Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Mancanegara / Singapura / Perjalanan Penerbangan Lion Air Menuju Singapura Dari Jakarta

Perjalanan Penerbangan Lion Air Menuju Singapura Dari Jakarta

Perjalanan Penerbangan Menuju Singapura Dari Bandara Soekarno-Hatta Jakarta

Direktori Wisata. – Penerbangan pesawat Lion Air TJ 015 dari Bandara Soekarno-Hatta Jakarta menuju ke Bandara Changi Singapura.

Mengisi liburan ke kawasan wisata ke Singapura menjadi salah satu tujuan destinasi perjalanan liburan bagi banyak orang.

Banyak kisah dan pengalaman dari masing-masing individu orang dalam melakukan perjalanan wisata ke Singapura. Dan artikel ini merupakan sebuah catatan perjalanan Direktori Wisata dari Jakarta menuju ke Singapura.

bus-bandara

Rabu, 11 Maret 2015 di awal pagi perjalanan menuju terminal bus Bandara yang berada di Kampung Rambutan. Cuaca mendung menyambut kehadiran kami di terminal Kampung Rambutan.

Di posisi belakang terminal Kampung Rambutan Bus Bandara Damri telah siap berbaris menunggu para penumpang yang akan diberangkatkan menuju Bandara Soekarno Hatta.

Sampainya kami dalam bus, penumpang masih terlihat masi sepi. Dan Bus yang kami tumpangi baru saja masuk dalam daftar antrian gilran setelah busa yang berada di depannya telah diberangkatnya menuju Bandara Soekano Hatta.

Menurut informasi melalui Jadwal Bus Bandara Soekarno Hatta yng terlihat di papan pengumuman, busa akan diberngkatkan setiap 30 menit sekali.

Tidak lama kemudian bus mulai terlihat penuh dengan para penumpang yang akan menuju Bandara Soekarno Hatta, dan kami pun berangkat. Dalam perjalanan, kami ditemani dengan iringan musik yang terdengar pelan dan sahdu di dalam bus.

Dengan komposisi tempat duduk penumpang 2- 2 menjadikan bus dapat dirasa lega di dalamnya. Susana hujan diluar bus mengiringi perjalanan kami menuju bandara. Untuk mengunakan bus Damri angkutan menuju Bandara Soekarno Hatta ini biayanya dalah Rp. 40.000,- / orang.

terminal-2-bandara-soekarno-hatta

Tanpa terasa perjalanan selama 1 jam 20 menit dari Kampung Rambutan hingga ke lokasi Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta yang menjadi tempat pemberangkatan kami menuju Singapura.

Suasana ramai pagi hari di area terminal dua bandara ini terlihat lalu lalang kesibukan para calon penumpang dan pengantarnya sedang mempersiapkan diri meuju ke tempat tujuannya masing-masing.

tiket-pesawat-lion-air

Untuk penerbangan kali ini kami menggunakan maskapai penerbangan Lion Air. Setelah itu kami berlanjut ke dalam untuk melakukan chek in dan membayar airport tax di kounter check-in dan mengurus bording pass.

Pada saat akan drop baggage, saya meminta untuk mendapatkan tempat duduk dekat jendela dengan petugas yang melayani kami di kounter Chek in maskapai penerbangan Lion Air. Dan akhirnya kami pun dengan mudah mendapatkan lokasi tempat duduk di dekat jendela dengan nomor 17 F.

Setelah urusan bagasi, boarding pass, dan pembayaran airport tax selesai di kounter, kini saatnya menuju ke lokasi tempat pemeriksaan keimigrasian. Di area ini kita dapat menemukan sebuah sarana dan fasilitas Autogate Keimigrasian.

Area ini digunakan untuk pemerikasaan paspor secara otomtis. Namun, pada saat Direktori Wisata berada di lokasi tersebut, kami pun langsung mendapatkan penjelasan dari petugas imigrasi yang ada di sekitar area tentang fungsi dan manfaat autogate tersebut.

Untuk kali ini, saya tidak menggunakan fasilitas autogate tersebut, dan lebih memilih secara manual, karena antrian di loket imigrasi tidak panjang dan sepi.

bording-terminal2-bandara-soekarno-hatta

Setelah melewati pemeriksaan imigrasi di bandara, maka proses selanjutnya kita menuju gate. Cukup lumayan perjalanan menuju ke lokasi gate D-4 yang menjadi  tempat masuk pintu pesawat.

Namun, untuk menghibur dan mengisi waktu yang masih tersisa lama, kami pun di area ini sempat berkeliling sambil melihat-lihat sarana dan fasilitas yang bisa di manfaat kan area bandara secara gratis.

Bagi kita yang masih memiliki banyak waktu, kita bisa coba belanja oleh-oleh di area dalam bandara. Banyak outlet yang menyediakan beragam macam bentuk barang yang dapat dijadikan oleh-oleh. Dari pakaian, makanan maupun minuman.

wisata-singapura-lion-air

Setelah sampai di area gate, sebuah kartu imigrasi Singapura di berikan kepada seluruh calon penumpang untuk diisi. Dari nama dan alamat tempat tinggal hingga keterangan lainnya yang harus kita isi di dalam form tersebut. Form tersebut nantinya akan diambil oleh pihak imigrasi Singapura di Bandara Changi sebagai data diri kita.

Sambil menunggu di panggil menuju pesawat, form ini pun bisa di lengkapi dengan isian yang benar. Karena nant ada bagian form yang dipotong dan diambil pihak imigrasi Singapora. Dan harap bagian potongan yang lainnya disimpan dengan baik, agar nanti bisa diberikan pada saat kita akan keluar dari Singapura.

jendela-pesawat

Setelah waktunya tiba , kami pun bersama para penumpang pesawat Lion Air yang akan menuju Singapura masuk ke dalam pesawat. Satu persatu kami pun masuk dengan tertib dengan menempati tempat duduk yang tisa di sesuaikan dengan nomor yang telah dibagikan atau dipasan.

Telihat dengan jelas di melalui kaca jendela pesawat para petugas yang sedang membokar muat bagasi pesawat, dan tidak terlalu jauh sebuah peswat lain yang berada di parkiran pesawat di sebelah pun nampak jelas dari sisi jendela pesawat.

Pesawat terlihat penuh dengan penumpang, Tidak ada satu bangku pesawat pun tersisa, maklum pesawat Lion Air kan tempatnya  untuk penermrbangan promo, jadi banyak yang mengincar harga tiket murahnya.

Namun, walau tiket pesawatnya murah, pelayanan penerbangan Lion Air  cukup baik dari pengalaman menggunakan Lion Air . Dan ini terbukti dari pengalaman perjalanan mengunakan maskapai penerbanga Lion Air dengan nomor penerbangan TJ o15 Jakarta – Singapura. Nomor penerbangan ini dengan menggunakan jenis pesawat Boing 737-900 ER

pesawat-lion-air

Tidak berapa lama, pesawat ditarik mundur untuk mempersiapkan diri meninggalkan Jakarta. Perlahan namun, pasti, dengan sebuah pengenalan alat peraga dan keselamatan dunia penerbangan yang dilakukan oleh pramugari di atas pesawat sebelum lepas landas, pesawat ini pun berjalan dengan dengan mulus menuju run way untuk take off.

Tepat pukul 14.00 waktu singapura pesawat yang kami tumpangi mendarat dengan selamat di Bandara Changi, kehadiran kami pun di sambut dengan suasna cuaca yang kurang bersahabat. Hujan deras disertai angin pun mengguyur Kota Singapura pada saat pesawat mendarat di landasan pesawat. Namun, semua berjalan dengan mulus pada saat melakukan pendaratan.

Penerbangan Jakarta-Singapore dengan menggunakan pesawat Lion Air kali ini menjadi cerita tersendiri bagi kami pada saat lakukan kunjungan ke Singapura. Nah, kalian bisa mengikuti dalam tayangan Vlog yang kami buat selama perjalanan.

Masuk dalam area Bandara Changi Singapura, dan pesawat kami dapat parkiran di terminal 3 Bandara Changi. Bandara ini dikenal memiliki sebauh fasilitas yang akan memanjakan setiap pengunjung yang hadir di area ini. Dan semua layanan gratis bandara Changi Internasional Airport ini bisa kita nikmati secara cuma-cuma.

Setelah melalui pemeriksaan imigrasi Singapura untuk melapor dan mendapatkan ijin tinggal di Singapura, kita bisa melanjutkan untuk mengambil tas atau barang yang kita tarus di bagasi pesawat.Setelah itu kita dapat keluar dari bandara setelah melewati pemeriksaan pada barang-barang bawaan kita melalui pos petugas yang ada.

Semoga catatan dan dokumentasi perjalanan wisata menuju ke Singapura dari Jakarta ini dapat memberikan gambaran bagi teman-teman atau pun para pembaca setia Direktro Wisata yang lainnya.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

5 Comments

  1. Ehemmm yang mulai menjajaki negara seberang 😀
    Wajib dipantau tulisan-tulisan tentang Singapura 😀

    • Di tunggu saja Kang, nanti kalau ada waktu luang saya posting yang unik-unik. he,, he, he,,

  2. saya pengen naik pesawatnya aja deh mas, btw pramugarinya boleh difoto pa gak ya? hehee

    • Boleh ko mas, kalau dapet ijin sama yang bersangkutan he,, he, he,,

  3. mulai ke luar negeri nanti ke eropa lagi ya mas setelah Asia

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :