Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Jakarta / Intip Perahu Getek Di Ciliwung Jakarta

Intip Perahu Getek Di Ciliwung Jakarta

Intip Perahu Rakit Getek Penyeberangan Kali Ciliwung Jakarta

Direktori Wisata. – Perahu rakit penyeberangan yang dikenal dengan sebutan getek, menjadi alah satu alternatif mode transportasi tradisional yang dikenal jaman dulu hingga sekarang.

perahu-rakit-penyeberangan

Konon informasi yang diterima Direktori Wisata, perahu yang terbuat dari kayu ini dulunya banyak menghiasi pinggiran kali Ciliwung di sekitar Jakarta, berfungasi sebagai salah satu angkutan alternatif warga untuk penyeberangan.

Namun, sekarang ini perahu tersebut jarang sekali ditemukan di tempat kali atau sungai-sungai yang berada di Kota Jakarta. Pada waktu tahun ’80-an angkutan penyeberangan sungai atau kali dengan menggunakan perahu rakit ini masih banyak kita jumpai dipelosok Kota Jakarta, tapi sekarang sudah jarang sekali kelihatan keberadaannya.

Untuk menggerakkan perahu getek ini, pengemudinya dikenndalikan dengan tenaga manusia dengan cara menarik tali yang menghubungkan daratan satu dengan lainnya. Tali tersebut di kaitkan pada tiang-tiang perahu yang telah ditetapkan.

Bentuk perahu rakitnya pun sangat unik, sisi ruang tengah perahu dapat menampung 4 sampai dengan 6 orang penumpang. Perahu getek ini beratap terpal yang dapat menghalangi tetesan air hujan dari atas dan juga sinar matahari yang langsung jatuh tepat di atas kepala kita.

Untuk menyeberang dengan perahu getek kita dikenakan biaya yang tidak terlalu mahal.Tinggal tergantung jarak tempuh lebar kali atau sungai penyeberangannya saja. Biasanya bila waktu ramai peminatnya harga bisa diatas rata-rata. Namun, bila sepi biasanya harga penyeberangan dengan menggunakan getek rata-rata hanya Rp. 3.000,- / trip penyeberangan.

Dengan perkembanan jaman sekarang ini, perahu getek ini sudah banyak ditinggalkan para pengguna jasa penyeberangan kali, terutama di lokasi wilayah kali Ciliwung yang berada di sepanjang Jalan Gunung Sahari Jakarta Pusat.

Walau sudah banyak ditinggalkan oleh para pelanggannya, perhu ini tetap menanti dan berlabuh di pinggir dermaga kecil yang terbuat dari tangga kayu dengan setia bagi masyarakat yang siap dihantar untuk menyeberang.

Perahu Getek Penyeberangan Ciliwung Jakarta merupakan transpotasi tradisional dan memiliki catatan nilai bersejarah untuk model kendaraan transportasi perairan sungai dan kali yang pernah ada di Jakarta. Hingga hari ini masih ada beberapa unit getek yang masih tertinggal dan terus dioperasikan oleh para  anak turunan perintis dari perahu getek ini yang beroperasi di Jakrata.

Terlintas dalam benak, mungkinkah perahu getek ini akan terus bertahan dan diperdayakan sebagai salah satu sarana transportasi pariwisata di Jakarta yang unik ? atau dimusnahkan ? Semoga saja akan ada jawaban realisasi untuk para buruh-buruh getek ini.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

8 Comments

  1. Iya keren masih ada yang begini di jakarta. Sempat liat sepintas pas mau ke mangga dua…

    • Sudah pernah naik Kang getek di Kali Ciliwung ? kalau belum naik dong sekali-kali jajal sebelum musnah. 😀

  2. PERAHU GETEK SEBAGAI ALAT TRANSPORTASI EFEKTIF MEMPERPENDEK JARAK NYEBRANG TENTU TAKKAN MATI DITELAN JAMAN ya mang

    • Ya sepertiny seperti itu mang, jadi kalau mau nyeberang tidak terlalu jauh, kasihan yang jalan kaki. 😀

  3. di saya juga masih ada Kang, untuk melintasi Sungai Citarum masih ada yg menggunakan Perahu Getek xixixi…

    • Saya kalau mau merasakan penyeberangan kali yang unik, tinggal nyari getek seperti ini aja kang di Jakarta. 😀

  4. Untuk wisata bisa banget ya kang, tapi sungainya jg kudu bersih.

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :