Oh Snap!

Please turnoff your ad blocking mode for viewing your site content

Pecel Senggol Pasar Beringharjo Malioboro Yogyakarta

Menikmati Kelezatan Pecel Senggol Pasar Beringharjo di Malioboro Yogyakarta

Direktori Wisata – Kelezatan jajanan makanan tradisional Pecel Senggol yang menjadi tempat berburunya kuliner unik dan khas tradisional di depan Pasar Beringharjo Jogja.

Mengisi waktu liburan di Kota Yogyakarta tidak lengkap rasanya bila kita tidak mencoba lezatnya dan nikmatnya kuliner khas tradisionalnya. Namun pada perjalanan liburan di Jogja kali ini kami akan mengajak sahabat Direktori Wisata untuk mengenal dekat dengan pusat jajanan tradisional yang berada di kawasan Maliboro Kota Yogyakarta, yakni Pecel Senggol Pasar Beringharjo.

Pedagang Pecel Senggol di Pasar Beringharjo

Nama makanan tradisonal pecel mungkin banyak dari sahabat Direktori Wisata Indonesia yang telah mengetahuinya, namun untuk nama makanan pecel senggol yang satu ini asing ditelinga kita bukan ?….

Menelisik asal usul dari nama makanan tradisional Pecel Senggol ini berasal dari sebuah istilah atau julukan yang diberikan orang yang sering mengunjungi daerah Pasar Beringharjo untuk mencari sarapan atau pun jajanan pecel.

Karena tempatnya yang berada di ujung jalan pintu masuk Pasar Beringhajo yang berada di sebelah kanan-kiri situasi inilah yang menyebabkan para pembeli sering bersengolan dengan orang yang lewat di tempat tersebut. Jadi dinamakan Pecel Senggol Beringharjo.

Bagi sahabat Direktori Wisata yang pernah sarapan pagi di kawasan jalan Malioboro Jogja, tentu suasana keramaian di Pasar Beriharjo menjadi daya tarik tersendiri bagi kita yang sedang berburu makanan cemilan jajanan khas tradisional apalgi bagi kita penyuka makanan pecel.

Pada dasarnya makanan jajanan pecel di tempat ini sama saja seperti pecel di tempat lainnya, dimana campuran sayurannya menggunakan bayam, kacang panjang dan toge, namun bedanya pecel yang ada di sini menggunakan bunga turi yang menjadi ciri khas pecel di tempat wisata kuliner unik di Jogja ini.

Sayuran Pecel Senggol

Dari informasi yang Direktori Wisata terima di lokasi dari salah satu pedagang pecel di Pasar Beringharjo, sayuran ini sebelumnya direbus terlebih dahulu sebelum dijajakan di tempat ini. Setelah di sajikan di sebuah piring kecil yang diberi alas daun pisang, semua sayuran ini di siram dengan kuah kacang atau pun yang sering kita kenal dengan sebutan sambal kacang.

Dari pengalaman Direktori Wisata menyantap jajanan pecel senggol di Pasar Beringharjo Malioboro Yogyakarta, rasanya cukup mengiurkan, apalagi rasa dari sayuran bunga kasturinya hampir sama dengan syuran lainnya llezat dan nikmat. Rasa bumbu kacang pecelnya terasa pedas dan terasa mnis dari gula merahnya. Namun rasa pedas dan manisnya tdak berlebihan, racikan bumbu kuah kacang yang diolah secara tradisional yang menyirami sayuran ini terada pas dan sempurna mebuat lidah tidak mau berhenti bergoyang untuk mengunyahnya sampai habis.

Baca juga : Melihat Yogyakarta Dari Malioboro

Tidak hanya sebagai pelengkap sayuran pecel saja, ternyata khasiat dari bunga turi jga memiliki khasiat bagi tubuh kita. Konon informasinya khasiat dari bunga turi ini diperuntukan untuk kesehatan liver kita.

Pecel Senggol di Pasar Beringharjo Malioboro disajikan dengan porsi yang tidak terlalu banyak. Bagi sahabat Direktori Wisata yang belum cukup dengan sajian sayuran pecel yang tidak mampu menutup rasa lapar, kita juga bisa nambah dengan menu pelngkap lainnya yang juga ikut di tawarkan di tempat ini seperti tempe dan tahu bacem, sate telor puyuh dan berbagai macam gorengan.

Harga seporsi Pecel Senggol di depan Pasar Beringharjo ini cukup relativ murah, kita hanya cukup membayar Rp. 6.000,- / porsi untuk pecel. Sedangkan untuk harga menu pelengkapnya seperti telor, ati, udang Rp. 12.000,- dan untuk harga gorengannya Rp. 2.000,- / buah. Murah bukan ?

Baca juga : Jelajah Wisata Kuliner di Yogyakarta

Namun bagi sahabat Direktori Wisata yang akan menikmati jajanan makanan di tempat ini sebaiknya menanyakan terlebih dahulu harga makanan yang akan kita beli ya….. Hal ini perlu kita lakukan agar tidak terjadi apa yang tidak kita inginkan nantinya, seperti harganya ternyata tidak normal misalnya.

Jananan tradisional Pecel Senggol di depan Pasar Beringharjo Yogyakarta ini bisa menjadi salah satu alternativ pilihan bagi sahabat Direktori Wisata saat mengunjungi kawasan wisata Malioboro Jogja sambil menunggu keluarga atau pun rekan yang sedang mencari oleh-oleh souvenir untuk di bawa pulang.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
  • stumbleupon
This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks :Ad Views :