Pesona Celebes Canyon di Ule Barru Sulawesi Selatan

posted in: Sulawesi, Wisata Alam | 1

Keindahan Celebes Canyon Dengan Nuansa Budaya Yang Dibalut Dengan Sejuta Pesona Kindahan Alam

Drektori Wisata – Wisata alam Celebes Canyon yang menyajikan suguhan alam indah yang menjadi destinasi wisata yang menjadi tempat liburan asyik.

Kabupaten Ule Barru, Sulewesi Selatan tidak hanya memiliki kekayaan budaya dan kuliner yang unik. Ogi to Barru atau masyarakat Bugis di Kabupaten Barru juga dianugrahi pesona alam yang indah, cantik nan eksotis yang menjadi salah satu destinasi wisata alam yang menarik dikunjungi di Sulawesi Selatan.

Mengunjungi kawasan obyek wisata alam Barru, kita akan merasakan sebuah nuansa budaya yang dibalut dengan kekayaan alam yang indah dan menjadi suguhan destinasi liburan yang tidak bisa dipisahkan dari tempat ini. Di daerah ini kita bisa dapat menemukan beragam destinasi wisata dengan keindahan yang luar biasa.

Celebes Canyon Kabupaten Barru Susel

Obyek wisata alam Celebes Canyon yang terletak di Dusun Watu, Desa Libureng, Kec. Tanete Riaja, Kec. Barru, Sulawesi Selatan ini merupakan salah satu dari banyaknya destinasi wisata alam yang indah, dan berada di aliran sungai ule ini benar-benar memiliki fenomena yang unik sekaligus berbeda dari kebanyakan wisata alam di Sulawesi Selatan lainnya.

Memang wisata alam Celebes Canyon belum banyak dikenal wisatawan baik lokal maupun mancanegra, apalgi masyarakat lokal yang berada di sekitarasn Sulawesi Selatan atau di daerah sekitar kabupaten Barru, Hanya beberapa pecinta alam dan para pecinta dunia wisata alam yang sudah atau sering kesini, karena memang wisata alam ini baru dikenal banyak orang beberapa bulan terakhir

Karena masih tergolong wisata alam yang baru, Maka di celebes canyon belum tersedia sarana dan fasilitas yang memadai, di sana belum tersedia toilet, warung makan ataupun fasilitas lain yang menunjang kenyamanan bagi para pengunjung. Namun, untuk area parkir kendaraan sudah tersediadan di kolala oleh masyarakat setempat.

Kegiatan liburan yang bisa dinikmati di tempat wisata alam Celebes Canyon di Barru ini, kita bisa melakukan kegiatan aktifitas seperti berkemah, bermain air, atau mengabadikan gambar foto-foto pemandangan alam yang indah.

Konon dari informasi yang Direktori Wisata Indonesia terima dari penduduk setempat, area dari tempat wisata di Celebes Canyon abila  musim kemarau tidak pernah kekeringan. Bahkan air celebes canyon cenderung lebih jernih dan segar.

Namun, kami menghibau bagi sahabat dan pembaca setia Direktori Wisata Indonesia yang akan datang ke lokasi ini untuk dapat membawa kembali sampahnya. Karena memang belum tersedia tempat sampah yang memadai, juga untuk menjaga kebersihan sekitar Obyek wisata alam Celebes Canyon yang benar-benar masih sangat alami. Cukuplah kita hanya membawa sebuah kenangan foto-foto dan cerita yang indah ag akan menghiasi media sosial atau website atau pun blog perjalanan pribadi kita.

Rute jalan menuju Celebes Canyon memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Dari pengalaman Direktori Wisata, kami harus melalui jarak tempuh menuju lokasi ini sekitar 100 kilometer  dan memakan waktu sekitar 1, 5 jam dari arah kota Makassar, melewati Kabupaten Maros, Pangkep dan Barru. Agar lebih jelas dapat melihat di peta petunjuk.

Dan untuk menuju arah Celebes Canyon, kami harus mengikuti arah jalan menuju Kabupaten Soppeng, tepatnya di Pekkae, kami berserta rombongan pun turun dari kendaraan serta menitipkan kendaraan di rumah warga. Lalu perjalanan kami lanjutkan melalui arah Sungai dengan bebatuan dan tebing-tebing yang menyita waktu sekitar 15 menit dengan melewati sawah dengan suguhan pemandangan panorama alam pegunungan yang menjulang ke langit dengan view eksotis obyek wisata alam Barru.

Setelah kita sampai di obyek wisata alam Barru ini, kita dapat menyaksikan keindahan alam sejauh mata memandang yang akan dihadapkan dengan pemandangan hijuah persawahan. Kita dapat merasakan seakan-akan diri ini bawa menikmati pesona persawahan dengan menyusuri jalan-jalan kecil yang masih tanah yang kesehariannya dipergunakan oleh para petani setempat.

Pengunjung harus menyusuri jalan tanah tersebut sekitar kurnang lebih 20 menit sebelum menuju ke obyek wisata alam Celebes Canyon. Setelah sampai dilokasi, seluruh rasa lelah kita akan sirna dan terbayarkan dengan pemandangan indah disana, Dan kita dapat menikmati panorama keindahan wisata alam Barru nan eksotis ini.

Baca juga : Wisata Heritage dan Budaya di Tana Toraja

Semoga pengalaman perjalanan wisata kami ini bisa menjadi salah satu sahabat Direktori Wisata Indonesia dalam memilih dan menentukan alternatif tempat wisata Barru Sulawesi Selatan yang menjadi destinasi liburan bersama keluarga atau teman dan sahabat. Selamat meniikmati sensasi liburan di alam Sulawesi Selatan, Indonesia.[]

Follow Direktori Wisata:

Direktori Pariwisata Dunia menyajikan keragaman tempat wisata dunia dengan keindahan alam, budaya dan kearifan lokal serta wisata kulinernya.