satu tempat wisata yang mengasyikan.[]

 
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
 
 

2 Comments

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
 
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :